Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Jenis Kertas Untuk Sertifikat

Jenis Kertas Untuk Sertifikat

Kamu mendadak jadi seorang event organizer? Berarti jenis kertas untuk sertifikat ini wajib diketahui.

Sertifikat banyak digunakan untuk diserahkan kepada para tamu saat sebuah event selesai digelar. Memiliki kesan seperti suatu penghargaan tersendiri bagi yang mendapatkannya.

Karena itu, membuat kertas sertifikat tidak bisa sembarangan. Butuh ketelitian dalam memilih templatefont dan tentu saja jenis kertas yang dipakai.

Ini cukup penting untuk meningkatkan kredibilitas kita sebagai penyelenggara acara.

Fungsi Sertifikat Dalam Suatu Acara

Sertifikat untuk apa
pixabay.com

Sebelum memilih kertas, kita harus mengetahui terlebih dahulu sedikit mengenai fungsi sertifikat dalam suatu acara.

Bukannya tanpa alasan, melainkan supaya hasilnya bisa sesuai dengan keinginan. Mulai dari ketebalannya, lebarnya dan kontras pada kertasnya.

Fungsi sertifikat dalam suatu acara bisa jadi sebagai piagam maupun sebagai bukti bahwa orang tersebut telah menghadiri acara yang telah diadakan.

Misalnya saat kelulusan sekolah, wisuda dan lain-lain sejenisnya.

Jenis-jenis Kertas Untuk Sertifikat

Rekomendasi Jenis Kertas Untuk Sertifikat
pixabay.com

Bagi kamu yang ingin membuat sertifikat sendiri maupun menyerahkan pekerjaan ke pihak percetakan, bisa coba cari atau request kertas-kertas yang direkomendasikan berikut.

Cocok untuk berbagai jenis acara yang ingin kamu buat.

1. Kertas Art Carton

Sertifikat dari kertas Art Carton
spartanpaper.com

Jenis kertas sertifikat ini punya tekstur yang licin, berwarna putih serta halus. Tersedia beberapa ketebalan dari kertas ini, dari 190 gram, 210 gram, 230 gram dan seterusnya.

Untuk mempercantik hasil percetakan, biasanya tersedia juga jenis yang pada bagian atas kertasnya diberi laminasi berupa doff atau glossy.

Kertas ini sangat umum dipakai. Cocok untuk kamu yang ingin membuat sertifikat seperti biasa. Apalagi mengingat mudahnya kertas ini ditemui di pasaran, karena banyak dipakai untuk keperluan seperti poster, brosur, kartu nama, cover buku dan sebagainya.

Sedikit catatan, untuk sertifikat yang ditujukan memakai tanda tangan manual, jenis kertas ini agak kurang cocok.

2. Kertas BW Carton

Contoh Kertas BW Karton
solusiprinting.com

Ada beberapa jenis kertas karton yang bisa dipakai untuk sertifikat, salah satunya adalah kertas BW (Blues WhiteCarton.

Tekstur dari kertas ini bisa dibilang halus, dengan ketebalan tipis sampai menengah. Sekitar 25 gram. Oh ya, walaupun namanya blues white (biru putih), tapi karton ini tersedia juga dalam beberapa warna lain yang dapat dipilih.

3. Kertas Concorde

Jenis Kertas Sertifikat Concorde
pixabay.com

Untuk yang ingin membuat sertifikat dengan tekstur kertas yang agak kasar, bisa mencoba kertas concorde.

Permukaan dari kertas ini sedikit timbul, membentuk garis-garis serta tersedia dalam beberapa pilihan warna lembut (pastel). Terdapat juga variasi ketebalan yang bisa dipilih, mulai dari 160 gram, 220 gram hingga 250 gram.

4. Kertas Linen Jepang

Kertas Linen
importer.co.id

Jika kertas art carton memiliki permukaan serta tekstur yang halus, kertas linen jepang sebaliknya, memiliki permukaan dengan tekstur yang kasar. Umumnya memiliki ketebalan sekitar 250 gram.

Karena kasar, tektur dari kertas ini tidak licin serta dapat juga menyerap tinta dari tulisan yang dibuat tangan. Sehingga masih cocok jika kamu ingin membubuhi tanda tangan manual di bagian atasnya.

5. Kertas Ivory

Kertas Ivory
cutcardstock.com

Jenis kertas lainnya adalah ivory. Karakternya mirip sekali dengan kertas art carton, hanya saja bagian licinnya hanya terdapat pada satu bagian, serta tidak ada lapisan coating.

Umumnya kertas ivory biasa dipakai untuk pembuatan dus kosmetik, paper bag dan sejenisnya. Ketebalan yang bisa didapat dari kertas ini berkisar antara 210 gram, 230 gram, 250 gram, 310 gram dan 400 gram.

Dengan spesifikasi tersebut, kamu masih bisa kok membuat kertas undangan memakai jenis kertas ini.

6. Kertas Duplex

Contoh Kertas Duplex untuk Pilih sertifikat
importer.co.id

Pernah gak kamu melihat kertas sertifikat yang memiliki dua sisi warna berbeda? Misalnya bagian satu abu-abu dan yang lainnya putih.

Kertas tersebut merupakan jenis kertas dupleks. Biasanya kertas ini dipakai untuk pembuatan kemasan makanan dan obat-obatan, dengan ketebalan dari 250 gram, 270 g ram, 310 gram, hingga 500 gram.

Kalau mau lebih bagus lagi bisa pertimbangkan pakai duplex putih. Warna pada kertas ini sangat bersih.

7. Kertas Fancy

Kertas Fancy Sertifikat
www.pranataprinting.com

Kertas fancy paling sering dipakai untuk dibuat undangan, dikarenakan memiliki karakteristik unik dan berbagai pilihan warna.

Namun kita bisa juga menggunakannya dalam pembuatan sertifikat. Untuk pilihannya bias coba pertimbangkan java emboss, jasmine, milennium dan sejenisnya.

Kertas fancy ini tersedia untuk varian ketebalan berkisar 80 gram, 100 gram, 200 gram, dan seterusnya (sampai 300 gram).

8. Kertas Samson Craft

Kertas Samson Craft Sertifikat
pixabay.com

Kertas ini agak sedikit unik, dikarenakan dibuat dari proses daur ulang sehingga warnanya coklat. Biasanya dipakai untuk paper bag, atau bungkus-bungkus lain sejenis, dengan gramatur 70 gram dan 80 gram.

Dikarenakan karakteristiknya yang unik, pembuatan kertas sertifikat dengan kertas samson craft harus kreatif juga. Terutama dalam pemanfaat warna coklatnya tersebut.

9. Kertas HVS

Sertifikat dari HVS
pixabay.com

Kertas ini paling umum kamu temui, karena banyak dijual di toko-toko buku / percetakan. Biasanya dipakai untuk fotocopy maupun untuk dicetak di printer deskjet..

Terdapat beberapa ketebalan, dari 70 gram sampai 100 gram, dengan ukuran B5, F4, Folio, A4, A3 dan lain-lain.

Kertas ini cocok untuk membuat sertifikat dengan budget tipis. Dengan catatan harus dilakukan laminating agar layout hasil cetaknya tidak mudah rusak.

10. Kertas Manila

Kertas Sertifikat Manila
indonesian.alibaba.com

Kertas lainnya yang bisa dipilih untuk membuat sertifikat adalah Manila. Karakteristik kertas manila ini mirip sekali dengan BW carton, bahkan bisa dibilang satu jenis.

Hanya saja, untuk tempat-tempat di percetakan hanya menyediakan kertas BW dengan satu warna (putih) saja. Sedangkan kertas manila memiliki cukup banyak aneka warna. Hitam, hijau, kuning, merah muda, biru.

Semuanya bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan seperti apa hasil sertifikat nanti.

Panduan Memilih Kertas Sertifikat Dengan Baik

Cara memilih sertifikat
pixabay.com

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu fungsi sertifikat dan jenis-jenisnya. Lanjut, bagaimana cara memilih kertas sertifikat yang baik untuk dibuat? Mengingat banyaknya pilihan yang ada?

Sebenarnya nggak susah. Cukup ikuti tiga tips berikut:

1. Ketebalan Kertas Sertifikat

Tergantung kebutuhan, tapi lebih baik tentukan dengan jelas seperti apa ketebalan kertas sertifikat yang ingin digunakan. Disarankan supaya jangan terlalu tipis supaya tidak mudah sobek.

Misalnya menggunakan ketebalan 190 gram keatas.

Kalau ingin memilih kertas yang tipis, tambah laminasi kertas yang tebal.

2. Memiliki Warna yang Kontras

Kertas sertifikat terkadang difotokopi setelah diterima untuk berbagai keperluan tertentu. Ini akan berpengaruh terhadap tingkat readibility tulisan di dalamnya, dimana tentu kertas warna putih dengan kontras yang cerah akan lebih baik.

Kecuali untuk sertifikat yang memang ditujukannya bukan untuk non-formal. Contohnya seperti kertas samson craft yang warnanya coklat. Tentu akan cukup sulit jika ingin difotokopi.

3. Tekstur Kertas yang Ingin Dipakai

Tekstur kertas akan berpengaruh ke kualitas. Kalau bisa, ambil kertas yang ada sedikit tekstur kasarnya.

Walau begitu, tetap saja ini masih menyesuaikan dengan desain template maupun layout yang dipakai. Jangan sampai mengorbankan tampilan hanya karena mengejar tekstur yang bagus. Bisa juga gunakan kertas halus jika perlu. Yang penting, buatlah kertas tetap terlihat elegan.

Akhir Kata

Demikian informasi Sinaupedia mengenai jenis kertas untuk sertifikat dan panduan untuk memilihnya. Langkah yang harus kamu lakukan sekarang adalah merencanakannya. Terutama dari segi desain.

Good luck buat acara yang ingin kamu adakan. Jangan lupa berdoa supaya lancar.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Template Jadwal Pelajaran

Syafiq
3 min read

Kalender 2020

Syafiq
5 min read

Template Sertifikat

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *