Template Nota Excel

Template Nota Excel

Sekarang sudah cukup banyak contoh nota dengan isi dan desain yang berbeda-beda. Setiap nota tersebut disesuaikan kembali sesuai kebutuhan masing-masing. Pembuatannya sendiri cukup mudah, di Excel misalnya, kita cukup memakai template nota Excel.

Template merupakan sebuah istilah yang dipakai untuk menyebutkan format, yang dapat dipakai secara langsung ketika ingin membuat suatu desain.

Sederhananya, dengan template kita dapat membuat suatu desain menjadi lebih mudah.

Fungsi Nota

Meskipun hanya sebuah kertas kecil, nota terkadang memiliki peran yang cukup besar. Contohnya dalam laporan keuangan tertentu. Bisa penjualan bisa juga perusahaan. Dengan adanya nota, semua pemasukan dapat tercatat dengan jelas, sehingga dapat meminimalisir kerugian dalam jumlah besar.

Nota juga dapat berfungsi sebagai bukti transaksi. Masih berhubungan dengan yang sebelumnya, informasi pada bukti transaksi pada nota dapat membuat segala transaksi menjadi jelas dan dapat mengurangi unsur-unsur yang dapat merugikan perusahaan.

Direkomendasikan agar setiap perusahaan atau untuk seseorang yang memiliki badan usaha punya desain nota yang berbeda-beda. Mengapa? Ditujukan supaya nota tidak dapat dipalsukan oleh orang lain.

50+ Template Nota Excel Dengan Desain yang Bagus (Untuk Berbagai Kebutuhan)

Untuk yang masih bingung seperti apa desain nota yang harus dibuat, atau mungkin ingin membuat nota namun belum mengetahui bagaimana caranya, template excel berikut ini dapat dipakai.

Template-template ini dapat digunakan secara gratis dan dapat dibuka langsung di Microsoft Excel versi apa saja.

1. Template Nota Kosong

Template Nota Excel
www.vertex42.com

Template ini masih didesain kosong (polos). Bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk faktur penjualan maupun invoice (tagihan). Format nota ini berbasis excel dan masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Template ini dapat dipakai tanpa instalasi sama sekali, dan tanpa harus menggunakan macro sama sekali. Cukup download dan tinggal pakai saja seperti biasa.

Template ini bisa diedit dengan cara mengubah bagian header dengan nama usaha, menambahkan logo dan lain-lain. Kemudian menambahkan informasi kontak sampai semuanya sesuai.

Setelah itu template ini dapat dicetak sampai beberapa lembar sesuai kebutuhan.

2. Template Nota Simpel

Nota Template Simpel
www.vertex42.com

Template ini memiliki ciri khas desain gaya warna hijau di bagian atas. Template ini tidak memiliki banyak fitur yang rumit waktu dipakai. Hanya terdapat dua formula untuk mengatur subtotal. Dan kita juga dapat mengatur jumlah pajak (kalau memang jualannya butuh membayar pajak).

Tema ini memiliki kolom dengan desain yang ringan. Terdapat juga kolom untuk pengiriman dan untuk diskon. Semuanya dapat diatur dengan menggukan rumus-rumus simpel.

Karena simpel, pengeditan template nota excel ini bisa dikatakan sangat mudah. Nota ini juga dapat dikirimkan dalam bentuk format lain kalau sudah disimpan dari Excel. Misalnya PDF. Bermanfaat bukan?

3. Template Nota Basic

Template Nota Excel Dasar
vertex42.com

Nota ini tidak memiliki desain yang rumit. Sangat sederhana, saking sederhananya hanya ada beberapa kolom yang mungkin hanya perlu diperhatikan untuk dikustomisasi.

Salah satunya header. Bagian header template ini yang paling perlu diperhatikan hanyalah bagian company name dan Invoice. Bagian Invoice ini dapat diubah menjadi Receipt atau lainnya kalau ingin diubah ke suatu jenis nota.

Template ini hanya menggunakan satu rumus saja. Yakni rumus SUM untuk menghitung bagian totalnya. Namun untuk beberapa kondisi, mungkin beberapa butuh penyesuaian lagi.

4. Template Nota Billing

 

Template Nota Billing Excel
vertex42.com

Template nota excel yang ini bisa dikatakan sangat lengkap. Nota ini dapat dipakai untuk mengetahui bukti pembayaran, hingga untuk memanage para customer meskipun hanya dalam bentuk template.

Terdapat cukup banyak kolom di sana. Misalnya untuk menyimpan data pembayaran yang diterima, bagian credits, biaya jasa dan lain-lain yang semuanya bisa diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nota ini bisa digunakan dan akan sangat membantu untuk menerima pembayaran yang didapatkan secara rutin dari pembeli. Cocok untuk pengusaha penyewaan properti dan lain-lain.

5. Template Nota Penjualan

Template Nota Penjualan

Di semua kolom yang ada di sini bisa diubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Entah itu bagian perusahaan yang dijalani maupun informasi dari pembeli (customer). Contohnya, yang pertama di bagian atas kita bisa mengisinya menggunakan alamat yang kita pakai. Kemudian kolom-kolom selanjutnya juga.

Misalnya seperti Bill To, Ship To, SalesPerson, P.O. F.O.B dan lain-lain. Semuanya dapat diubah menggunakan gaya bahasa sendiri hingga dapat menjadi nota yang cocok sesuai keinginan.

Nota ini dapat dikirimkan ke pembeli menggunakan media apapun. Bisa dicetak menggunakan printer, atau bisa juga dikirim menggunakan email. Lebih tepatnya, nanti setelah nota sudah disimpan dari Excel, silakan simpan dulu dalam format PDF.

Nota ini dapat ditambah juga bagian garis kolom dan lain-lain sebagainya kalau memang dibutuhkan.

6. Template Nota Billing

Nota untuk Konsultan
www.vertex42.com

Template nota yang memang lebih dikhususkan untuk konsultan. Well, template ini desainnya tidak sederhana, tidak pula terlalu rumit. Dengan unsur warna putih dan orange ditambah dengan kolom-kolom yang tidak begitu banyak, membuat template ini mungkin bisa dipiilih untuk yang sedang mencari template nota excel.

Template ini dapat diedit juga sesuai kebutuhan. Misalnya pada bagian budget, itu dapat diubah. Serta warna orange, tentu saja tidak semua orang suka warna ini. Karena itu, kita tetap bisa menggantinya melalui menu Page Layout > Themes > Colors > Change Theme Colors.

Bagian label atasnya juga (header dapat diubah). Sehingga notanya dapat diubah-ubah lagi gayanya.

7. Template Nota Untuk Jasa

Template Nota Jasa
www.vertex42.com

Faktanya tidak semua orang yang memiliki badan usaha selalu menjual suatu barang atau produk. Ada juga sebagian lainnya, yang menggunakan tipikal jasa sebagai layanan utama. Bahkan jumlahnya tidak sedikit.

Template nota untuk jasa ini memiliki ciri khas warna putih yang sederhana. Kolomnya tidak terlalu banyak, mirip seperti beberapa template nota yang telah kita sebutkan sebelumnya.

Kita dapat menggunakan template ini untuk berbagai kebutuhan yang memang masih berhubungan dengan jasa. Misalnya seperti jasa pembuatan website, jasa kurir, jasa cat, jasa memperbaiki suatu barang dan lain-lain sebagainya.

Kita dapat menggunakan nota ini untuk berbagai kebutuhan. Contohnya, sebagian perusahaan jasa ada yang cemderung berbasis online ketimbang offline. Jika berbasis offline seperti ini, kita dapat mengubahnya menjadi PDF terlebih dahulu (hasil simpanan excelnya) kemudian dikirimkan melalui Email dan lain-lain sebagainya.

Template Lainnya

Rekomendasi di sini hanya ada tujuh. Sedangkan yang disebut di judul 50. Pertanyaannya, sisanya ke mana?

Nah, template-template nota yang sudah kita bahas tadi hanyalah beberapa rekomendasi yang bisa dipilih. Sisanya bisa langsung didapatkan di situs-situs pembuat template Excel resmi. Misalnya seperti https://www.vertex42.com

Template-template yang ada di sana dapat dipilih, karena sudah tersedia puluhan template. Kalau masih kurang mungkin bisa juga coba kunjungi www.tidyforms.com

Akhir Kata

Begitulah pembahasan mengenai template nota excel. Rekomendasi yang ada di sini mungkin tidak banyak. Tapi untuk referensi yang saya berikan semuanya bisa di explore sendiri sampai menemukan yang mana yang paling cocok.

Kalau ada rekomendasi lain, boleh kirimkan lewat komentar di bawah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *