Ukuran Kertas Poster

Ukuran Kertas Poster

Pembaca Sinaupedia, ketika kamu sedang membuat poster, pastikan kamu sudah mengetahui berapa ukuran kertas poster yang akan dipakai.

Ini penting sekali, agar hasil cetak tidak bermasalah, dan ukurannya tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar. Bahkan pada beberapa situasi, ukuran yang pas juga bisa membuat poster menjadi lebih menarik.

Di artikel ini Sinaupedia akan mengulas ukuran poster, ditujukan khusus untuk kamu yang sedang membuat dan ingin mencetak poster.

Ukuran Poster Standar

ukuran poster landscape
Pixabay.com

Ukuran poster sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misalnya untuk tujuan promosi (iklan), atau untuk kebutuhan pameran. Tidak heran ada poster kecil (seperti ukuran B5) dan ada juga yang besar.

Namun, kalau berbicara soal standar ukuran tentu tetap ada. Yakni dalam satuan ISO (standar internasional) dan standar poster yang biasa digunakan di Eropa.

Poster A00

Ukuran poster ini ‘raksasa’. Bagaimana tidak, panjangnya mencapai 118.9 cm x 168.2 cm, yang kalau direntangkan sudah bisa setara tinggi orang dewasa. Poster A00 ini umumnya dipakai untuk kebutuhan promosi film atau produk-produk terkenal.

Poster A0

Poster A0 memiliki lebar dan panjang yang lebih kecil dari poster A00. Ukuran poster ini umumnya digunakan untuk keperluan pameran lukisan, gambar atau kaligrafi dengan gaya potrait. Untuk beberapa penggunaan, bisa juga lebih bervariasi. Misalnya dijadikan bahan untuk media promosi.

Poster A1

Poster ini lebarnya 59.4 cm, dan panjangnya 84.1 cm. Kegunaannya biasa untuk promosi-promosi suatu acara / event yang akan diadakan di suatu tempat. Bukan itu saja, ukuran ini sudah banyak dipakai juga untuk poster-poster berjenis penyampaian pesan tertentu di tempat-tempat umum.

Poster A2

Poster ini memiliki panjang dan lebar setengah tinggi orang dewasa. Yakni 42 cm x 59.4 cm. Jenis poster ini banyak dipakai di tempat-tempat seperti sekolah, untuk keperluan pesan pengingat, maupun untuk kebutuhan umum untuk memamerkan gambar.

Poster A3

Poster A3 panjang dan lebarnya sekitar 29.7 cm x 42 cm. Jenis poster ini sangat umum dipakai untuk dijadikan kertas menggambar. Selain itu, untuk melukis juga ukuran poster A3 sudah terbilang cocok.

Poster A4

Poster A4 lebarnya 21 cm, dan lebarnya 29.7 cm. Setara dengan ukuran kertas skripsi dan merupakan yang paling kecil dari jenis-jenis poster lainnya. Tidak heran, kalau ukuran jenis ini jarang digunakan, kecuali di tempat-tempat tertentu yang luasnya rata-rata tidak besar.

Misalnya di rumah, ruang keluarga, ruang tamu dan sejenisnya. Atau di tempat umum seperti ruang tunggu.

Ukuran Kertas Poster Standar Eropa

Ukuran Poster Standar Eropa
Pexels.com

 

Ukuran poster tadi berdasarkan standar ISO (internasional). Nah, kalau di Eropa berbeda lagi penyebutannya, bahkan jauh lebih sederhana, karena dibagi hanya empat jenis:

  • Poster besar
  • Poster sedang
  • Poster kecil
  • Dan jenis poster A4

Namun meskipun sederhana, bukan berarti standar Eropa ini sama dengan standar ISO. Ada sedikit kelainan ukuran, berikut ulasannya:

Besar

Poster besar, kalau dalam bahasa Inggris biasa disebut Large Poster atau Architectural D Size. Ukuran poster ini banyak sekali dipakai untuk acara-acara outdoor, dan sebagian ada yang memakainya untuk dipasang di Mal.

Walaupun disebut ‘besar’, tapi ukurannya masih kurang cocok untuk dijadikan iklan poster film. Karena gambar yang ditampilkan akan kurang jelas, begitu juga dengan rincian pesan posternya.

Sedang

Nama lainnya adalah Architectural C Size. Desain dari poster ini biasanya dibuat minimalis, untuk memaksimalkan desain yang dicetak, karena memang ukurannya yang tidak besar dan tidak kecil.

Poster jenis ini biasanya di taruh di tempat-tempat umum, seperti dinding kantor, rumah sakit, kampus, dan lain-lain.

Kecil

Poster ini biasa disebut juga dengan nama Ladget, Tabloid atau ANSI B. Poster ini merupakan standar Eropa yang terkecil, karena itulah penempatannya tidak bisa di sembarang tempat,

Ukuran poster 28x43cm disebut juga Ladger, Tabloid atau ANSI B. kedua ukuran tersebut memang yang paling terkecil. penempatannya harus benar-benar tepat, misalnya berada ditempat yang biasanya tidak jauh dari pandangan.

Seperti tempat lewat pejalan kaki yang diantaranya ada dinding. contohnya lorong, tempat menunggu dan sebagainya.

Selain ukuran-ukuran tersebut, ukuran kertas poster A4 menurut beberapa pendapat masuk juga ke standar Eropa.

Ukuran Poster Di Photoshop

Standar Ukuran Poster Di Photoshop
Pixabay.com

Kalau berbicara keperluan digital, maka hitungan yang dipakai beda lagi, yakni menggunakan pixels. Untuk ukurannya tergantung dari DPI layar, namun standarnya bisa pakai daftar ukuran dari tabel berikut (300 DPI):

Jenis Ukuran Lebar  Panjang 
A00  14043  19866
A0  9930 14040
A1  7020  9930
A2  4960 7020
A3  3510  4960
A4  2480  3510
Besar  7205  10748
Sedang  5433  7205
Kecil  3307  5079

Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Jenis-jenis Poster Berdasarkan Isi dan Fungsi
Pexels.com

Poster memiliki jenis-jenis dan tujuan pembuatan juga. Ini bisa menentukan berapa besar size yang dibutuhkan agar posternya bisa sesuai dengan tempat dimana poster tersebut ingin ditempel.

  1. Poster Niaga, adalah jenis poster yang dibuat untuk tujuan media komunikasi mengenai hal-hal terkait penawaran barang atau jasa.
  2. Poster Seni Budaya, menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan seni. Entah itu untuk promosi atau untuk pajangan.
  3. Poster Kegiatan, merupakan poster yang ditujukan khusus hanya untuk menyampaikan suatu informasi kegiatan umum. Seperti olahraga bersama, kerja bakti, dan lain sebagainya.
  4. Poster Pendidikan, adalah poster yang informasi didalamnya khusus untuk keperluan edukasi.
  5. Poster Layanan Masyarakat, poster yang berisikan informasi hal-hal terkait pelayanan masyarakat, seperti kesehatan atau kesejahteraan masyarat.

Selain berdasarkan tujuan, poster juga memiliki fungsi tersendiri. Yaitu:

  1. Poster Propaganda, jenis poster yang khusus dibuat untuk memberikan semangat kerja atau motivasi kepada masyarakat, agar selalu aktif melakukan kegiatan yang bermanfaat.
  2. Poster Kampanye, yaitu poster yang khusus dibuat untuk mendapatkan suara masyarakat saat pemilu.
  3. Poster Komersial, poster yang dibuat untuk mempromosikan suatu produk (barang) atau jasa yang dijual.
  4. Poster Afirmasi, jenis poster yang dibuat untuk meningkatkan semangat publik. Biasanya terkandung kata-kata motivasi.
  5. Poster Dicari, biasanya disebarkan di tempat-tempat umum. Tujuannya yakni untuk mencari orang atau benda hilang. Bisa juga sejenis lowongan pekerjaan.
  6. Poster Propaganda, yaitu poster yang dibuat untuk memberikan motivasi atau semangat kerja kepada masyarakat umum agar melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan.
  7. Poster Film, adalah poster yang khusus dibuat untuk mempromosikan suatu film, agar orang-orang yang melihatnya tertarik untuk menonton.
  8. Poster Komik, sama seperti poster film, dibuat khusus sebagai media promosi, agar orang-orang yang melihatnya tertarik untuk membaca.
  9. Poster Cheesecake, poster yang memuat nama atau gambar orang berpengaruh, yang bertujuan untuk mencari perhatian masyarakat
  10. Poster Riset, yaitu poster yang memberikan informasi atau undangan suatu kegiatan yang berhubungan dengan riset. Poster ini umum ditemukan di kampus, sekolah, atau lingkungan akademik lainnya.
  11. Poster Kelas, jenis poster yang biasanya ditemukan di kelas sekolah maupun kampus. Bertujuan untuk memberikan arahan, memberikan informasi peraturan atau memberikan motivasi kepada pada murid.

FYI, selain menentukan seberapa besar sizenya, jenis kertasnya juga akan menyesuaikan. Coba baca jenis kertas untuk sertifikat, sebagai contoh di sana ada beberapa yang bisa dipakai juga untuk poster.

Akhir Kata

Begitulah ulasan Sinaupedia mengenai ukuran kertas poster. Semua informasi di sini sudah melewati proses riset terlebih dahulu. Jadi Insya Allah bisa dijamin akurat.

Semoga apa yang dibagikan di sini bisa bermanfaat untuk kamu jadikan referensi. Kalau kamu punya tambahan atau pertanyaan, silakan kirimkan melalui komentar yang tersedia di bawah.

Sedikit catatan; informasi ukuran yang ditampilkan disini merupakan standar resminya. Sedangkan di lapangan, ukurannya bisa berbeda, karena harus melewati proses cutting (pemotongan) juga.

Template Jadwal Pelajaran

Syafiq
3 min read

Kalender 2020

Syafiq
5 min read

Template Sertifikat

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *