Perbedaan Internet dan Intranet

Beda Internet dan Intranet

Sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Internet di telinga kita. Secara umum kita mengetahui internet adalah sebagai penghubung koneksi antar perangkat. Selain itu ada juga Intranet, untuk lebih mendalam kita akan jelaskan perbedaan Internet dan Intranet.

Intranet memang masih asing terdengar bahkan sebagian orang tidak tahu artinya. Ada juga orang yang menggunakan Intranet untuk mengkoneksikan perangkatnya, namun ia tidak menyadari dan menganggapnya menggunakan internet.

Oleh karena itu, kita akan membahas pengertian Internet dan Intranet.

Sekilas Tentang Internet dan Intranet

Apa itu Internet
pixabay.com

Di zaman sekarang ini, Internet menjadi kebutuhan yang penting untuk kehidupan kita. Kita memanfaatkan internet untuk membantu kita bersosial, mencari berita dan sebagainya.

Selain Internet ada juga Intranet, meski kegunaanya sama namun mempunyai arti berbeda.

Masih banyak orang yang menyimpulkan bahwa Internet dan Intranet mempunyai arti yang sama. Namun secara harfiah Internet dan Intranet mempunyai arti yang berbeda, walaupun mempunyai fungsi yang sama sebagai penghubung koneksi antar perangkat.

Pengertian Internet

Pengertian Internet dan Intranet
pixabay.com

Internet (Interconnected Networking) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan antar perangkat bisa komputer, handphone, laptop dan sebagainya. Internet menggunakan standar sistem global TCP/IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite).

Dengan menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran data akan membuat kita bisa saling berkomunikasi meski dalam jarak yang jauh. Internet mencakup jaringan secara global seperti kita dapat mengakses website, melihat situs luar negeri dll.

Sejarah Singkat Internet

Majunya teknologi jaringan Internet sangat berpengaruh besar untuk kehidupan kita. Dibalik suksesnya teknologi tersebut, Internet mempunyai sejarah yang cukup menarik. maka dari itu mari kita bahas sejarah singkat Internet.

  • Awal mula terciptanya Internet hanya untuk pertahanan militer di negara tersebut. Dimulai dari 1960-an, Departemen pertahanan dari Amerika Serikat yaitu ARPA merintis sebuah sistem jaringan yang bernama ARPANET.
  • Pada tahun 1980-an, Internet baru mulai dipakai oleh beberapa instansi dengan menghubungkan universitas atau kampus yang populer di Amerika Serikat.
  • Pada tahun 1982, TCP/IP (Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite) mulai dipublikasikan secara umum.
  • Pada tahun 1984, nama domain mulai tercipta dan dipakai pada jaringan internet tersebut.
  • Pada tahun 1984, NFSNET (National Science Foundation Network) mulai didirikan dan mengembangkan jaringan internet. NFSNET adalah pengganti peranan dari ARPANET untuk mengembangkan jaringan internet di Amerika Serikat.
  • Pada tahun 1990, layanan sejenis yang berbasis tampilan grafis atau bisa disebut dengan WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan.
  • Pada Tahun 1993, InterNIC didirikan untuk bisa melayani pendaftaran nama domain secara umum.
  • Pada tahun 1994, Internet pun masuk ke negara Indonesia dan sampai sekarang Internet tersebut berkembang dengan pesat.

Manfaat Internet

Pada zaman sekarang ini Internet mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kehidupan sehari-hari. Ditambah lagi perkembangan Internet sangat pesat, seperti penambahan kecepatan dalam mengakses sebuah situs.

Berikut ini manfaat-manfaat dari internet :

  • Untuk menambah wawasan kita
  • Sebagai jaringan untuk bertranksaksi secara online
  • Membangun dan memperluas E-Business
  • Untuk mencari inovasi baru, Ide atau inspirasi dan ilmu yang bermanfaat
  • Bisa digunakan sebagai media promosi
  • Sarana untuk menyalurkan hobi seperti menulis artikel dan blog
  • Sarana hiburan, seperti mencari berita terbaru, menonton film dll
  • Sebagai media pertukaran data antar perangkat
  • Sebagai media untuk saling berkomunikasi dan bersosialisasi

Pengertian Intranet

Apa itu Intranet
pixabay.com

Intranet berasal dari kata (intra) yang berarti dalam dan (net) yang berarti network atau jaringan. Jadi bisa diartikan bahwa Intranet adalah sebuah jaringan yang hanya berada didalam ruangan.

Secara harfiah Intranet dapat disebut juga jaringan pribadi (Private Network). Intranet menggunakan jaringan Internet untuk saling berbagi dan bertukar data dalam jaringan local. Intranet biasa digunakan pada lingkungan sekolah, perusahaan, universitas dan sebagainya.

Selain itu Intranet juga merupakan salah satu dari jaringan LAN (Local Area Network) yang berarti hanya mencakup wilayah yang kecil. Namun keamanan pada Intranet lebih baik dibanding Internet, karena hanya mencakup wilayah kecil bukan secara global.

Kelebihan Intranet dibandingkan jaringan LAN biasa

Intranet pada dasarnya merupakan pengembangan dari jaringan LAN yang mempunyai sistem jaringan Internet sehingga memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan dari Intranet dibandingkan dengan jaringan LAN biasa :

  • Mempunyai dukungan fasilitas-fasilitas standar jaringan internet
  • Mempunyai aplikasi yang biasa kita sering lihat pada internet
  • Pengoperasian databasenya sudah didukung oleh banyak script program
  • Fasilitas LAN didalamnya tetap dipertahankan

Manfaat Intranet

Jika Internet memiliki jangkauan yang sangat luas, maka sebaliknya dengan Intranet. Meskipun Intranet hanya mempunyai jangkauan yang kecil, namun jaringan Intranet memiliki beberapa manfaat seperti:

  • Membuat jaringan yang terpisah dengan Internet, menjadikan Intranet lebih aman dari serangan Hacker diluar organisasi atau perusahaan.
  • Membagi sumberdaya pada komputer di sebuah organisasi atau perusahaan agar bisa dimanfaatkan secara optimal oleh karyawan untuk bekerja.
  • Berbagi dan bertukar data atau informasi sesama karyawan dalam sebuah perusahaan tersebut.

Perbedaan Internet dan Intranet

Internet dan Intranet memiliki perbedaan yang lumayan, meskipun Internet dan Intranet memiliki fungsi yang sama. Perbedaan ini sangat terlihat pada jangkauan akses pengguna, dimana pada internet mempunyai akses yang luas sedangkan Intranet jangkauannya kecil.

Setelah mengetahui pengertian dari keduanya, untuk memperdalam pengetahuan kita maka kali ini akan membahas perbedaan Internet dan Intranet. Mari kita simak perbedaan Internet dan Intranet:

Pada Internet:

  • Bersifat Publik, karena bisa digunakan secara umum menjadikan Internet dapat diakses dimana saja tanpa perlu mengkhawatirkan batas jangkauannya.
  • Jaringan mencakup seluruh dunia, kita dapat mengakses situs seluruh dunia dengan menggunakan Internet. Ini sangat berguna bagi kita yang suka mengakses berita dan informasi dari situs seluruh dunia.
  • Perkembangannya yang cepat, sebagai contoh mulanya internet kita dapat membuka situs website namun aksesbilitasnya lama. Namun berkat perkembangannya yang pesat kita dapat mengakses situs website dengan sangat cepat.
  • Data disimpan pada server hosting, agar sebuah website bisa diakses secara global maka diperlukan mengupload datanya di server hosting.
  • Keamanan kurang terjamin, karena banyaknya orang yang mengakses pada jaringan internet ini akan membuat keamanannya rentan terserang hacker. Biasanya hacker menyisipkan virus, malware pada website yang memiliki keamanan yang rendah.

Pada Intranet :

  • Bersifat Pribadi, Intranet hanya dapat diakses pada jangkauan tertentu biasanya untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan.
  • Jaringan yang sempit, kita hanya dapat mengakses, bertukar informasi dan mendapatkan informasi selama masih dalam jangkauannya saja. Namun biasanya mempunyai akses yang cepat.
  • Perkembanganya lambat, Intranet lama berkembang karena ia hanya dimanfaatkan sebagai penyedia jaringan koneksi di suatu lingkungan saja.
  • Data disimpan pada server sendiri, informasinya hanya dapat di akses selama kita ada pada batas jangkauannya saja. Beberapa situs, aplikasi dan data pada suatu perusahaan hanya bisa diakses oleh perangkat yang sudah terhubung dengan server.
  • Keamanan yang terjamin, alasannya adalah karena penggunanya hanya dapat mengakses jika berada pada jaringannya saja. Hal ini akan membuat sedikit orang atau hacker untuk menyerangnya.

Dari perbedaan yang telah kita bahas, maka dapat disimpulkan bahwa Intranet termasuk dalam bagian Internet namun tidak sebaliknya. Intranet menggunakan Internet untuk bertukar informasi, mengirim data hanya dalam jaringan local.

Internet bisa menggunakan berbagai macam teknologi jaringan seperti nirkabel, optic atau elektronik. Sedangkan sebagian besar Intranet hanya menggunakan jaringan seperti LAN, MAN dan WAN.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian dan Perbedaan Internet dan Intranet. Dengan demikian kita dapat lebih memahami arti dari Internet dan Intranet serta perbedaanya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *