Sejarah Microsoft Office

Sejarah Office

Tidak banyak orang yang tahu mengenai sejarah Microsoft Office.

Microsoft Office merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan kantoran yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

Sejak dikenalkan pertama kali lebih dari 25 tahun silam, terdapat cukup banyak fitur-fitur baru yang disesuaikan hingga saat ini. Tidak heran kalau penggunanya sudah menyentuh angka miliaran orang.

Pengertian Microsoft Office

Pengertian Microsoft Office
techtag.de

Microsoft Office merupakan sebuah paket aplikasi yang ditujukan untuk perkantoran. Dikembangkan oleh perusahaan software ternama, yakni Microsoft.

Walau umum digunakan untuk jenis sistem operasi (OS) Windows, Microsoft Office juga sebenarnya bisa dipakai di OS lain. Seperti Linux dan Mac OS.

Sejarah Microsoft Office

Sejarah Office Singkat
supporttree.co.uk

Microsoft Office dikembangkan mulai dari versi 1.0 pada tahun 1990 hingga kini. Banyak pembaruan mulai dari fitur, user-interfaces hingga keamanannya.

Kamu mungkin bisa mendapatkan sedikit gambaran akan versi-versinya melalui tabel berikut:

Microsoft Office 1.0November 1990
Microsoft Office 3.0Agustus 1992
Microsoft Office 4.0Januari 1994
Microsoft Office 95 (7.0)Agustus 1995
Microsoft Office 97 (8.0)November 1996
Microsoft Office 2000 (9.0)Juni 1999
Microsoft Office XP (10.0)Mei 2001
Microsoft Office 2003 (11.0)November 2003
Microsoft Office 2007 (12.0)Januari 2007
Microsoft Office 2010 (14.0)Juni 2010
Microsoft Office 2013 (15.0)Januari 2013
Microsoft Office 2016 (16.0)September 2015

Kita bahas secara detail ya, satu-satu:

1. Microsoft Office 1.0

Office Versi 1
www.thewindowsclub.com

Setelah mengembangkan beberapa aplikasi pengolah kata, Microsoft merilis versi awal dari Office. Dulu aplikasi ini masih berbasis DOS, sehingga tampilannya sangat sederhana. Sebagian besar hanya mengandalkan input device.

2. Microsoft Office 3.0

Office Versi 3
www.thewindowsclub.com

Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus tahun 1992.  Di versi ini terdapat update Microsoft Word 2.0, Excel 4.0 Mail 3.0 serta PowerPoint 3.0. Pada versi ini dirilis juga Microsoft Office Professional serta tambahan Microsoft Access versi 1.1.

3. Microsoft Office 4.0

Contoh Office Versi 4
winworldpc.com

Office versi 4.0 ini peningkatannya lebih cenderung ke Macintosh. Dirilis pada tahun 1994, di Windows peningkatannya hanya ada pada Word dari versi 2.0 ke 6.0. Sedangkan pada Macintosh, dirilis Word versi 3,4 dan 5.

Walau demikian, sebenarnya di tahun yang sama juga terdapat subversi, yakni Office 4.2 dan 4.3, di mana terdapat pembaruan Power Point serta Excel ke yang lebih baru.

4. Microsoft Office 95

Word versi 95
winworldpc.com

Office 95 mengalami pengubahan nomor versi yang dibuat lebih singkat, dengan tujuan menciptakan paritas paket. Setiap program diperbarui ke versi 7.0 kecuali Word.

Office 95 ini pertama kali dirancang untuk sistem 32-bit. Terdapat dua edisi, yakni Standard dan Professional. Bedanya ada pada kelengkapan, misalnya untuk versi Professional tersedia CD-ROM tambahan.

5. Microsoft Office 97 (8.0)

MS 97
winworldpc.com

Nama Office melejit sejak versi 95 dirilis. Satu tahun kemudian, tepatnya pada November 1996, dirilis versi baru sebagai pengembangan, yakni Office 97.

Pada Office 97 ini dikenalkan fitur Toolbar dengan desain visual yang user-friendly. Selain itu juga terdapat fitur lainnya:

Natural Language System, Sophisticated Grammar Checking serta Assistant yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas user.

6. Microsoft Office 2000

Word 2000
www.deviantart.com/flameprincess3535

Perkembangan Microsoft terus berlanjut. Pada versi ini Microsoft membuat kompabilitas khusus untuk Windows versi terbaru.

Banyak fitur-fitur yang disembunyikan pada versi ini.

Kenapa disembunyikan? Ada berbagai alasan, salah satunya yakni karena tidak semua orang bisa memakai fitur tersebut. Bahkan untuk beberapa terdapat suatu masalah virus bernama Macro.

7. Microsoft Office XP

Word XP
www.lowefamily.com.au

Versi Office ini dirilis secara bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan update besar-besaran sebagai perangkat tambahan.

Terdapat perubahan seperti Office 2000, pengenalan fitur Safe Mode yang memungkinkan aplikasi sejenis Outlook untuk memperbaiki registry data yang rusak, smart tag untuk membantu aktivitas pengguna, perintah suara terintegrasi dan lain-lain.

Office XP juga merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 98 dan Windows XT.

8. Microsoft Office 2003

Office versi 2003
www.usbmultiboot.com

Sesuai namanya, versi ini memang dirilis pada tahun 2003. Ciri khasnya ada pada desain logo yang baru, juga penambahan aplikasi Microsoft InfoPath serta OneNote.

Versi pertama dari Office ini memakai gaya Windows XP beserta iconnya. Sekaligus juga versi ini menutup kompabilitas pada Windows versi 2000.

9. Microsoft Office 2007

Tampilan Microsoft 2007
www.myce.com

Merupakan versi Office yang sangat populer pada masanya, bahkan masih banyak sekali dipakai hingga sekarang.

Banyak perbedaan mencolok antara Office 2007 dan Office 2003, termasuk antarmuka pengguna grafis yang biasa disebut sebagai fluent user, penggantian menu beserta toolbar, penambahan format file dengan basis XML (Open Office XML), dan kolaborasi aplikasi Groove.

10. Microsoft Office 2010

Perkembangan Word dari waktu ke waktu
wikipedia.org

Tiga tahun setelah Office 2007 dirilis, terdapat pembaruan terbaru yakni Microsoft Office 2010. Tepatnya pada tanggal 15 Juni tahun 2010.

Terdapat berbagai penambahan seperti menu backgroundtools untuk background, penyesuaian navigasi panel sekaligus penambahan kapasitas user-friendlynya. Pada versi ini perubahan logo juga dilakukan menjadi lebih rapih.

11. Microsoft Office 2013

Perkembangan MS Office
tekno.kompas.com

Microsoft Office 2013 muncul dalam satu produk paket Office Suite.

Pada versi ini terdapat update pada user interface, dukungan untuk penggunaan touchscreen, serta bisa digunakan untuk versi sistem IA-x32 maupun x64. Kompabilitas Office ini pada masanya diutamakan untuk Windows 7 dan Windows server 2008.

12. Microsoft Office 2016

Sejarah Microsoft Sampai 2016
www.techrepublic.com

User interface berbentuk flat banyak disukai pengguna, dan Microsoft menerapkan hal tersebut melalui Office 2016 ini.

Office 2016 dirilis pada tanggal 9 Juli tahun 2015. Gaya menu yang ditampilkan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, hanya saja tata letak aplikasi dibuat sedemikian rupa menjadi mudah digunakan.

Untuk penambahan fitur diantaranya ada integrasi OneDrive. Co-Authoring. Integrasi Dengan Skype. Planner. Smart Lookup. Sunrise Calendar. Clutter.

Jenis Aplikasi di Microsoft Office

Aplikasi yang terdapat di Office
www.quietpc.com

Kamu mungkin sudah tahu kalau di Microsoft Office terdapat aplikasi dengan jenis-jenis yang berbeda. Tapi kalau kamu belum paham mengenai fungsinya, kita bahas saja ya, di sini:

1. Microsoft Word

Microsoft Word
lifewire.com

Microsoft Word adalah sebuah software pengolah kata yang mungkin kamu sendiri sudah familiar dengan namanya. Sebelum Office dirilis, Microsoft Word sebenarnya sudah ada, karena aplikasi ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1983, sebagai Multi Word Tool untuk Xenix.

Fungsi utama dari aplikasi ini yakni untuk pekerjaan yang berterkaitan dengan dokumen. Seperti mengetik, melakukan printing dan lain-lain.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel
www.versionmuseum.com

Membuat lembar kerja (spreadsheet) secara manual tentu sulit dan tidak praktis, Microsoft memikirkan hal ini dan akhirnya merilis program Excel.

Excel merupakan sebuah program yang memungkinkan pengguna bisa membuat data-data kerja, lengkap dengan fitur-fitur kalkulasi hingga pembuatan grafis sesuai dengan strategi market.

3. Microsoft Power Point

PowerPoint versi 2016
visiontrainingsystems.com

Merepotkan.

Satu kata yang terpikir banyak orang ketika sedang membuat bahan untuk presentasi.

Dengan Power Point, pembuatan presentasi tersebut bisa dipermudah dengan fitur kompleks namun user-friendly dengan tampilan sederhana. Fungsi slidenya juga sudah otomatis ada.

4. Microsoft Outlook

Outlook Microsoft
www.bleepstatic.com

Bagi seorang pekerja, PIM (Personal Information Manager) mungkin masih terdengar kurang familiar, walaupun bisa dikatakan penting sekali untuk meningkatkan produktivitas.

Outlook merupakan aplikasi untuk mendukung PIM, karena terdapatnya fungsi jadwal kerja, kalender, catatan hingga jurnal.

5. Microsoft Publisher

Logo dari Microsoft Publisher
www.westisliplibrary.org

Membuat undangan adalah sesuatu yang agak sulit dilakukan pemula. Kamu perlu menguasai sedikit skill desain menggunakan aplikasi-aplikasi editing.

Dengan Microsoft Publisher, membuat undangan bisa jadi lebih mudah. Kamu juga bisa membuat dokumen jenis lainnya, seperti kartu ucapan, surat kabar, dekstop publishing dan lain-lain.

6. Microsoft Access

Microsoft Access
www.lifewire.com

 

Microsoft Access berfungsi sebagai aplikasi untuk pembuatan database.

Aplikasi ini bisa dibilang kompleks, karena mendukung pembuatan form, SQL (SQL/structured data query), report dan lain-lain. Tidak heran, Microsoft Access banyak digunakan untuk kebutuhan management data skala rumahan sampai perusahaan menengah.

7. Microsoft Info Path

MS Infopath
www.fiverr.com

Info Path awalnya dikenalkan sebagai bagian dari Microsoft Office versi 2003. Aplikasi ini dipakai untuk membuat formulir data dengan format berbasis XML.

Selain membuat formulir, melalui Info Path kita juga bisa menampilkan dokumen XML (atau file lain dengan skema XML). Selain itu, dengan konfigurasi tertentu Info Path bisa dimungkinkan untuk terhubung ke sistem eksternal dengan XML Web Services (MSXML atau SOAP Toolkit).

8. Microsoft Lync

Microsoft Lync
www.netclipart.com

Sebelum bernama Lync, aplikasi ini awalnya bernama Office Communicator 2007 R2.

Aplikasi ini berfungsi sebagai instant messenger, contoh sederhananya seperti MSN Messenger, Google Talk, Skype, Yahoo Messenger dan lain-lain.

9. Microsoft One Note

MS OneNote
lifewire.com

Sesuai dengan namanya, kegunaan utama dari One Note adalah untuk membuat catatan.

Namun, saat ini terdapat juga beberapa fitur lain, seperti untuk membuat gambar, menulis, membuat coretan, memasukkan object hingga menampilkan screenshot.

10. Microsoft Visio

Office Visio
www.pcwdld.com

Diagram merupakan komponen penting ketika kamu sedang membuat suatu rencana.

Microsoft Visio adalah program untuk membuat diagram, flowchart, skema jaringan hingga mind mapping (brainstorm). Aplikasi ini memiliki ciri memanfaatkan grafis jenis vektor sebagai komponen utama diagramnya.

Akhir Kata

Begitulah ulasan mengenai sejarah Microsoft Office. Perkembangan dari waktu ke waktu sangatlah pesat. Dari yang tampilannya sederhana hingga modern seperti sekarang.

Diluar itu, sebenarnya dikatakan ada beberapa jenis virus komputer yang merambah ke aplikasi mengetik. Namun sejauh pengalaman saya sampai saat ini aman-aman saja.

Aplikasi Microsoft Office apa yang kamu pakai sekarang? Share dong sedikit pengalaman kamu di sini. Tuliskan melalui kolom komentar di bawah.

Artikel Sejarah Microsoft Office ini bisa mendapatkan pembaruan sewaktu-waktu. Menyesuaikan versi baru dari Microsoftnya


Apabila ada hal yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar atau kirim pesan melalui [email protected]

Pengertian Microsoft Word

Syafiq
5 min read

Fungsi Sistem Operasi

Syafiq
4 min read

Pengertian Input Device

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *