Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Kunci Piano

Kunci Piano

Musik menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi setiap orang. Karena suara dari lagu atau alat musik, bisa menenangkan dan bisa menambah semangat. Salah satu alat musik yang bisa Anda mainkan adalah piano. Dalam bermain piano tentu Anda harus menguasai kunci piano terlebih dahulu.

Pondasi dalam menguasai suatu jenis alat musik, adalah dengan mempelajari kunci dasarnya terlebih dulu. Dibanding dengan alat musik yang lainnya, piano ini memiliki nada yang lebih banyak. Karena piano dapat dimainkan dengan lebih dari satu notasi secara berbarengan.

Kunci Piano

Kunci Piano Musik
pixabay.com

Bagi para pemula tentu harus memahami dahulu apa saja kunci dasar dalam bermain piano.

‘’Cukup dengan berlatih dan belajar, maka Anda akan mahir dalam bermain piano”

Ada dua hal yang perlu diketahui sebelum membahas mengenai kunci piano:

  • Chord piano yang dasarnya terdiri dari 3 not

Chord atau kunci dasar yang ada pada permainan piano tidak muncul begitu saja. Berbeda dengan alat musik lainnya, seperti misalnya gitar. Misalnya contoh chord pada nada C adalah C E G, dan chord Bm adalah B D F#.

Kunci dasar piano tersebut biasanya ditandai dengan huruf romawi yang terdiri dari 7 pola, pada chord minor biasanya akan ditandai dengan chord yang khusus.

  • Chord piano yang dasarnya terdapat empat kunci pada nada dasar C

Tahukah Anda, bahwa dalam nada dasar C alat musik piano terdapat empat kunci yang dimulai dari nada C. kunci dasar lainnya yaitu C F G serta Am.

Kunci piano yang telah dijelaskan tersebut di atas merupakan kunci paling dasar yang harus Anda pelajari, ketika mulai belajar main piano. Setelah mengetahui kunci dasarnya, barulah Anda bisa mengekesplorasi setiap nada di dalam kunci yang lainnya.

Kunci Piano Mayor

Kunci Piano Mayor
musisi.xyz

Kunci Piano Minor

Kunci Minor Piano
musisi.xyz

Cara Belajar Memainkan Piano Supaya Cepat Mahir

Tangga Nada Piano
pixabay.com

‘’Inti dari memainkan alat musik piano adalah meletakkan jari pada tuts dengan benar, hingga nadanya bisa disesuaikan’’

Ada beberapa hal yang perlu diketahui supaya Anda bisa memainkan alat musik Piano / keyboard / organ tunggal yaitu :

1. Mengetahui kunci tangga nada Mayor dan Tangga nada minor seperti yang sudah dijelaskan
2. Jari terampil dan tidak kaku
3. Memiliki feeling musik yang baik

Selanjutnya, ada beberapa cara juga yang bisa Anda lakukan dalam bermain piano agar cepat mahir. Berikut penuturannya:

1. Sering Latihan

Kesabaran adalah salah satu kunci dari belajar bermain piano. Sabar dan tekun berlatih menjadi modal awal dalam belajar piano. Anda bisa mulai belajar/bermain piano dalam tempo yang pelan, pilih jenis lagu yang mudah.

Sehinga ketepatan dalam penekanan tuts menghasilkan nada yang indah. Jangan bosan untuk berlatih. Anda juga bisa membuat jadwal latihan setiap harinya, agar jari-jari Anda juga terbiasa dalam menekan tuts piano. Lakukan senam jari setiap kali Anda latihan piano.

2. Mulai dari Lagu yang Mudah

Jika sudah menguasai kunci piano khususnya kunci dasar, maka Anda bisa mulai coba memainkan sebuah lagu dengan kunci yang mudah. Lalu kenali nada-nada dasar seperti nada tengah, tinggi, tajam, datar atau nada bas.

Anda juga bisa memilih judul-judul lagu terkenal baik dalam ataupun luar negeri. Setidaknya, pilih lagu yang sudah Anda hapal baik lirik maupun nadanya. Karena biasanya, Anda sudah terbiasa dengan ritme dan melodinya sehingga lagunya lebih mudah diserap.

3. Latihan dengan Guru

Berlatih piano secara autodidak bisa saja dilakukan. Apalagi di zaman sekarang ada banyak sumber yang bisa dicontoh, misalnya melalui youtube atau buku khusus. Namun akan lebih baik lagi jika anda belajar langsung dengan guru musik atau guru piano.

Belajar/latihan dengan guru ini, juga bisa Anda lakukan secara online atau private datang langsung ke rumah. Guru akan mengajari Anda bagaimana cara memainkan sebuah lagu, serta cara membaca partitur dengan tepat.

4. Sering Dengar Musik

Jika Anda ingin belajar bermain piano tentu Anda harus menyukai musik terlebih dahulu. Maka sering-seringlah mendengarkan segala jenis musik, atau lagu-lagu yang biasa Anda dengarkan. Sehingga, Anda bisa menemukan musik yang alunan piano dan melodinya sesuai untuk pemula.

Ada banyak pilihan lagu, dari mulai lagu yang mudah dimainkan hingga jenis lagu yang sulit. Tapi Anda bisa terus belajar dengan lagu-lagu tersebut.

Baca Juga: Urutan Senar Gitar

Manfaat Bermain Piano

Kunci Tangga Nada Piano
pixabay.com

“Dalam mempelajari kunci piano, lama kelamaan otak dan jari Anda akan terlatih dengan baik.”

Disadari atau tidak, bermain piano ini memiliki banyak manfaatnya untuk Anda. Berikut ini beberapa manfaat dari bermain musik/piano :

1. Menjadi lebih tenang

Bermain piano juga bisa membuat otak dan perasaan kita menjadi lebih tenang. Bermain piano selama beberapa menit saja setiap harinya, akan membuat perasaan kita menjadi lebih positif bahkan baik bagi tekanan darah.

Jika Anda sedang memiliki banyak kesibukan, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu selama beberapa menit saja untuk bermain piano. Hal itu akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi, yang diakibatkan stres karena kesibukan.

2. Kinerja otak meningkat

Menurut penelitian, rajin/rutin bermain piano juga akan meningkatkan kinerja otak. Karena otak akan bekerja dengan cara yang berbeda, seperti ketika Anda melakukan kegiatan yang biasanya. Ada beberapa bagian otak yang akan menyala begitu saja, saat Anda bermain musik.

Ketika bagian-bagian otak itu menyala, maka kualitas konsentrasi pada otak juga akan bertambah. Bukan hanya konsentrasinya saja, tapi juga kesabaran dalam berlatih piano.

3. Dapat lebih berkonsentrasi

Kemampuan Anda dalam berkoordinasi dengan sesuatu juga akan menjadi lebih baik jika terbiasa bermain piano. Karena permainan piano memerlukan koordinasi yang tepat, antara mata dengan tangan. Sehingga Anda dapat mengasah konsentrasi ketika bermain piano.

Ada banyak yang harus Anda lakukan ketika sedang bermain piano, sehingga Anda akan selalu dituntut untuk berkonsentrasi lebih. Misalnya ketika Anda membaca not, jari Anda salah memencet tuts piano.

Kemampuan dalam koordinasi mata dengan tangan yang baik, akan mendorong Anda dalam melakukan hal yang lainnya seperti kemampuan dalam multitasking. Terutama dalam bermain piano.

4. Membantu untuk lebih percaya diri

Bermain piano tentu menjadi tantangan bagi diri Anda sendiri. Namun ketika Anda berhasil melewati tantangan tersebut, maka Anda akan bangga pada diri Anda sendiri. Sama halnya dengan saat Anda berhasil melewati tantangan dalam memainkan piano suatu judul lagu.

Maka kepercayaan diri Anda pun akan meningkat, dan Anda akan semakin semangat dalam berlatih piano. Menurut penelitian, ketika kita sedang dalam keadaan tidak percaya diri kita bisa mencoba bermain piano.

5. Meningkatkan kemampuan pendengaran

Kemampuan pendengaran yang dimaksud di sini adalah kemampuan telinga Anda dalam mendengarkan musik/nada tertentu. Sering berlatih/bermain piano akan membuat telinga Anda menjadi lebih peka pada musik.

Misalnya ketika Anda mendengarkan suatu lagu/musik tertentu, Anda sudah tahu nada apa yang dimainkan dan bagaimana memainkannya dengan piano. Artinya, kemampuan pendengaran Anda sudah semakin meningkat.

6. Olahraga tangan

Walaupun bermain piano dilakukan dengan duduk saja, tetapi bermain piano juga dianggap sebagai olahraga. Karena yang banyak bergerak adalah bagian tangan, maka tanpa disadari Anda sedang berolahraga tangan.

Dalam bermain piano, juga terdapat aturan mengenai postur tubuh Anda ketika sedang duduk. Bermain piano dengan posisi yang tepat akan membuat kekuatan tangan Anda bertambah. Selain itu, efek musiknya pun akan berpengaruh baik pada kesehatan jantung Anda.

7. Mampu menerima kritik dengan cara yang baik

Anda akan memperoleh banyak masukan dari guru atau seseorang yang mahir bermain piano. Masukan ini tentu bermakna positif. Namun selain itu, Anda juga akan terbiasa menerima kritikan dari mereka yang sudah lebih ahli.

Kritik juga termasuk jenis masukan dan penyemangat agar Anda bisa bermain dengan lebih baik lagi. Selain itu, kritik juga merupakan salah satu aspek positif yang baik bagi kesehatan mental Anda sebagai pemusik.

Tips Supaya Tidak Bosan Latihan Piano

Cara Tidak Bosan Latihan Piano
pixabay.com

Dalam belajar bermain alat musik apapun, biasanya kita akan mudah merasa bosan. Itulah mengapa, saat belajar bermain musik hanya dibatasi beberapa menit atau jam saja. Tidak boleh lebih karena tidak akan efektif.

Berikut ini beberapa cara/tips yang bisa Anda lakukan dalam berlatih piano agar tak mudah bosan :

1. Ganti Lagu

Jika Anda mulai bosan dengan permainan piano yang biasa dimainkan, Anda bisa mengganti lagu yang sedang sering dimainkan. Pilih lagu lainnya yang Anda sukai, sehingga Anda menjadi lebih bersemangat dalam bermain musik/piano.

Misalnya lagu yang biasakan Anda mainkan terlalu sulit, sehingga Anda mudah bosan dalam memainkannya. Untuk itu, Anda bisa memilih judul lagu lainnya yang sekiranya lebih mudah dimainkan atau bisa menambah semangat kembali.

2. Mainkan Partitur yang Lebih Sulit

Rasa bosan yang timbul ketika Anda latihan bermain piano, bisa juga disebabkan karena Anda terlalu sering memainkan lagu yang mudah. Jika begitu, maka Anda bisa mencoba memainkan partitur nada yang lebih sulit dari yang biasa dimainkan.

Memainkan musik sekaligus membaca partitur memang bukan hal yang mudah, tetapi hal itu akan membantu Anda dalam memainkan suatu lagu dengan benar dan tepat. Jika Anda sudah terbiasa dengan partitur yang sulit, maka lagu apapun bisa Anda mainkan dengan mudah.

3. Latihan dengan Lagu Favorit

Ketika Anda memainkan sebuah lagu dalam bermain piano, tentu Anda akan memilih lagu-lagu yang Anda sukai. Biasakan untuk memainkan lagu favori Anda, supaya Anda tak cepat bosan ketika sedang berlatih.

Anda juga bisa memulainya dengan membuat daftar lagu apa saja yang Anda sukai. Kemudian mencoba memainkannya satu per satu setiap kali Anda berlatih. Sehingga, Anda tidak akan mudah bosan dalam berlatih piano.

Tips Belajar Piano Untuk Pemula

Cara Belajar Piano Dengan Cepat
pixabay.com

“Siapapun tentu bisa bermain piano dengan mudah, jika diawali dengan kesabaran dan ketekunan dalam berlatih.”

Jika Anda merupakan pemula dalam bermain piano, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini :

1. Mengenali bagian serta fungsi dari piano

Sebelum mulai memainkan piano, Anda harus kenal dulu dengan piano itu sendiri. Caranya yaitu dengan mengenali bagian-bagian pada piano. Misalnya nada apa dan letak nada tersebut di mana, atau tangga nadanya.

Anda bisa mempelajari seluruh bagian piano ini benar-benar dari nol. Jika sudah mengenalinya dengan baik, maka Anda bisa mulai belajar piano.

2. Belajar menyanyikan lagu tetapi dengan menggunakan not pada piano

Anda bisa menyanyikan sebuah lagu tapi dengan cara menekan tuts piano satu per satu. Pilih lagu yang benar-benar Anda sukai. Konsepnya hampir sama dengan saat Anda bernyanyi dengan mulut, tapi kali ini Anda sedang menggunakan piano bukan mulut Anda.

Untuk langkah awal, Anda bisa membeli buku-buku musik/lagu perjuangan yang di dalamnya terdapat lirik sekaligus nada lagunya. Pilih jenis lagu yang bertempo lambat, untuk memudahkan.

3. Mempelajari chord piano

Setelah itu, Anda bisa mulai mempelajari chord piano. Namun dengan catatan, Anda sudah paham tangga nadanya. Chord piano ini adalah kunci piano, yang memang dipelajari oleh setiap pemula ketika belajar piano.

Sebaiknya Anda mempelajari chord pada tuts berwarna putih dahulu, misalnya pada chord C, G, Am dan juga F. Selebihnya, Anda bisa memainkan chord yang lainnya.

Cara Bermain Piano Secara Autodidak dengan Cepat

Jika Anda tidak berminat untuk berguru atau belajar bermain piano dengan ahlinya, maka Anda bisa belajar sendiri secara autodidak. Berikut ini beberapa tips dan cara yang tepat dalam bermain piano secara autodidak :

1. Asahlah kemampuan telinga Anda

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah mengasah kemampuan telinga Anda dalam memahami musik piano. Piano adalah salah satu alat musik yang memiliki jenis suara yang autentik, dengan jumlah 88 tuts dan dihasikan oleh getaran dari senar.

Sering-seringlah mendengarkan musik/lagu yang memiliki alunan suara piano yang merdu. Anda juga bisa memilih lagu-lagu pilihan yang Anda sukai.

2. Pahami dengan baik dasar dalam bermain piano

Ketika belajar piano, baik dengan guru maupun secara autodidak tentu Anda harus mempelajari kunci piano terlebih dahulu. Maka pelajari dahulu nada dasarnya. Rasakan dan dengarkan bagaimana nada dari tuts piano yang Anda mainkan.

3. Mengatur posisi duduk saat bermain piano

Tahukah Anda bahwa pengaturan dalam posisi duduk ketika bermain piano, juga berpengaruh pada permainan lagu yang Anda mainkan. Ada beberapa jenis posisi duduk dalam bermain piano, seperti duduk tegak, membungkuk, atau menjauhkan tubuh dari piano.

Anda bisa mencoba beberapa posisi duduk yang nyaman ketika sedang bermain piano. Yaitu posisi yang membuat Anda lebih santai, dan tidak cepat capek/pegal ketika sedang latihan.

4. Mengatur posisi tangan

Karena bermain piano itu menggunakan kedua tangan, maka posisi tangan juga harus disesuaikan dengan baik. Posisi tangan ini akan berpengaruh pada saat Anda memindahkan posisi pada tuts, saat berganti nada.

Jika posisi tangan sudah benar, maka lagu yang dimainkan pun akan terdengar indah. Letakkan jari Anda pada tuts piano, dengan santai/rileks saja. Tidak terlalu tegang dan jangan terlalu rapat. Untuk membuat jari lebih lihai, Anda bisa berlatih senam jari dengan rutin.

5. Mengatur posisi lengan

Bukan hanya tangan yang harus Anda atur agar posisinya berada di tempat yang tepat, tapi juga lengan Anda ketika bermain piano. Posisi lengan yang salah akan berpengaruh pada kecepatan saat sedang bermain, sehingga Anda tak harus mengeluarkan banyak tenaga saat bermain.

6. Belajar membaca not balok

Membaca not balok tidak harus dilakukan oleh pemula dalam bermain piano. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba belajar membaca not balok ketika bermain piano.

Karena fungsi dari membaca not balok ini adalah susunan nada dan melodi yang dimainkan, akan lebih mudah dipahami. Selain kunci piano, not balok juga menjadi hal yang penting dalam bermain piano.

Baca Referensi Not Angka Lagu Bagus Bagus

Akhir Kata

Inti dari belajar/bermain piano adalah fokus, tenang dan nikmati. Ketika Anda fokus pada permainan piano, maka akan lebih mudah memainkan suatu lagu/musik. Namun Anda juga harus tenang dan menikmati permainan tersebut, agar selaras dengan nada yang dihasilkan.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Urutan Senar Gitar

Afriansyah
6 min read

Not Angka Lagu

Afriansyah
20 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *