Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Pengertian Microsoft PowerPoint

Pengertian Microsoft PowerPoint

Pengertian Microsoft PowerPoint – Tentu saja Microsoft PowerPoint sudah tidak terdengar asing lagi. Karena kita sendiri sendiri cukup sering menggunakannya untuk membuat file-file presentasi.

Secara ringkas, Microsoft PowerPoint merupakan sebuah program yang berfungsi untuk membuat materi presentasi secara professional. Program ini dikembangkan oleh Microsoft dan sampai sekarang pun masih banyak pembaruan-pembaruannya.

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Namun sudahkah kamu tahu dengan pengertian dan manfaatnya apa saja?

Pengertian Microsoft PowerPoint

PowerPoint versi 2016
visiontrainingsystems.com

Kita bahas satu-satu:

Microsoft Corporation ialah sebuah perusahaan yang mengembangkan sebuah perangkat lunak untuk membantu para penggunanya dalam mengelola dan menyempurnakan dokumen mereka.

Salah satu yang paling dikenal adalah Microsoft Office, yang di dalamnya terdapat berbagai jenis aplikasi tambahan seperti:

  • Microsoft Word untuk membuat dokumen berbasis teks (mengetik).
  • Microsoft Excel untuk membantu pengguna membuat dokumen berupa angka dan statistik-statistik
  • Microsoft PowerPoint untuk membantu pengguna membuat sebuah file dokumen presentasi yang menarik.

Pengertian PowerPoint:

Microsoft PowerPoint adalah sebuah perangkat lunak yang membatu pengguna untuk membuat file presentasi dalam bentuk slide.

Dengan bantuan software ini, pengguna dapat membuat file presentasi secara professional, agar file atau dokumen yang ingin dibahas pengguna menjadi lebih mudah dipahami oleh si audience.

Perangkat lunak ini menjadi primadona bagi berbagai kalangan, seperti para pelajar, pekerja kantor, pembisnis, serta pekerja di bidang pendidikan atau dalam pengajaran dan trainer. Alasannya menjadi primadona ialah karena mempunyai tampilan yang mudah dipahami penggunanya (user-friendly) dan lengkapnya fitur-fitur pendukung untuk membuat file presentasi semenarik mungkin.

Suksesnya Microsoft PowerPoint ialah berkat para pengembangnya, Dennis Austin dan Bob Gaskins yang pertama kali membuat software ini untuk membantu pengguna mempermudah penyajian materinya yang akan di presentasikan ke audience.

Microsoft Power Point ini pun menjadi perangkat lunak dari Microsoft Office yang paling banyak digunakan oleh para pengguna selain Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Sejarah dari Microsoft PowerPoint

Sejarah Microsoft PowerPoint
pixabay.com

Pengembang pertama dari PowerPoint adalah Dennis Austin dan Bob Gaskins. Saat itu PowerPoint digunakan sebagai presenter di perusahaan Forethought.Inc. PowerPoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan menggunakan komputer Macintosh.

Mulanya PowerPoint hanya berwarna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks serta grafik untuk di transparasi Over Head Projector atau yang biasa kita sebut OHP.

Pada tanggal 31 juli 1987, perusahaan Forethought.Inc berhasil di akuisisi oleh Microsoft Corporation dengan PowerPoint dengan harga 14 juta Dollar dan mengganti nama nya dari PowerPoint menjadi Microsoft PowerPoint.

Dan semenjak tahun 1990 ini akhirnya Microsoft PowerPoint menjadi satu paket perangkat lunak pendukung perkantoran dan tidak terpisahkan dari Microsoft Office.

Microsoft PowerPoint terus berkembang sampai saat ini, hingga mengalami perubahan drastis dari awal dia dirilis. Versi 2019 adalah versi terbaru dari Microsoft PowerPoint, dengan penambahan fitur terbaru seperti menyisipkan gambar 3D, zoom antar slide, dapat menyisipkan dan mengedit gambar grafis vector (SVG), dan lain-lain.

Fungsi dari Microsoft PowerPoint

Fungsi Microsoft PowerPoint
nutsandboltsspeedtraining.com

Mungkin kita tahu kalau fungsi utama dari Microsoft PowerPoint adalah untuk membuat sebuah dokumen materi presentasi. Di Microsoft PowerPoint juga begitu, kamu bisa mengetahui beberapa fungsinya sebagai berikut:

Memudahkan pengguna: Untuk membuat atau menyajikan materi menarik yang akan disampaikan ke audiencenya.

Memudahkan audience: Untuk memahami isi dari materi yang disampaikan, karena ia akan hanya melihat point-point dan kesimpulan dari materi yang dibuat oleh si pengguna.

Menciptakan penyajian materi presentasi yang berkesan di dalamnya: Seperti adanya animasi, gambar dll. Karena kalau penyajian materi yang monoton biasanya akan membuat audience menjadi bosan dan tidak fokus memperhatikannya.

Bisa digunakan untuk membuat logo, animasi dan gambar.: Karena pada Microsoft PowerPoint tersedia beberapa Shape pendukung, Animasi Transition dan Animation Pane untuk membuat logo, animasi dan gambar yang tak kalah menarik dari perangkat lunak lainnya.

Mempermudah pembuatan materi presentasi: Meski kita masih awam atau kurang mengerti membuat file presentasi agar terlihat profesional pada Microsoft PowerPoint jangan terlalu dipusingkan, karena adanya berbagai macam Template bawaan dari perangkat lunak tersebut yang sangat menarik dan bisa juga mendownload beberapa template Microsoft PowerPoint dari website penyedia template tersebut.

Membuat salinan file Microsoft PowerPoint berupa softcopy: Tidak seperti sebelum adanya perangkat lunak ini yang menggunakan kertas transparan dan OHP, hal ini tentunya membuat kita menjadi kurang efisien dan akan khawatir jika ada kertas transparan yang terselip atau hilang jadi kita tidak bisa presentasi semaksimal mungkin.

Manfaat Microsoft PowerPoint

Kelebihan PowerPoint
pixabay.com

Di dalam sebuah perangkat lunak, pasti terdapat manfaat masing-masing. Termasuk pada Microsoft PowerPoint juga. Berikut manfaat yang bisa kamu dapat:

Manfaat PowerPoint:

  • Mudah digunakan bahkan dengan orang awam sekalipun
  • Tersedia berbagai macam desain template yang menarik
  • Dapat disimpan dalam berbagai macam format data seperti PPT, GIF, PNG, PDF, dll
  • Dapat digunakan untuk mengedit foto secara langsung seperti menghapus background foto, merubah warna foto dll
  • Adanya fitur animasi yang menarik seperti Transition, Custom Animation dan Animation Pane
  • Tersedianya fitur untuk memasukkan konten atau link dari aplikasi berbeda yang mendukung Object Linking and Embedding atau biasa kita sebut OLE
  • Mempunyai fitur penyimpanan awan atau Cloud Service pada Microsoft PowerPoint menggunakan One Cloud Service sebagai penyimpanan awan sebelum menyimpannya di local storage
  • Fitur Authoring yang sangat baik, berfungsi sebagai fitur yang memproteksi dokumen seperti membuat password enkripsi file agar tidak dapat diakses atau digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab
  • Dilengkapi berbagai macam tools seperti image import, animation import, video import dll

Dan masih banyak lagi tentunya. Jelasnya, manfaat-manfaat yang tidak dijelaskan hanya bisa diketahui oleh orang-orang yang sudah lama memakai PowerPoint.

Fitur-Fitur Dasar di Microsoft PowerPoint

Tool PowerPoint
lidehunter.com

Ada banyak menu yang tersedia di Microsoft PowerPoint. Beberapa diantaranya adalah berikut:

Office Button: Terletak di bagian kiri atas PowerPoint.

  • New: Untuk membuat file presentasi baru
  • Open: Untuk membuka file presentasi yang sudah ada
  • Save: Untuk file file presentasi
  • Save As: Untuk menyimpan file presentasi dengan format baru
  • Print: Untuk mencetak file yang sudah dibuat sebelumnya
  • Send: Untuk mengirimkan file presentasi (melalui email dan lain-lain)
  • Publish: Untuk menerbitkan dokumen
  • Close: Untuk keluar dari program PowerPoint

Quick Access Toolbar: Terletak di bagian kanan Office Button.

  • Save: Simpan file presentasi
  • Undo: Mengembalikan kondisi file PowerPoint ke waktu tertentu
  • Rudo: Kebalikan dari undo.
  • Repeat Typing: Untuk menggandakan.

Title Bar: Bagian atas program dokumen PowerPoint.

  • Berfungsi untuk menampilkan judul PowerPoint.
  • Close / Minimize: Untuk menutup (permanen atau sementara) PowerPoint. Terletak di tooolbar.

Tab Menu: Di tab ini ada cukup banyak pilihannya, dan mungkin agak ribet juga kalau dijelaskan satu-satu secara detail. Intinya terdapat opsi:

  • Home
  • Insert
  • Design
  • Animations
  • Slide Show
  • Review
  • View

Akhir Kata

Begitulah ulasan tentang pengertian PowerPoint. Bagi seorang yang sering bekerja berhubungan dengan komputer. tentu saja setidaknya pemahaman soal Powerpoint ini wajib dipahami.

Di luar pembahasan di atas, sudah kamu tahu tips-trik yang terdapat di PowerPoint? Misalnya seperti cara mengganti background PowerPoint. kamu bisa mempercantik materi presentasi kamu.

Kamu punya pertanyaan seputar PowerPoint? Silakan kirimkan di kolom komentar yang ada di bawah ya. Semoga bermanfaat.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *