Pengertian Internet Explorer

Apa itu Internet Explorer

Pengertian Internet Explorer – Dengan adanya browser, kita dapat mengakses berbagai situs untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya ini menjadi salah satu komponen yang penting agar kita dapat berselancar dengan mudah didunia maya.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, pasti sudah tidak asing dengan browser Internet Explorer. Browser ini tersedia bagi PC yang mempunyai sistem operasi Windows. Agar memahami lebih dalam lagi, mari kita bahas pengertian Internet Explorer.

Pengertian Internet Explorer

Internet Explorer adalah sebuah browser situs website yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menjelajah dunia maya. Internet Explorer dapat diunduh secara gratis dan menjadi web browser bawaan pada sistem operasi Windows.

Microsoft Corporation adalah perusahaan yang menciptakan dan mengembangkan Internet Explorer hingga sampai saat ini. Internet Explorer dapat dikatakan salah satu web browser tertua dari pada yang lainnya.

Empat tahun setelah Internet Explorer dirilis, presentase keseluruhan pengguna web browser tersebut mencapat 95%. Namun hingga saat ini pengguna Internet Explorer terus berkurang karena banyaknya web browser baru yang mulai bermunculan.

Sejarah Internet Explorer

Sejarah dari Internet Explorer
planning.center

Microsoft Corporation telah berhasil membuat Internet Explorer menjadi populer dan terus berkembang hingga saat ini. Jumlah penggunanya pun sangat fantastis pada masanya dulu yang mencapai 95%.

Internet Explorer tercipta berawal dari web browser Mosaic dari perusahaan Spyglass. Dengan melisensikan Mosaic, Microsoft akhirnya berhasil menciptakan sebuah web browser yang bernama Internet Explorer.

Awalnya Microsoft melihat pangsa pasar di web browser sangat besar. Selain itu, masih jarangnya web browser pada abad 19 membuat Microsoft berinisitatif menciptakan Internet Explorer.

Microsoft tidak ingin menghabiskan waktunya untuk menulis source code web browser nya dari nol. Maka dari itu Microsoft menemui Spyglass dan membeli lisensi Mosaic. Namun Microsoft tetap memodifikasi source code didalamnya dan terciptalah Internet Explorer.

Perkembangan tiap Versi Internet Explorer

Sebagai salah satu web browser tertua, Internet Explorer telah mengalami berbagai macam perkembangan di tiap versinya. Berikut ini adalah penjelasan dari perkembangan tiap versi Internet Explorer:

  • Versi 1.0 pada tahun 1995

Internet Explorer versi 1.0 berhasil dirilis tepat setelah Microsoft menemui Spyglass dan membeli lisensi Mosaic. Dengan melakukan modifikasi source code, web browser ini pun tercipta dan menjadi paket didalam sistem operasi Microsoft Plus.

  • Versi 2.0 sampai 3.0 pada tahun 1996

Internet Explorer versi 2.0 mengalami perkembangan seperti adanya dukungan SSL, HTTP cookie, dan mendukung HTML table. Sedangkan pada versi 3.0 membuat Internet Explorer menjadi web browser pertama yang enggunakan CSS.

  • Versi 4.0 pada tahun 1997

pada versi ini, Internet Explorer banyak mengalami tragedi seperti kasus pengadilan Microsoft versus Amerika Serikat, dan peperangan web browser pertama. Fitur yang dikembangkan pada versi ini berupa Dynamic HTML dan Favicon.

  • Versi 5.0 pada tahun 1999

pada versi ini, Internet Explorer banyak mendapatkan perkembangan dan fitur baru didalamnya. Perkembangan ini menjadikannya sebagai Fitur utama di Internet Explorer seperti search bar, Favourites, AutoComplete, Integaris dan Hotmail.

  • Versi 6.0 pada tahun 2001

Internet Explorer pada terbitan ini memiliki rentang waktu panjang, sekitar lima tahun untuk upgrade ke versi berikutnya. Karena lamanya upgrade versi, membuat masalah serius pada keamanan Internet Explorer.

  • Versi 7.0 pada tahun 2006

Lamanya pengembangan versi sebelumnya membuat Microsoft menambahkan banyak fitur baru. Seperti Multi-tab, Page Zooming, Search box Integration dan meningkatkan dukungan CSS, DOM dan HTML.

  • Versi 8.0 pada tahun 2009

Pada versi ini Internet Explorer dapat melewati tes Acid2 dan mendapatkan skor yang cukup. Microsoft menjelaskan kalau pada versi ini Internet Explorer mengimprovisasi RSS, CSS dan dukungan Ajax.

  • Versi 9.0 sampai 10.0 pada tahun 2011

Internet Explorer versi 9.0 kembali dapat melewati tes Acid2 dan kali ini mendapatkan skor fantastis yaitu 95 dari 100. Hal ini karena adanya penambahan dukungan javascript, tah HTML video dan audio.

Sedangkan pada versi 10.0, Internet Explorer mendapatkan banyak pembaharuan didalamnya. Seperti adanya dukungan CSS3 grid layout, Flexible box layout, multi colomn layout, gradient dan hardware acceleration.

  • Versi 11.0 pada tahun 2013

Microsoft mendesain ulang web browsernya dengan dukungan WebGL dan meningkatkan skala untuk layar DPI yang tinggi. Dan pada versi ini mendapatkan pembaharuan seperti mendukung Orientasi API, CSS Flexbox dll.

Fitur Internet Explorer

Fitur Browser Internet Explorer
winbuzzer.com

Fitur-fitur pada web browser sangat berpengaruh kepada pengguna yang memakainya. Setiap web browser pasti mempunyai fitur-fitur berbeda agar adanya ciri khas didalamnya. Berikut ini adalah Fitur-fitur pada Internet Explorer:

  • Mendukung WebGL, memungkinkan desain grafis untuk melakukan rendering gambar 3D langsung di web browser.
  • Mendukung video HTML5, kita dapat streaming dengan menyesuaikan bandwith dari jaringan yang terhubung.
  • Dapat membuka 100 tab sekaligus, akan sangat berguna untuk kita mencari informasi tanpa harus menutup situsnya.
  • InPrivateBrowsing, kita akan mendapatkan keamanan dalam menyimpan data berupa username dan password. Selain itu, kita dapat menghilangkan jejak dari situs yang telah kita kunjungi.
  • InPrivateFiltering, kita dapat memblok content pihak ketiga. Tentunya hal ini akan meningkatkan kenyaman kita saat menggunakan web browser ini.
  • WebSlices, ketika kita melakukan subscribe, maka alamat situs yang kita kunjungi akan ada pada Favourites bar.
  • Tab Grouping, fitur ini membuat kita bisa mengelompokkan tab yang informasi nya saling berkaitan.
  • Automatic Crash Recovery, fitur ini akan mencegah hilangnya data saat terjadi crash di Internet Explorer. Kita akan dapat memulihkan tab atau situs yang sedang kita kunjungi saat terjadi crash.

Kelebihan Internet Explorer

Kelebihan Browser Internet Explorer
www.zdnet.com

Internet Explorer adalah sebuah web browser yang tertua dibanding yang lainnya. Microsoft Corporation pada masanya berhasil membuat Internet Explorer mendapatkan posisi puncak tentunya berkat beberapa kelebihan didalamnya. Berikut ini kelebihan Internet Explorer:

  • Tidak perlu mendownload bagi pengguna yang menggunakan Windows

Salah satu kelebihan web browser ini adalah sudah satu paket dengan sistem operasi Windows. Jadi para pengguna Windows tidak perlu lagi repot-repot menginstall Internet Explorer seperti pada Mozilla Firefox atau Google Chrome.

  • Mempunyai fitur default menarik untuk meningkatkan kenyamanan

Demi menarik minat para penggunanya, Internet Explorer meciptakan fitur bawaan untuk kenyaman user yang ada didalamnya. Dengan begitu pengguna dapat dengan mudah dan merasa nyaman saat menjelajah dunia maya lewat Internet Explorer.

Fitur-fitur yang terdapat di Internet Explorer meliputi inPrivate Browsing and Filtering, accelerators, Favourite bar dll. Fitur pada Internet Explorer mempunyai sifat opsional, jadi kita bisa memilih dan menonaktifkan fitur sesuai selera.

  • Tambahan dan perkembangan yang cukup banyak pada add-on

Add-on adalah fitur tambahan yang dibuat oleh pihak ketiga untuk memaksimalkan dan meningkatkan kenyamanan pengguna. Dengan adanya Add-on kita bisa mengoptimalkan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, Add-on pada Internet Explorer juga dapat meningkatkan performa dan utilitas web browser tersebut. Tentunya ini sangat berguna untuk para pengguna Internet Explorer agar bisa membantunya mencari informasi.

  • Bookmark Internet Explorer terhubung ke Windows Live

Hal ini berlaku bagi pengguna yang memiliki email dengan domain milik Microsoft atau Live Mail. Jika ingin menandai situs yang kita sukai pada Internet Explorer, maka bookmark tersebut akan muncul notifikasi didalam email Microsoft pengguna.

  • Memiliki tampilan yang menarik

Meskipun sebelumnya banyak yang mengatakan tampilan pada Internet Explorer buruk, namun membuat Microsoft segera membenahinya. Pada versi 8 dan 9, Internet Explorer merubah User Interface nya menjadi lebih menarik lagi.

  • Web browser senior

Internet Explorer sangat terkenal pada masanya dan masih banyak pengguna setia yang masih menggunakan web browser ini. Karena pada tahun 90an Internet Explorer berhasil mendapatkan 95% pengguna keseluruhan didunia.

Akhir Kata

Setelah kita memahami pengertian, sejarah, fitu dan kelebihan yang ada pada Internet Explorer, tentunya hal ini akan menambah ilmu pengetahuan kita. Kesimpulannya, Internet Explorer merupakan salah satu web browser tertua dibanding yang lainnya..

Selain itu, Microsoft Corporation merupakan perusahaan yang mengembangkan dan menciptakan Internet Explorer. Hal ini tentunya menjamin kualitas web browser tersebut, mengingat Microsoft adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia.

Keuntungan memakai Internet Explorer ialah mempunyai fitur-fitur up-to-date didalamnya dan sangat menguntungkan bagi PC kita yang sistem operasinya Windows. Tentunya hal ini membuat kita tidak perlu repot untuk menginstall web browser tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan sejarah Internet Explorer. Dengan demikian kita dapat lebih memahami arti dari web browser tersebut. Semoga informasi ini berguna dan menjadi manfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *