Manfaat Listrik

Tidak dapat dipungkiri, kini listrik menjadi salah satu energi yang sangat kita butuhkan sehari-hari. Manfaat listrik pun begitu banyak sehingga kita dapat bertahan hidup dan beraktivitas dengan baik.

Ditambah lagi kini banyak peralatan elektronik yang sumber energinya menggunakan listrik. Membuat energi tersebut sangat penting sebagai penggerak peralatan yang dapat membantu kita untuk bisa hidup saat ini.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih mendalam tentang pengertian listrik beserta manfaatnya.

Pengertian Listrik

Manfaat Listrik

Listrik merupakan aliran elektron antar atom pada sebuah penghantarnya. Secara umum, listrik diartikan sebagai suatu energi yang muncul karena adanya suatu gesekan atau proses kimia.

Saat ini, energi listrik sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia sehari-hari. Energi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan peralatan elektronik yang membantu dan mempermudah pekerjaan kita.

Karena banyaknya peralatan elektronik, tentunya akan sangat bermasalah jika kehilangan listrik dalam kurun waktu yang cukup lama. Mungkin saja, kita akan mengalami kerugian materi karena peralatan yang kita pakai untuk bekerja tidak dapat hidup atau bergerak.

Baca Juga: Pengertian Sistem Starter

Jenis Listrik

Jenis Listrik

Secara umum, listrik mempunyai dua jenis yaitu listrik statis dan dinamis. Namun, apakah kita sudah mengetahui perbedaan dari kedua jenis listrik tersebut ? berikut ini pembahasannya :

  • Listrik Statis

Jenis ini merupakan energi yang terkandung didalam benda yang memiliki arus atau muatan listrik. Listrik pada benda tersebut biasanya memiliki muatan positif dan negative. Dimana muatan positif terdiri dari proton dan electron untuk negative.

Jika kedua benda itu saling bergesekkan maka akan menghasilkan sebuah energi listrik didalamnya. Kedua benda itu akan saling tarik menarik sampai salah satu muatan listrik tersebut hilang.

  • Listrik Dinamis

Jenis ini merupakan energi listrik yang dapat bergerak. karena pada listrik dinamis, akan terjadinya perpindahan electron. Ringkasnya, listrik dinamis merupakan gerakan atau perpindahan antar atom yang terdapat pada konduktor.

Bila gerakan perpindahan electron ini searah, maka listrik tersebut dapat disebut dengan DC (Direct Current). Sedangkam bila pergerakan electron mengalami perubahan secara periodik, maka dapat disebut dengan AC (Alternating Current).

Baca Juga: Pengertian Inverter, Jenis dan Fungsinya (Lengkap)

Manfaat Listrik

Listrik menjadi energi yang sangat kita butuhkan untuk dapat menghidupkan atau menggerakan peralatan elektronik. Tentunya, peralatan tersebut yang mendukung kehidupan kita menjadi lebih mudah dan membantu pekerjaan sehari-hari.

Namun, apakah kita sudah tahu apa saja manfaat listrik ? berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Sebagai Alat Bantu Dunia Pendidikan

Manfaat Listrik Dunia Pendidikan

Saat ini listrik menjadi alat bantu atau sumber dari peralatan elektronik didunia Pendidikan. Seperti Laptop, Proyektor dan sebagainya yang dapat membantu kita saat belajar maupun saat mengajar para siswa.

Berkembangnya teknologi didunia Pendidikan yang rata-rata menggunakan energi listrik, membuat para pembelajar menjadi lebih mudah mendapatkan dan mengelola informasi.

2. Sebagai Penerangan

Media Penerangan Listrik

Penerangan yang dihasilkan oleh energi listrik, menjadi sebuah penemuan besar yang sangat bermanfaat dan berpengaruh di kehidupan manusia. Contohnya adalah lampu sebagai alat elektronik yang menghasilkan cahaya penerangan.

Saat malam hari, tentunya setiap perkotaan atau setiap rumah sudah memiliki penerangan. Dengan demikian kita menjadi mudah beraktivitas dimalam hari seperti belajar dan melakukan kegiatan lainnya.

3. Sebagai Sumber Energi Panas

Listrik sumber daya air panas

Melalui media peralatan elektronik, listrik dapat dirubah menjadi energi panas. Misalnya pada Dispenser, alat tersebut bisa menghasilkan air panas tanpa harus kita memasaknya. Bahkan alat tersebut bisa menghasilkan air dingin sekalipun.

Selain dispenser, ada juga peralatan elektronik seperti heater, Rice Cooker, Setrika dan sebagainya. Tentunya peralatan tersebut pasti kita miliki untuk dapat membantu kehidupan kita.

4. Sebagai Sumber Energi Gerak

Manfaat Listrik Untuk Sumber Daya Gerak

Adanya listrik menjadikan energi tersebut dapat menjadi sumber untuk menggerakan peralatan elektronik saat ini. Contohnya seperti mesin cuci, kipas angin, blender dan sebagainya.

Teknologi yang terbaru dari sumber energi ini adalah sepeda listrik. Pada sepeda listrik, kita dapat menggerakannya seperti motor dan menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya.

5. Sebagai Penghasil Suara

Listrik Untuk Menghasilkan Suara

Listrik dapat menghasilkan suara pada alat elektronik yang menggunakan sumber dayanya. Seperti Mikrophone yang dapat mengeraskan suara kita untuk memanggill, menyampaikan pesan dan sebagainya.

Selain itu bisa terlihat juga pada smartphone, dimana kita dapat berkomunikasi walau jaraknya yang jauh. Tentu dengan adanya sumber listrik ini, kita dapat memanfaatkannya untuk bersosialisasi meski tidak berdekatan.

6. Sebagai Penghasil Data dan Infomasi

Manfaat Listrik Untuk Informasi Data

Data yang dimaksud adalah berupa gambar, teks, video dan sebagainya yang dapat kita lihat pada perangkat komputer. Prosesnya ini terjadi karena daya input diubah menjadi energi listrik kemudian dikembalikan menjadi output atau tampilannya.

Kita bisa ambil contoh dari seorang penulis artikel. Daya inputnya berarti saat ia mengetik dan merubahnya ke energi listrik agar menghasilkan output atau apa yang diketik tampil dimonitornya.

7. Sebagai Alat Bantu Dunia Medis

Manfaat Listrik Dunia Medis

Kini, listrik menjadi sumber energi peralatan elektronik didunia medis. Peralatan elektronik ini digunakan untuk membantu dokter dan perawat untuk menangani pasiennya dirumah sakit.

Contohnya seperti, Rontgen yang dapat memeriksa bagian tubuh kita dengan menggunakan radiasi sinar X. Dengan demikian, dokter akan dapat mengambil kesimpulan dan cepat menangani jika terjadi masalah ditubuh kita.

8. Sebagai Sarana Hiburan

Listrik Sebagai Sarana Hiburan

Ingin melepas penat setelah beraktivitas atau bekerja sehari-hari maka biasanya kita membutuhkan hiburan disela waktu tersebut. Seperti menonton televisi, streaming video ataupun pergi ke wahana permainan.

Semua itu termasuk kedalam sarana hiburan yang menggunakan sumber energi listrik didalamnya. Dengan demikian, adanya listrik ini juga bermanfaat untuk menyegarkan fikiran kita.

9. Sebagai Pengganti BBM

Manfaat Listrik Pengganti BBM

Teknologi sekarang ini terus berkembang sehingga rata-rata menggunakan listrik sebagai sumber dayanya. Dengan listrik, kini banyak kendaraan yang sudah tidak menggunakan bahan bakar minyak lagi.

Alasanya, karena bahan bakar minyak kurang ramah lingkungan seperti menyebabkan polusi. Adanya motor dan mobil listrik sekarang ini, tentunya menjadi manfaat untuk kita menjaga lingkungan serta berkendara dengan lebih baik lagi.

10. Sebagai Alat Latihan Fisik

Manfaat Listrik Untuk Olahraga

Listrik juga dapat dimanfaatkan untuk melatih fisik kita. Dengan menggunakan teknologi baru yang bernama EMS (Electrical Muscle Stimulation), kita dapat menggunakan aliran listrik untuk merangsang otot-otot .

EMS ini memiliki fungsi yang sama seperti sistem saraf ditubuh kita, bedanya rangsangan otot dengan aliran listrik membuatnya lebih efektif. Dengan demikian, listrik ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh kita.

11. Sebagai Alat Bantu Kimia

Listrik Untuk Kimia

Listrik ternyata juga bermanfaat sebagai alat bantu kimia. Contohnya seperti pelapisan dengan mengalirkan listrik. Nantinya, lapisan yang telah dialiri akan melapisi perhiasan melalui cairan elektrolit.

Pelapis ini menggunakan logam dan akan habis menjadi partikel keci yang akan menempel pada perhiasan. Agar dapat berhasil saat proses pelapisannya, maka dibutuhkan energi listrik.

Baca Juga: Simbol Listrik

Manfaat Energi Listrik Statis

Manfaat Listrik Statis

Kalau tadi kita telah berbicara soal manfaat listrik secara umum. Belum selesai, karena listrik dibagi menjadi dua, kali ini kita bahas juga manfaat dari energi listrik statis untuk kehidupan sehari-hari,

1. Generator Van de Graaff

Generator Van de Graff bekerja dengan membuat muatan listrik dalam jumlah yang sangat besar, kemudian menggerakkan roda pemutar motor listrik hingga kemudian memutari pita karet. Setelah itu, barulah akan terjadi gesekan pada pita karet hingga akhirnya membuat muatan listrik.

Muatan listrik yang terbentuk ada dua. Yakni muatan listrik positif, yang tertampung pada bola logam, dan muatan listrik negatif yang dibuang ke tanah. Pada muatan positif, semakin besar listrik yang dihasilkan, permukaan bagian luar pada bola logam secara otomatis akan menjadi semakin lancip, atau melengkung tajam.

2. Penggumpal Asap

Listrik statis dapat digunakan untuk penggumpal asap. Penggumpal asap, dipakai untuk membersihkan partikel-partikel abu, hasil dari pembakaran gas. Efek positif didapatkan karena pencemaran udara bisa berkurang dengan alat penggumap asap ini.

Alat penggumpal asap, digunakan di tempat-tempat dengan tingkat produksi yang tinggi. Misalnya di pabrik semen, pabrik baja, pabrik dengan industri kimia yang banyak mengeluarkan asap dan lain-lain.

Penggumap asap sendiri biasanya terdiri dari sebuah kawat dan sebuah pelat logam. Pada pelat logam inilah terdapat muatan listrik, yang memiliki prinsip kerja untuk membuat gumpalan-gumpalan abu dapat terkumpul sehingga mudah dibersihkan.

3. Mesin Fotokopi

Mesin fotokopi memiliki sebuah komponen yang terbuat dari pelat logam. Pelat ini berisi selenium, dan terletak di bagian tengah yang terdapat juga baki pengembang dengan toner (semacam bubuk hitam halus). Prinsip kerja mesin fotokopi, pada pelat yang bermuatan listrik statis positif, ia akan menarik partikel pada komponen yang terdapat listrik statis bermuatan negatif.

Kemudian penarikan tersebut akan membuat pola. Nah, pola tersebut dipindahkan ke atas kertas kosong, kemudian dipanggang. Mesin fotokopi, utamanya di era 1960an menggunakan prinsip tersebut. Namun proses yang dihasilkan lebih otomatis, dengan menggunakan pelat berlapis selenium yang dipaasang pada drum berputar.

4. Cat Semprot

Cat semprot menggunakan listrik statis. Cara kerjanya yakni butiran cat yang terbuat dari aerosol dengan mulut pipa semprot tempat cat tersebut keluar, saling bergesekan hingga muncul muatan listrik statis. Jika benda yang ingin di cat diberikan muatan listrik yang berlawanan jenisnya, maka butiran cat akan secara otomatis tertarik ke benda tersebut.

5. Printer Laser

Printer laser punya sebuah keunggulan yang lebih akurat, lebih cepat dan lebih ekonomis kalau dibanding dengan printer inkjet. Komponen utama dari printer laser, terdiri dari banyak bagian. Corona wire, laser, toner, photorecepter, fuser, drum dan lain-lain. Mekanismenya yakni drum yang bermuatan positif berputar, kemudian laser akan bersinar melintasi permukaan yang tidak memiliki muatan.

Barulah setelah itu laser akan menggambar kertas yang terdapat muatan negatif, hingga ketika kertas melewati fuser, terjadi pemanasan dan pembuatan pola.

Printer laser memiliki keunggulan lebih cepat, akurat dan ekonomis dibandingkan printer inkjet. Komponen utama printer laser terdiri dari fuser, drum, photoreceptor, corona wire, laser dan toner.Mekanisme kerjanya adalah sebagai berikut:

Akhir Kata

Kesimpulan dari pembahasan ini adalah dengan adanya energi listrik, maka kita akan mudah dalam beraktivitas sehari-hari. Ringkasnya, energi listrik ini disalurkan ke peralatan elektronik yang mendukung kehidupan kita.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian listrik beserta manfaatnya. Dengan demikian kita menjadi lebih paham dan tahu pentingnya energi listrik ini dikehidupan kita sehari-hari. Semoga informasi yang telah disajikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Optocoupler

Afriansyah
3 min read

Pengertian MOSFET

Afriansyah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *