Afriansyah Seorang penggemar elektronika dan hal-hal berbau teknologi

Not Angka Lagu

Not Angka Lagu Musik Pianika Piano

Not balok dan not angka lagu merupakan hal yang sangat sering dicari oleh para pemain musik. Baik yang sudah pemula sampai yang sudah mahir.

Not tersebut berbentuk simbol-simbol musik yang membentuk suatu irama tertentu hingga bisa dimainkan nantinya.

Not lagu sendiri di internet cukup banyak dicari orang-orang. Terutama bagi mereka yang sedang belajar bermain alat musik pianika, piano dan lain-lain sejenisnya.

 

Daftar

Pengertian Not Lagu

Sudah mengetahui daftar not lagu, sekarang kamu harus ketahui juga mengenai pengertian dari notnya itu sendiri.

Not lagu adalah rangkaian kode yang membentuk suatu irama musik yang dapat diterapkan di alat-alat musik tertentu, seperti:

  • Pianika (Atau bisa disebut juga melodika)
  • Piano
  • Keyboard
  • Suling
  • Gitar
  • Angklung

Dan lain-lain. Not angka dan not balok sendiri merupakan dua jenis not yang ada. Kedua irama tersebut tertulis dalam sebuah kertas berbentuk partitur.

Nah, membaca not angka maupun not balok akan membuat kita bisa memahami irama musik dan dapat memainkannya dengan mudah.

Cara Membaca Not Angka dan Not Balok

Sebelumnya kamu sudah bisa membaca not angka? Atau kamu bisa membaca not lagu balok?

Not angka sendiri sebenarnya merupakan jenis partitur yang dasar sekali. Dalam artian not angka bisa dimainkan dengan mudah menggunakan alat musik.

erutama keyboard, piano dan pianika. Kenapa? Karena cukup ditulis saja bagian keynya, maka partitur sudah bisa dimainkan. Contohnya seperti ini:

Cara Baca Not Angka

Do Re Mi Fa So La Si Do Cukup berpatokan dengan itu saja sudah cukup kok. Nah, selanjutnya bagaimana dengan not balok? Membaca not balok lebih sulit dari membaca not angka.

Tapi, ketika kita sudah bisa memahami not balok, maka alunan musik yang bisa dimainkan menjadi lebih luas.

Video ini mungkin bisa jadi referensi:

Not Angka Lagu Nasional

Sebagai seorang warna negara Indonesia, pastinya harus tahu dong not angka lagu nasional?

Not lagu nasional ini apalagi sering sekali dimainkan oleh anak-anak sekolah dasar yang sedang belajar pianika. Beberapa lagu yang akan kita bahas:

  • Not angka lagu Indonesia raya
  • Not angka ibu kita kartini
  • Not angka mengheningkan cipta
  • Not angka tanah airku

Dan masih banyak lagi. Yuk cek aja satu-satu di bawah ini:

Baca Juga: Ingin Belajar Gitar? Ini Urutan Senar Gitar

1. Not Angka Lagu Indonesia Raya

Not Angka lagu Indonesia raya
seputarmusikal.com – Not pianika Indonesia raya (lengkap)

Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan negara republik Indonesia. Indonesia raya merupakan lagu yang diciptakan oleh W.R Supratman. Indonesia Raya sendiri awalnya dipublikasikan pada tahun 1928 oleh Wage Rudolf Soepratman, tertulis sebagai “Lagu Kebangsaan” yang judulnya “Indonesia Raya.”

Teks lagu Indonesia Raya sendiri awalnya dipublikasikan oleh surat kabar Sin Po dan rekaman awalnya dipegang oleh pengusaha yang bernama Yo Kim Tian.

Pertama kali dikumandangkan oleh para peserta Kongres Pemuda dengan biola, pemerintah Hindia Belanda ketika itu dengan segera melarang lagu Indonesia Raya. Meski demikian, sebagian besar dari pemuda tetap tidak gentar dengan tetap mengucapkan “Merdeka.”

Setelah melewati sejarah yang sangat panjang, akhirnya lagu Indonesia Raya menjadi sebagai lagu kebangsaan Negara Republik Indonesia.

Not Lagu Indonesia Raya Versi Pianika

LaguPencipta
Indonesia RayaWR. Supratman

Not Indonesia Raya Do Re Mi

Bagi yang ingin memakai tangga nada untuk memainkan lagu ini, terdapat juga not lagu Indonesia Raya Do Re Mi.

2. Not Angka Lagu Ibu Kita Kartini Pianika

Not Angka Lagu Ibu Kita Kartini
brainly.co.id

Ibu Kita Kartini adalah lagu yang diciptakan WR. Supratman. Lagu ini diciptakan untuk mengenang Ibu Kartini yang sudah memperjuangkan hak-hak perempuan sehingga menjadi sama dengan laki-laki.

Selain itu, di Indonesia juga ada hari kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April untuk mengenang jasa-jasanya. Oleh sebab itu, Ibu Kita Kartini merupakan lagu nasional yang wajib diketahui oleh para generasi muda agar dapat mencontoh keberaniannya. 

Sedangkan untuk kamu yang sedang belajar menggunakan pianika, Ibu Kita Kartini termasuk not angka lagu yang mudah dihafal.

LaguPencipta
Ibu Kita KartiniWR. Supratman

3. Not Angka Lagu Mengheningkan Cipta

Not Lagu Mengheningkan Cipta
http://www.seputarmusikal.com

Biasanya lagu Mengheningkan Cipta seringkali dinyanyikan pada saat upacara yang bertujuan untuk mengenang dan menhormati jasa-jasa para pahlawan Indonesia.

Lagu yang diciptakan Truno Prawit ini mempunyai nada yang tenang, sehingga kita dapat lebih khidmat untuk menyanyikannya, menghormatinya serta mendoakan para pahlawan.

Tanpa pahlawan yang berani mempertaruhkan nyawanya demi negara kita ini, mungkin saja sekarang Indonesia belum merdeka. 

Karena merupakan lagu nasional, maka Mengheningkan Cipta wajib untuk kamu ketahui.

LaguPencipta
Mengheningkan CiptaTruno Prawit

4. Not Angka Lagu Tanah Airku

Not Lagu Tanah Airku
http://www.seputarmusikal.com

Tanah Airku juga merupakan lagu yang biasanya selalu dinyanyikan pada saat upacara. Lagu ciptaan Ibu Sud ini mempunyai arti atas kecintaannya terhadap Indonesia, sehingga beliau menciptakan sebuah lagu yang menggambarkan perasaannya tersebut.

Lagu ini juga memotivasi untuk para generasi penerus bangsa supaya dapat selalu mencintai tanah airnya. 

Bagi kamu yang ingin mempelajari not pianika dari lagu Tanah Airku, maka bisa juga nih melihat video seperti dibawah ini.

LaguPencipta
Tanah AirkuIbu Sud

5. Not Angka Lagu Indonesia Pusaka

Not Lagu Indonesia Pusaka
http://www.seputarmusikal.com

Indonesia Pusaka merupakan lagu yang diciptakan oleh Ismail Marzuki. Lagu ini mempunyai arti bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan wilayahnya, sumber dayanya hingga kebudayaannya.

Sehingga banyak negara-negara besar yang mengincar kekayaan Indonesia tersebut dan terjadilah penjajahan dimasa lalu. Lagu ini juga menggambarkan kebanggaannya telah lahir dan tumbuh dinegara Indonesia.

Selain itu, not pianika yang ada pada lagu tersebut cukup terbilang sederhana, sehingga kita dapat dengan mudah memainkannya.

LaguPencipta
Indonesia PusakaIsmail Marzuki

6. Not Angka Lagu Maju Tak Gentar

Not Balok Lagu Maju Tak Gentar
https://www.senibudayasia.com

Makna Lagu Maju Tak Gentar ialah untuk memotivasi para masyarakat supaya dapat membela kesejahteraan di negara Indonesia. Lagu ciptaan C. Simandjuntak ini juga mempunyai arti untuk setiap lapisan masyarakat di tanah air bersatu dan bergerak bersama-sama demi kedaulatan Indonesia.

Karena mempunyai nada yang bersemangat, Lagu ini mampu membuat kita untuk terus optimis dalam menghadapi setiap rintangan atau permasalahan. Kamu juga dapat mempelajari dan mencoba lagu ini menggunakan pianika dengan melihat not-notnya dari gambar diatas.

LaguPencipta
Maju Tak GentarC. Simandjuntak

7. Not Angka Pianika Lagu Bagimu Negeri

Bagimu Negeri Pianika
notangkapianikalaguku.blogspot.com

Bagimu negeri adalah lagu yang diciptakan oleh Kusbini. Lagu ini menggambarkan kesetiaan kita sebagai warga negara Indonesia yang baik. Selain itu, lagu ini juga memiliki makna bahwa setiap warna negara harus memiliki janji untuk membangun Indonesia, untuk bersama. Bukan untuk keuntungan pribadi.

Bagimu Negeri sendiri bisa saya bilang cukup mudah dimainkan. Karena pada lagu ini hanya terdapat not-not yang simpel. Cocok untuk anak yang baru belajar pianika.

 

LaguPencipta
Bagimu NegeriKusbini

8. Not Lagu Gugur Bunga

Not Lagu Gugur Bunga
http://www.seputarmusikal.com

Lagu Gugur Bunga mempunyai arti untuk menghargai dan selalu menghormati para pahlawan Indonesia. Lagu ciptaan Ismail Marzuki ini menggambarkan kisah pilu melihat banyaknya pahlawan yang gugur di medan perang.

Oleh sebab itu, sebagai penerus bangsa maka wajib untuk selalu mengenang pejuang yang berani untuk mengorbankan dirinya demi kemerdekaan tanah air kita ini. 

LaguPencipta
Gugur BungaIsmail Marzuki

9. Not Lagu Garuda Pancasila

Not Lagu Garuda Pancasila
http://www.seputarmusikal.com

Mars Pancasila atau sering disebut juga dengan Garuda Pancasila merupakan lagu yang diciptakan oleh Sudhanorto. Lagu yang mempunyai nada bersemangat ini menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Selain itu, lagu ini juga menggambarkan bahwa setiap masyarakat berani untuk melindungi kesejahteraan Indonesia dengan menggunakan ideologi pancasila. Dengan demikian, maka diyakini Indonesia dapat lebih adil dan makmur.

Garuda Pancasila juga mempunyai not-not angka yang cukup mudah untuk kamu coba.

 

LaguPencipta
Gugur BungaIsmail Marzuki

10. Not Lagu Hymne Guru

Not Angka Hymne Guru
http://www.seputarmusikal.com

Hymne Guru merupakan sebuah lagu yang mempunyai arti untuk selalu menghormati dan menghargai guru-guru kita. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, berkatnya kita mendapatkan pengetahuan yang luas.

Jadi meskipun kita sudah lulus, jangan pernah melupakan jasa-jasa mereka ya. Not angka dari lagu ini sangat sederhana dan mudah sekali untuk dimainkan meskipun kamu masih pemula. 

LaguPencipta
Hymne GuruSartono

11. Not Angka Lagu Indonesia Jaya

Not Balok Lagu Indonesia Jaya
https://musescore.com

Indonesia Jaya merupakan lagu yang dapat memotivasi masyarakatnya untuk terus optimis dalam menghadapi segala rintangan hidup. Lagu ini juga mengajarkan kita untuk selalu memohon petunjuk dari maha kuasa dan selalu berusaha dengan semangat yang berkobar.

Selain itu, lagu ciptaan Chaken M ini sangat cocok sekali untuk didengarkan supaya kita mendapatkan semangat yang tinggi demi keberhasilan dimasa depan. 

LaguPencipta
Indonesia JayaChaken M

12. Not Angka Lagu Syukur

Not Lagu Syukur
http://www.seputarmusikal.com/

Syukur merupakan lagu yang mengandung makna rasa terimakasih kepada tuhan karena telah membantu para pejuang meraih kemerdekaan Indonesia. Tentunya, para pejuang menyerahkan keikhlasan hidup dan matinya demi membela tanah air kita.

Lagu yang diciptakan HS. Mutahar ini sangat mendalam saat dinyanyikan. Selain itu, setiap not dari lagu ini sangat sederhana dan cukup mudah untuk dicoba.

LaguPencipta
SyukurHs. Mutahar

13. Not Lagu Desaku yang Kucinta

Not Balok Lagu Desaku yang Kucinta
https://kurtilas-sd.blogspot.com/

Lagu ini menggambarkan seorang anak yang selalu mencintai desanya. Meskipun tinggal didaerah lain, namun Lagu Desaku ini mampu membuat kita rindu akan kampung halaman.

Lagu ini mempunyai nada dan lirik yang mudah diingat, sehingga kamu dapat mempelajarinya dengan mudah. 

LaguPencipta
Desaku yang KucintaL. Manik

14. Not Lagu Bangun Pemuda Pemudi

Not Lagu Bangun Pemuda Pemudi
http://www.seputarmusikal.com

Mulanya, Bangun Pemuda Pemudi merupakan lagu ciri khas atau mars dari Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia. Selain itu, lagu yang diciptakan Alfred Simanjuntak ini diciptakan nadanya terlebih dahulu sebelum liriknya.

Lagu ini diciptakan demi memotivasi para generasi penerus bangsa untuk menjadi pemuda dan pemudi yang berkualitas dan dapat terus mensejahterakan Indonesia. Bangun Pemuda Pemudi juga menjadi salah satu lagu yang menjadi pacuan generasi muda, supaya dapat mempunyai rasa tanggung jawab terhadap negara.

Sedangkan untuk not-notnya, lagu ini terbilang cukup mudah untuk dimainkan. 

LaguPencipta
Bangun Pemuda PemudiAlfred Simandjuntak

 

Not angka Lagu Anak

Yang namanya anak-anak pasti sangat menyukai lagu, benar kan? Terdapat banyak lho, not angka lagu anak yang bisa ditemui. Misalnya seperti:

  • Not lagu selamat ulang tahun
  • Not lagu ambilkan bujlan bu
  • Not lagu cicak cicak di dinding

Dan lain-lain. Not lagu anak ini bisa dimainkan di Pianika, terutama. Cocok deh buat siapa saja. Terutama kamu yang sedang belajar bermain alat musik, atau ingin mengajari saudara berusia sekolah dasar yang sedang belajar bermain Pianika.

1. Not Angka Selamat Ulang Tahun

Not Lagu Selamat Ulang Tahun
http://notangka-pianikalagu.blogspot.com/

http://www.seputarmusikal.com

Selamat Ulang Tahun menjadi salah satu lagu yang wajib untuk dinyanyikan ketika ada yang merayakan hari kelahirannya. Jika melihat dari liriknya, arti dari lagu ini cukup mendalam dan berisi beberapa do’a untuk yang sedang berulang tahun.

Liriknya juga sangat mudah untuk dihafal, sehingga sangat disenangi anak-anak. Sedangkan untuk penciptanya, lagu ini dibuat oleh Adikarso yang juga menciptakan lagu pepaya mangga pisang jambu.

Meskipun tidak begitu dikenal, Adikarso telah berhasil menciptakan lagu legendaris yang sangat disukai anak-anak. Selain itu, untuk Not-not angka dari lagu ini dibuat dengan sangat sederhana, supaya kita dapat dengan mudah memainkannya.

LaguPencipta
Selamat Ulang TahunAdikarso

 

2. Not Angka Burung Kakak Tua

Not Lagu Burung Kakak Tua
https://herocaka.tumblr.com/

Burung Kakak Tua merupakan lagu yang di remake melodinya dari bahasa portugis menjadi Indonesia. Berdasarkan sejarah, Burung Kakak Tua merupakan sebuah karangan yang diciptakan oleh R.C Hardjosubroto

Lagu yang sangat dikenal anak-anak ini juga mempunyai nada yang mirip dengan lagu Topi Saya Bundar, karena sama-sama menggunakan melodi asal portugis tersebut. 

Lagu ini juga mempunyai not angka yang sederhana. Jadi jika kamu baru belajar memainkan pianika, Burung Kakak Tua menjadi pilihan lagu yang tepat untuk dipelajari.

LaguPencipta
Burung Kakak TuaR.C Hardjosubroto

 

3. Not Lagu Guruku Tersayang

Not Lagu Guruku Tersayang
https://musescore.com/

Guruku Tersayang merupakan sebuah lagu yang ditujukan kepada seorang guru dari murid-muridnya. Lagu ini menggambarkan kisah seorang murid yang mengagumi dan menyayangi sang guru.

Selain itu, lagu yang diciptakan Melly Goeslaw ini berhasil membuat para murid menjadi lebih menghargai guru mereka. Mulanya, Melly Goeslaw hanya ingin membuat lagu yang saat itu khusus dipersembahkan untuk semua gurunya.

Namun, tanpa ia sadari Guruku Tersayang  menjadi salah satu lagu yang wajib untuk dinyanyikan para murid ketika hari guru tiba.

LaguPencipta
Guruku TersayangMelly Goeslaw

 

4. Not Angka Lagu Cicak Cicak di Dinding

Not Angka Lagu Cicak DI Dinding
https://notangka-musik.blogspot.com/

Cicak Cicak di Dinding merupakan salah satu lagu ciptaan A.T. Mahmud yang sangat disenangi anak-anak. Selain itu, ternyata lagu ini juga mempunyai arti yang cukup mendalam dengan mengisyaratkan seekor cicak dan nyamuk.

Pada lagu tersebut, seekor cicak sedang mencari makanan dengan merayap perlahan supaya tidak membuat takut mangsanya dan kemudian sang nyamuk datang.

Merayap perlahan mempunyai arti supaya kita terus berusaha meskipun dikit demi sedikit, karena bisa saja ada rezeky yang datang tiba-tiba.

Sedangkan seekor nyamuk mempunyai arti sebagai rezeky yang harus kita jemput dari hasil usaha tersebut.

LaguPencipta
Cicak Cicak di DindingA.T Mahmud

 

5. Not Angka Lagu Doraemon

Not Angka Lagu Doraemon
https://notangka-musik.blogspot.com/

Bagi kamu yang menyukai kartun Doraemon, pasti sangat tahu dan hafal lirik lagunya. Namun, ternyata setiap liriknya bermula dari bahasa Jepang yang diubah menjadi Indonesia.

Selain itu, judul lagu Doraemon dalam bahasa jepang ini ialah Doraemon No Uta dan diciptakan oleh Komiko Usugi. Doraemon No Uta menggambarkan kisah Nobita yang menyayangi Doraemon karena mempunyai banyak sekali peralatan canggih.

Bagi kamu yang ingin mempelajari lagu tersebut dengan menggunakan pianika maka dapat melihat gambar diatas. Menurut saya, lagu ini mempunyai not yang sederhana sehingga dapat dengan mudah untuk dimainkan.

LaguPencipta
Doraemon No UtaKomiko Usugi

 

6. Not Angka Lagu Tokecang

Not Lagu Tokecang
http://www.seputarmusikal.com

Tokecang merupakan sebuah lagu asal jawa barat yang sangat disenangi anak-anak. Alasannya, lagu ini cukup menarik untuk mereka dengar dan dihafalkannya.

Lagu yang diciptakan R.C Hardjosubroto ini mempunyai pesan penting didalamnya untuk kita ketahui. Berdasarkan gambarannya, lagu ini mengisahkan seseorang yang rakus terhadap makanan sehingga tidak memperdulikan sekitarnya.

Sedangkan pesan penting yang ada didalamnya mengajarkan kita supaya tidak meniru sifat rakus tersebut. Jadi kita harus saling berbagi dan memperdulikan orang-orang sekitar kita.

Lalu bagi kamu yang ingin memainkan lagi ini maka dapat mencobanya dengan melihat not angka pada gambar diatas. 

LaguPencipta
TokecangR.C Hardjosubroto

 

7. Not Angka Lagu Ambilkan Bulan Bu

Not Angka  Lagu Ambilkan Bulan Bu
https://liriknot.blogspot.com/

Ambilkan Bulan Bu merupakan lagu ciptaan A.T Mahmud yang sangat disukai anak-anak. Menurut A.T Mahmud, lagu ini tercipta karena mendengar permintaan anaknya yang ingin diambilkan bulan.

Namun ia tidak mengetahui alasan anaknya dan tiba-tiba terdorong untuk membuat lagu yang tersebut. Selain itu, alasan beliau menulis liriknya menjadi “bu” ialah karena ketidak cocokan pertemuan huruf “b” dan “p” disatu kalimat.

Ambilkan Bulan Bu merupakan lagu yang mempunyai not simple untuk dimainkan dengan pianika.

LaguPencipta
Ambilkan Bulan BuA.T Mahmud

 

8. Not Angka Lagu Abang Tukang Bakso

Not Lagu Abang Tukang Bakso
http://belajarnotpianika.blogspot.com/

Abang Tukang Bakso merupakan sebuah lagu yang diciptakan Mamo/Agil dan berhasil membuat anak-anak tertarik untuk menyanyikannya. Mulanya, lagu ini mengisahkan seorang anak-anak yang menunggu Abang Tukang Bakso karena tidak sabar ingin membelinya.

Namun, di akhir lirik tersebut kita dapat mengetahui arti dari lagu tersebut. Abang Tukang Bakso mengandung arti supaya anak-anak jangan suka berbohong kepada siapapun, jika dilanggar maka ada nenek ompong yang ingin menggigitnya.

Meskipun hanya sekedar menaku-nakuti, namun lagu ini berhasil memotivasi anak-anak supaya dapat selalu bertingkah jujur kepada siapapun. 

LaguPencipta
Abang Tukang BaksoMamo/Agil

 

Not Angka Lagu Daerah Untuk Pianika, Piano, Keyboard

Indonesia mempunyai 34 provisinsi terdiri dari wilayah sabang sampai marauke, sehingga mempunyai banyak Not Angka Lagu Daerah yang bisa dipelajari. Misalnya seperti:

  • Not Lagu Manuk Dadali
  • Not Lagu Apuse
  • Not Lagu Ampar Ampar Pisan
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya

Mau tahu berbagai macam not lagu daerah? baiklah, langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini:

1. Not Angka Manuk Dadali

Not Lagu Manuk Dadali
http://www.seputarmusikal.com

Lagu yang berasal dari Jawa Barat ini sangat populer dan menjadi kesenangan bagi anak-anak yang menyanyikannya. Meskipun berbahasa sunda, namun lagu ini mempunyai nada yang sangat indah.

Lagu ini diciptakan oleh seorang penyiar asal bandung yang bernama Sambas Mangundikarta. Selain itu, lagu ini mempunyai arti burung garuda dan menggambarkan kegagahan serta keberanian binatang tersebut.

Menurut liriknya, burung garuda mengisyaratkan para pejuang yang berani mempertaruhkan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

Bagi kamu yang baru belajar menggunakan pianika, lagu ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

LaguPencipta
Manuk DadaliSambas Mangundikarta

 

2. Not Lagu Apuse

Not Lagu Apuse
https://notangkapianikalaguku.blogspot.com/

Lagu yang berasal dari Papua ini mempunyai nada yang sederhana namun sangat nyaman untuk didengarkan. Menurut beberapa sumber, pencipta lagu Apuse adalah seorang pemuda dari Biak Jayapura namun namanya belum diketahui.

Meskipun belum diketahui, seseorang yang sudah menciptakan lagu ini mampu memikat para pendengarnya lewat nada-nada indah ketika dinyanyikan. Lagu ini menggambarkan seorang cucuk yang hendak pamit kepada kakek dan neneknya untuk pergi ke teluk Doneri.

Sang kakek dan neneknya pun dengan senang hati mengabulkan permintaan cucuk-nya dan melambaikan sapu tangan. Not angka dari lagu Apuse ini cukup mudah untuk dipelajari dan dihafalkan.

LaguPencipta
ApuseNo Name

 

3. Not Lagu Ampar Ampar Pisang

Not Lagu Ampar-Ampar Pisang
http://www.seputarmusikal.com

Ampar-Ampar pisang merupakan salah satu lagu yang berasal dari Kalimantan Selatan dan diciptakan oleh Hamiedhan A.C. Sama seperti yang lainnya, lagu ini juga mempunyai arti tersendiri.

Berawal dari makanan khas Kalimantan Selatan bernama Rimpi atau sebuah pisang yang diolahnya dengan cara mengampar-amparnya (disusun). Pisang tersebut kemudian disimpan cukup lama dan dijemur sampai mengeluarkan aroma yang berciri khas.

Namun disaat aroma mulai muncul, banyak anak-anak yang iseng untuk mencuri pisang tersebut. Kemudian diciptakanlah lagu tersebut dan diliriknya mampu menaku-nakuti anak yang suka mencuri pisang tersebut.

LaguPencipta
Ampar-Ampar PisangHamiedhan A.C

 

4. Not Lagu Yamko Rambe Yamko

Not Lagu Yamko Rambe Yamko
https://www.sejarah-negara.com/

Yamko Rambe Yamko merupakan lagu yang berasal dari Papua dan mempunyai nada sangat menyenangkan. Namun dibalik nada yang menyenangkan tersebut, ternyata lagu ini mempunyai arti cukup menyedihkan.

Arti lagu ini menggambarkan daerah Papua yang saat itu bertikai dengan Indonesia dan ingin mengeluarkan diri dari tanah air. Sedangkan untuk not angkanya, lagu ini cukup sulit untuk dimainkan karena mempunyai nada yang cepat.

Namun, jika terus berlatih maka kamu dapat dengan mudah memainkan lagu asal Papua tersebut.

LaguPencipta
Yamko Rambe YamkoDr. Yusuf Hartono, M.SC

 

5. Not Lagu Halo Halo Bandung

Not Lagu Halo Halo Bandung
http://www.seputarmusikal.com

Lagu asal Bandung, Jawa Barat ini mempunyai nada yang sangat bersemangat. Sesuai dengan nadanya, lagu ini mengisahkan perjuangan para ksatria dari kota Bandung yang selalu bersemangat untuk mendapatkan kemerdekaan.

Terutama saat tragedi Bandung Lautan Api pada tanggal 23 Maret 1946 silam. Meskipun lagu ini bernada cepat, namun not angkanya cukup mudah untuk dipelajari atau dihafalkan dengan alat musik pianika.

LaguPencipta
Halo Halo BandungIsmail Marzuki

 

6. Not Lagu Gambang Suling

Not Lagu Gambang Suling
http://www.seputarmusikal.com

Gambang Suling merupakan lagu asal Jawa Tengah yang mempunyai nada berciri khas. Lagu ini menggambarkan rasa kagum seseorang mengenai keindahan suara yang dihasilkan dari alat musik Suling.

Selain itu, lagu ini mempunyai not angka yang sangat sederhana, sehingga sangat cocok dicoba untuk anak baru belajar memainkan pianika.

LaguPencipta
Gambang SulingKi Narto Sabdo

 

7. Not Lagu Lancang Kuning

Not Lagu Lancang Kuning
http://indoborneonatural.blogspot.com/

Lagu yang berasal dari Provinsi Riau ini menceritakan seorang nahkoda yang berlayar dimalam hari dengan kapal Lancang Kuning. Lagu yang diciptakan Sulaiman Syafi’i ini sangat populer, sehingga menjadi salah satu lagu unggulan daerah asal Riau.

LaguPencipta
Lancang KuningSulaiman Syafi’i

 

8. Not Lagu Gundul Gundul Pacul

Not Lagu Gundul Pacul
http://www.seputarmusikal.com

Gundul Pacul merupakan lagu yang berasal dari Jawa Tengah. Lagu yang berbahasa Jawa itu mempunyai lantunan melodi sangat menarik, sehingga dapat membuat kita tertarik.

Lagu Gundul Pacul mempunyai arti mengenai pemerintah yang tidak menjaga amanat rakyatnya.

LaguPencipta
Gundul PaculR.C Hardjosubroto

 

9. Not Lagu Kicir Kicir

Not Angka Lagu Kicir-Kicir
http://www.seputarmusikal.com

Lagu yang berasal dari Jakarta ini bertujuan untuk menghibur para pendengarnya dengan alunan nada khas betawi. Pada umumnya, lagu ini mempunyai 3 bait yang liriknya berupa pantun.

Bait pertama merupakan sampiran sedangkan yang lainnya ialah pesan dari lagu tersebut. Pesan yang tersirat didalamnya, memberitahukan supaya kita harus terus berusaha karena usaha tidak pernah mengkhianati hasilnya.

Lagu ini juga mempunyai not-not yang sederhana sehingga cukup mudah untuk dimainkan dengan pianika.

LaguPencipta
Kicir-KicirBenyamin Sueb

 

10. Not Lagu Tokecang

Not Lagu Tokecang
www.seputarmusikal.com

Tokecang merupakan sebuah lagu asal jawa barat yang sangat disenangi anak-anak. Alasannya, lagu ini cukup menarik untuk mereka dengar dan dihafalkannya. Malah, tokecang juga termasuk salah satu not angka lagu yang mudah dimainkan.

Lagu yang diciptakan R.C Hardjosubroto ini mempunyai pesan penting didalamnya untuk kita ketahui. Berdasarkan gambarannya, lagu ini mengisahkan seseorang yang rakus terhadap makanan sehingga tidak memperdulikan sekitarnya.

Sedangkan pesan penting yang ada didalamnya mengajarkan kita supaya tidak meniru sifat rakus tersebut. Jadi kita harus saling berbagi dan memperdulikan orang-orang sekitar kita.

Lalu bagi kamu yang ingin memainkan lagi ini maka dapat mencobanya dengan melihat not angka pada gambar diatas. 

LaguPencipta
TokecangR.C Hardjosubroto

 

11. Not Angka Suwe Ora Jamu

Not Lagu Suwe Ora Jamu
http://www.seputarmusikal.com

Lagu yang berasal dari Jawa Tengah ini sangat populer dan mempunyai lirik sederhana. Meskipun liriknya hanya sedikit, namun nada dari lagu ini mampu membuat yang mendengarkannya tertarik.

Suwe Ora Jamu mengandung arti kekecewaan seseorang yang sudah lama tidak bertemu dengan kerabatnya. Namun, sekali ia ketemu si kerabatnya malah membuat kecewa dirinya. 

LaguPencipta
Suwe Ora JamuR.C Hardjosubroto

 

12. Not Angka Lagu Anging Mamiri

Not Lagu Anging Mamiri
http://www.seputarmusikal.com

Lagu ciptaan Borra Daeng Ngirate ini mempunyai nada yang lembut dan lirik cukup sederhana. Lagu yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan ini mengandung arti kekecewaan yang sedang galau akibat ditinggalkan seseorang.

Kemudian ia berharap angin sejuk (angin mamiri) datang dan meresap kepada orang tersebut supaya dapat mengingat dirinya. Selain itu, Not angka dari lagu ini cukup mudah untuk dimainkan dengan pianika.

LaguPencipta
Anging MamiriBora Daeng Ngirate

 

13. Not Angka Lagu Soleram

Not Lagu Soleram
http://www.seputarmusikal.com

Soleram merupakan lagu daerah yang berasal dari provinsi Riau. Menurut beberapa sumber, pencipta dari lagu ini belum diketahui sampai sekarang.

Meskipun demikian, lagu ini begitu populer dan mempunyai nada yang menyenangkan. Pada lagu soleram, juga mengandung arti mengenai persahabatan dan kehormatan seseorang yang harus dijaga.

Sedangkan jika membahas not angkanya, menurut saya itu sangat sederhana dan cocok untuk dimainkan anak-anak yang sedang belajar menggunakan pianika.

LaguPencipta
SoleramNo Name

 

14. Not Angka Lagu Sunda Mojang Priangan

Not Lagu Mojang Priangan
http://www.seputarmusikal.com

Mojang Priangan adalah lagu yang diciptakan oleh Iyar Wiyarsih. Menurutnya, setiap syair dari lagu ini mengisahkan seorang perempuan muda dari priangan yang cantik dan mempunyai kebaikan atau etika suku sunda.

Lagu ini biasanya sering diajarkan pada Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama, jadi cukup penting untuk kamu ketahui.

LaguPencipta
Mojang PrianganIyar Wiyarsih

 

15. Not Lagu Gending Sriwijaya

Not Lagu Gending Sriwijaya
http://www.seputarmusikal.com

Gending Sriwijaya merupakan lagu yang menggambarkan betapa agungnya kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu. Lagu yang diciptakan Ahmad Dahlan ini tercipta karena beliau merasakan kerinduan terhadap sejarah dari kerajaan Sriwijaya.

Gending Sriwijaya juga merupakan salah satu lagu dari daerah Sumatera Selatan yang cukup populer hingga saat ini. Biasanya, lagu ini sering diajarkan sambil bernyanyi maupun dengan memainkan alat musik seperti pianika di Sekolah Dasar.

LaguPencipta
Gending SriwijayaAhmad Dahlan

 

Not Balok dan Not Angka Lagu Pop Untuk Pianika, Piano, Keyboard

Jika berbicara lagu Pop, tentunya kita berfikiran mengenai musik-musik hits yang penggemarnya didominasi oleh kaum muda. Namun tidak jarang sekolah-sekolah yang memberikan tugas kepada muridnya untuk mempelajari not angka dari lagu pop tersebut.

Bagi kamu yang sedang berlatih menggunakan pianika, maka dapat memilih beberapa lagu pop dengan not angka sederhana, seperti:

  • Not Angka Lagu Bunda
  • Not Angka Laskar Pelangi
  • Not Angka Akad
  • Not Angka Saat Terakhir

Dan masih banyak lagi not angka dari lagu pop yang akan dibahas. Langsung saja kita simak yuk pembahasannya:

 

1. Not Angka Lagu Bunda

Not Angka Lagu Bunda
https://www.pinterest.ch/

Lagu ini merupakan ciptaan dari Melly Goeslaw untuk menuangkan bentuk kasih sayangnya terhadap sang bunda. Pada lagu tersebut, ia menceritakan ketika dirinya masih kecil dan mendapatkan kasih sayang bundanya yang sangat besar.

Selain itu, lagu ini mempunyai nada yang melow/sendu, sehingga sangat nyaman untuk dinikmati baik dari nyanyian maupun via alat musik seperti pianika.

LaguPencipta
BundaMelly Goeslaw

 

2. Not Angka Laskar Pelangi

Not Lagu Laskar Pelangi
http://not-lagu.blogspot.com/

Laskar Pelangi merupakan salah satu lagu motivasi yang dipopulerkan oleh band Nidji. Lagu yang diciptakan Giring Nidji ini menggambarkan kesan yang optimis untuk meraih mimpi dan tidak mudah menyerah.

Karena bertujuan untuk memotivasi, maka nada pada lagu tersebut memiliki kesan sangat bersemangat. Namun jangan khawatir, karena not angka dari lagu ini terbilang cukup sederhana untuk diajarkan ke anak-anak.

LaguPencipta
Laskar PelangiGiring Nidji

 

3. Not Lagu Meraih Bintang

Not Lagu Meraih Bintang
http://belajarnotpianika.blogspot.com/

Meraih Bintang adalah lagu yang dipergunakan saat acara Asean Games 2018, guna menciptakan perlombaan yang sportif dan meningkatkan rasa optimis. Lagu ini ini dinyanyikan oleh Via Vallen dan berkat suara merdunya, Meraih Bintang mampu memikat para pendengarnya.

Selain itu, Meraih Bintang saat ini menjadi salah satu lagu populer sehingga cukup banyak siswa yang ingin mempelajari not angkanya.

LaguPencipta
Meraih BintangPay Burman

 

4. Not Angka Asal Kau Bahagia

Not Lagu Asal Kau Bahagia
https://notangkapianikalaguku.blogspot.com/

Asal Kau Bahagia merupakan salah satu lagu dari band Armada yang sangat laris dan disukai para pecinta musik pop di Indonesia. Lagu ini mengisahkan seseorang yang merasa dikhianati oleh kekasihnya, sehingga mempunyai nada yang sangat mellow.

Karena menjadi musik yang populer, tentunya not angka dari lagu tersebut banyak dicari-cari oleh siswa untuk dimainkan dengan pianikanya.

LaguPencipta
Asal Kau BahagiaMai, Radha dan Rizal Armada

 

5. Not Lagu Surat Cinta Untuk Starla

Not Lagu Surat Cinta Untuk Starla
https://notangkapianikalaguku.blogspot.com/

Surat Cinta Untuk Starla adalah lagu yang diciptakan serta dipopulerkan oleh Virgoun (Vokalis Last Child). Menurutnya, lagu tersebut ditujukan untuk menggambarkan rasa kasih sayang yang tulus kepada putrinya yang bernama Starla.

Menurut saya, lagu ini mempunyai not angka yang cukup sederhana untuk dapat kamu pelajari. 

LaguPencipta
Surat Cinta Untuk StarlaVirgoun

 

6. Not Angka Akad

Not Lagu Akad
https://notangka-musik.blogspot.com/

Akad adalah salah satu lagu yang berhasil dipopulerkan oleh band Payung Teduh. Lagu ini mengisahkan seorang laki-laki yang ingin segera menikahi kekasihnya dan menua bersama.

Sedangkan untuk not angkanya cukup sederhana, namun lagu ini mempunyai nada yang cukup cepat.

LaguPencipta
AkadMoh. Istiqamah Djamad

 

7. Not Angka Lagu Anji Dia

Not Lagu Anji Dia
https://notangka-musik.blogspot.com/

Dia adalah salah satu lagu yang dipopulerkan oleh seorang penyanyi solo bernama Anji. Menurutnya, lagu Dia ini dapat ditujukan untuk siapa saja, seperti orang tua, sahabat hingga kekasih. 

Selain itu, not angka dari lagu ini cukup mudah untuk dipelajari karena mempunyai nada yang tidak begitu cepat.

LaguPencipta
DiaFreedy

 

8. Not Lagu Saat Terakhir

Not Lagu Saat Terakhir
https://www.kurawa.info/

Nyari not angka lagu galau?

Saat Terakhir merupakan lagu yang diciptakan oleh Charlie Van Houten ketika masih berada di band lamanya ST12. Lagu ini menggambarkan kesedihan akibat meninggalnya orang yang tersayang dan ia ingin mempersembahkan saat-saat terakhirnya.

Memang pada dasarnya, lagu-lagu yang diciptakan Charlie sangat mempunyai kesan mendalam. Sehingga banyak siswa yang ingin mempelajari not angka dari lagu tersebut.

LaguPencipta
Saat TerakhirCharlie Van Houten

 

9. Not Lagu Janji Suci

Not Lagu Janji Suci
https://liriknot.blogspot.com/

Janji Suci adalah lagu yang dipersembahkan oleh band Yovie & Nuno dan merupakan salah satu lagu populer ditahun 2008 silam. Sesuai dengan namanya, lagu ini menggambarkan seorang pria yang ingin melamar kekasihnya untuk menjalani hubungan ke jenjang lebih serius.

Hingga saat ini, lagu ini masih cukup populer karena makna yang tersirat didalamnya sangat mengesankan. Lalu bagi kamu yang ingin mempelajari lagu ini dengan menggunakan pianika, maka dapat melihat not angka seperti gambar diatas.

LaguPencipta
Janji SuciYovie Widianto

 

Not Angka Lagu Barat

Tidak hanya musik Indonesia, Not Angka Lagu Barat sangat digemari para siswa di tanah air. Terutama lagu-lagu yang sedang populer, seperti:

  • Not Lagu Ed Sheran-Perfect
  • Not Lagu Emelie Hollow-Lily
  • Not Lagu Humood Alkhudr-Kun Anta

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Mau tahu secara lebih lengkap? simak yuk penjelasanya dibawah ini.

1. Not Angka You Raise Me Up

Not Lagu You Raise Me UP
https://brainly.co.id/

You Raise Me Up merupakan lagu yang dipersembahkan oleh band luar negeri bernama Westlife. Lagu ini menggambarkan seseorang yang sedang terpuruk, namun datanglah orang lainnya untuk membuatnya bersemangat lagi dalam menjalani kehidupan.

Mulanya lagu ini diciptakan oleh komposer Duo Secret, namun mereka tidak berhasil membuatnya populer. Kemudian Josh Groban mengambil alih lagu tersebut dan menjadi populer hingga saat ini.

Selain itu, untuk not angkanya menurut saya cukup sederhana dan juga mempunyai nada mellow sehingga cukup mudah untuk dipelajari.

LaguPencipta
You Raise Me UpJosh Gorban

 

2. Not Angka Perfect Ed Sheeran

Not Lagu Perfect ED Sheeran
http://notangka-pianikalaguu.blogspot.com/

Menurut saya sendiri, Not lagu Perfect ini adalah salah satu not pianika lagu pop yang pendek dan mudah dimainkan.

Perfect adalah salah satu lagu yang dipopulerkan oleh penyanyi barat yang bernama Ed Sheeran. Menurutnya, lagu ini mengisahkan tentang percintaan dirinya dengan sang kekasih sampai ke jenjang pernikahan.

Jika kamu ingin memainkan lagu ini dengan pianika, maka dapat melihat not angka seperti gambar diatas.

LaguPencipta
PerfectEdward Christoper Sheeran

 

3. Not Lagu Lily

Not Lagu Lily
https://kukakuku.com/

Lily merupakan salah satu lagu yang diciptakan DJ Alan Walker yang mampu mencuri perhatian. Selain nikmatnya alunan nada yang dinyanyikan Emelie Hollow, ternyata lagu ini mempunyai arti cukup mendalam.

Lagu ini menggambarkan kisah seorang anak kecil yang ingin melihat indahnya dunia luar, karena sehari-harinya ia hanya di Istana. Namun, setelah ia memberanikan diri keluar dari Istana ternyata anak kecil tersebut melihat dunia luar tidak seindah sesuai fikirannya.

Lagu yang sedang populer ini juga mempunyai not angka yang tidak terlalu sulit, sehingga dapat dengan mudah dipelajari.

LaguPencipta
LilyAlan Walker

 

4. Not Angka Lagu Someone Like You

Not Lagu Someone Like You
https://angka-lagu.blogspot.com/

Someone Like You adalah lagu yang diciptakan serta dipopulerkan oleh penyayi asal Inggris, yaitu Adele. Lagu yang menggambarkan penyesalan sehingga ditinggalkan kekasihnya ini mempunyai lirik sangat mendalam bagi pendengarnya.

Menurut saya, not angka dari lagu tersebut cukup sederhana dan mempunyai nada yang tidak begitu sulit.

LaguPencipta
Someone Like YouAdele Laurie Blue Adkins

 

5. Not Angka Lagu Kun Anta

Not Lagu Kun Anta
http://notangkampuh.blogspot.com/

Kun Anta merupakan lagu bahasa arab yang mempunyai arti bahagiannya menjadi diri sendiri. Lagu ciptaan Humood Alkhudher ini juga sempat populer di Indonesia dan sangat disenangi anak-anak.

Selain itu, not angka dari lagu Kun Anta juga terbilang cukup simple, sehingga dapat dengan mudah dipelajari.

LaguPencipta
Kun AntaHumood Alkhudher

Perbedaan Piano dan Pianika

Piano dan Pianika sebenarnya punya cara main yang mirip. Yup, dimainkan dengan diketuk, benar kan?

Bedanya:

Piano

Piano merupakan alat musik yang besar bentuknya. Piano pertama kali ditemukan pada abad pertengahan. Abad 18an juga bahkan sudah ada kok. Sehingga bisa dikatakan, piano merupakan alat musik klasik.

Piano saat ini dibagi menjadi tiga jenis:

  • Grand Piano
  • Upgright Piano

Grand Piano: Piano yang berbentuk besar seperti letter huruf U. Piano ini merupakan standar yang ada di dunia. Biasanya dibuat dari kayu, bisa jati, mahoni, dan lain-lain. Piano sendiri merupakan bentuk standar dari piano, dasar dari semua alat musik yang berbentuk piano.

Harga piano sendiri sangat mahal lho. Coba deh bayangkan, satu grand piano paling murah saja bisa mencapai 30 juta rupiah. Itu pun yang bekas dan kurang bagus lho kualitasnya. Untuk standarnya sendiri setidaknya kita harus keluar uang minimal 60 juta rupiah dan kalau udah agak ‘bagusan’ ya minimal 120 juta rupiah.

Upright Piano: Merupakan jenis piano yang berdiri bentuknya, namun memiliki cara kerja yang kurang lebih mirip seperti grand piano. Suara yang dihasilkan memang kurang menggema ketimbang grand piano, namun, upright piano masih jadi pilihan tersendiri bagi mereka yang memiliki budget lebih sedikit untuk membeli grand piano.

Walau begitu, tentu saja harga upright piano masih mahal juga. Well, paling murah ya 10 juta. Itu juga kualitasnya kurang bagus. Ya setidaknya kita harus keluar uang sebesar 25 juta untuk mendapatkan 1 piano jenis upright standar.

Nah, di luar dua piano tersebut, sekarang ada juga pengembangan piano lain. Yakni piano elektronik, atau biasa disebut piano digital. Piano digital ini kurang lebih sama seperti piano biasa, hanya saja cara kerjanya jauh berbeda.

Piano digital memakai sumber listrik untuk mengeluarkan suaranya. Walau begitu, suara yang dihasilkan sangat mendekati piano aslinya. Makanya piano digital juga menjadi favorit bagi mereka yang masih belum mampu membeli upright piano, apalagi grand piano.

Terus gimana dengan pianika?

Pianika sendiri merupakan alat musik kecil yang cara kerjanya ditiup agar suaranya bisa keluar. Pianika adalah pengembangan, atau lebih tepatnya hasil kreativitas dari para penggemar musik. Lebih tepatnya mereka yang penggemar musik piano.

Not Angka lagu di atas bisa kamu mainkan di pianika dan piano jenis apa saja. Upright piano, grand piano dan lain-lain.

Akhir Kata

Nah bagaimana? sangat banyak ya not angka lagu yang dapat kamu pelajari. Mulai dari lagu nasional, daerah, pop hingga barat.

Sekiranya cukup sekian pembahasan mengenai not angka lagu. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu ketika sedang bingung saat menentukan pilihan lagu yang not angkanya ingin dipelajari dengan pianika.

Terimakasih banyak.

Afriansyah Seorang penggemar elektronika dan hal-hal berbau teknologi

Kunci Piano

Syafiq
7 min read

Urutan Senar Gitar

Afriansyah
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *