Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Office Word

Pengertian Microsoft Word – Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi mengetik (word processing program) yang dirilis Microsoft pada tahun 1983.

Dari dulu sampai sekarang, Word telah menjadi andalan bagi semua orang untuk pembuatan dokumen. Pengetikan, pengaturan kertas hingga untuk pencetakannya.

Nah.. walau sepopuler itu, ternyata masih ada orang-orang yang belum mengetahui lebih dalam mengenai pengertian dari aplikasi Microsoft Word. Termasuk fungsi, manfaat dan sejarahnya.

Tertarik? Lanjut baca..

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word Adalah
advernesia.com

Microsoft Word, merupakan sebuah aplikasi pengolah data. Bisa berupa huruf, angka, atau simbol-simbol lain yang ditujukan untuk keperluan pekerjaan, bisnis, pembuatan dokumen atau laporan, skripsi, makalah atau hal-hal lainnya yang masih punya kaitan dengan kegiatan tulis menulis.

Sebagai aplikasi pengolah kata, banyak fitur dan fungsi yang ditawarkan dari Microsoft Word. Pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan bisa lebih maksimal.

Program Word awalnya dikenalkan sekitar tahun 1983 yang pada masa perkenalan tersebut dinamakan Multi Word Tool. Digunakan untuk Xenix sebelum akhirnya dikembangkan untuk bisa berjalan di sistem operasi lain.

Pada perkembangannya hingga sekarang, Word mengalami beberapa perubahan nama. Walaupun begitu, hingga sekarang nama Word masih terus melekat padanya dan masih terus menjadi dari bagian Microsoft Office.

Sejarah Microsoft Word

Sejarah Office Word
pixabay.com

Sejarah Microsoft Word sejak tahun 1983 hingga saat ini memiliki banyak sekali perubahan. Mulai dibuat secara sederhana dengan interface yang itu-itu aja, sampai menjadi keren seperti sekarang.

Akan lebih nyaman jika dibaca dalam bentuk tabel:

Tahun 1983 Microsoft merilis sebuah program bernama Multi-Tool Word. Ditujukan untuk Xenix dan MS-DOS. Setelah itu namanya berganti menjadi Microsoft Word.
Tahun 1986 Diluncurkan Word untuk Atari ST. Namanya ketika itu Microsoft Write.
Tahun 1987 Microsoft merilis Microsoft Word versi kedua, khusus untuk sistem operasi Mac OS. Diberi nama Word 3.0 ditujukan untuk menyinkronkan nomor versi dengan Microsoft Word versi DOS. Pada versi 3.0 ini muncul banyak fitur, namun sayangnya cukup banyak bug, sebelum Microsoft merilis update versi 3.01.
Tahun 1989 Versi awal ketika Word diluncurkan untuk OS Windows. Setelah itu dilanjut lagi dengan Windows 3.0 di thaun berikutnya. Ketika masa ini, Microsoft mulai menjadi pemimpin pasar terbesar untuk aplikasi pengolah kata (word processor). Terutama untuk perangkat komputer dan IBM.
Tahun 1991 Dirilis versi Word 5.5. Versi ini ditujukan untuk mengganti tampilan (interface) menjadi mirip seperti Windows. Word 5.5 ini ditujukan untuk MS DOS.
Tahun 1992 Word versi 5.1 khusus digunakan untuk Mac OS. Versi ini menjadi sangat populer saat itu dikarenakan kinerjanya yang bagus, mudah dipakai dan banyak fitur-fitur tersedia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa versi tersebut ada yang terbaik dari semua versi Word..
Tahun 1993 Di tahun 1993, Microsoft Word merilis versi terakhir Word untuk sistem DOS. Di sini Microsoft membuat sinkronisasi penamaan produknya di DOS, Mac OS dan Windows.

Versi-versi Microsoft Word

Tahun-tahun sebelumnya merupakan pengembangan awal Microsoft Word. Nah, dari tahun 1995 sampai sekarang, terdapat juga perubahan-perubahan besar di beberapa versinya. Yakni perubahan nama:

Word 95 Di masanya, semua program office diberi versi 7.0 kecuali Word 95. Versi ini dirancang untuk 32 bit dan kompatibel dengan Windows 95. Tersedia juga dalam dua versi, standard dan professional.
Word 97 Versi ini dikembangkan dengan banyak fitur dan fungsi yang lebih banyak dari versi sebelumnya. Misalnya dikenalkan fitur command bar, natural language system dan lain-lain. Terdapat juga versi pertama dari Office Assistant.
Word 2000 Dari segi fungsi masih sama, hanya saja ada beberapa fitur yang disembunyikan pada versi ini, dikarenakan kurang cocok dipakai untuk orang awam. Seperti Macro misalnya.
Word XP Versi ini diluncurkan secara bersamaan dengan Windows XP. Terdapat upgrade cukup banyak, terutama perubahan dari versi sebelumnya. Office XP mengenalkan fitur Safe Mode, fitur yang memungkinkan hasil ketik masih tersimpan kalau terjadi corrupt.
Word 2003 Seperti namanya, versi Word ini diluncurkan pada tahun 2003. Ciri khasnya terdapat desain logo baru dan terdapat fitur untuk filtering email-email spam yang masuk.
Word 2007 Didesain dengan antarmuka grafis baru yang dikenal dengan Fluent User Interface berwarna baru, untuk mengganti menu, toolbar. Terdapat juga penambahan format file dengan basis XML.
Word 2010 Tersedia di pasar pada tanggal 15 Juni 2010. Fitur utama dari Word 2010 terdapat panel-panel baru dan desain yang sedikit dimodifikasi untuk menyesuaikan tren saat itu.
Word 2013  Microsoft Office 2013. Di versi ini desain antarmuka dibuat lembut dan keren.Terdapat beberapa penyesuaian, misalnya dari segi kebutuhan spesifikasi.
Word 2016 Salah satu versi Word yang paling banyak dipakai di masa kini. Tampilannya merupakan pengembangan dari versi-versi sebelumnya, dengan cukup banyak fitur-fitur baru.

Fungsi Microsoft Word

Fungsi Office Word
unsplash.com

Apa saja fungsi yang terdapat di Microsoft Word? Kalau dijabarkan satu-satu pastinya sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah berikut:

1. Membuat Dokumen

Dokumen seperti apa yang ingin dibuat? Dengan Microsoft Word kita bisa menggunakannya untuk pembuatan dokumen secara universal. Makalah, skripsi, jurnal, artikel dan lain-lain.

Mengapa bisa demikian? Ini tidak lepas dari banyaknya fitur-fitur yang disediakan oleh Microsoft Word. Seperti yang diketahui, Word sudah ada lebih dari 30 tahun lalu dan perkembangannya selalu menyesuaikan zaman.

2. Mengedit Dokumen

Selain membuat dokumen, kita juga bisa mengedit dokumen yang sudah ada sebelumnya. Pengeditan juga bisa dilakukan dari banyak format. Mulai dari format teks khusus (txt) hingga format yang berhubungan dengan web (xml).

Selain dokumen, tidak jarang juga ada pengguna yang dapat mengedit gambar pada dokumen.

3. Memformat Dokumen

Maksud format ini bisa dalam berbagai hal. Intinya, di Word pengguna dimungkinkan utnuk membuat dokumen menjadi jauh lebih profesional dengan banyaknya format yang bisa dipilih. Misalnya mengatur ukuran kertas B5, A0, A1 dan lain-lain. Mengubah jenis huruf (font), membuat catatan kaki (footnote), membuat penomoran (numbering) dan lain-lain.

Diluar itu, pengguna juga dapat mengubah suatu format dokumen. Misalnya dari .txt menjadi .xml dan lain-lain yang masih sehubungan dengan file tulisan.

4. Mencetak Dokumen

Mencetak dokumen, pasti dibayangkan menggunakan printer. Namun untuk mencetak dokumen dibutuhkan aplikasi tertentu, nah di sinilah Microsoft Word berperan.

Dengan Word kita bisa mengatur setting printing sesuai kebutuhan. Termasuk juga dengan format yang ingin dipilih.

Fitur Umum Microsoft Word

Fungsi dan fitur MS Word
futura-sciences.com

Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang populer. Tentunya Word punya beberapa fitur umum yang sudah menjadi suatu standar tersendiri. Diantaranya:

  • WYSIWYG: Merupakan fitur yang paling standar sejak awal dirilis tahun 1981. Maksud dari slogan WYSIWYG adalah What You See is What You Get. Maksud pesan ini untuk meyakinkan pengguna, kalau yang mereka lihat di monitor adalah hasil persis cetakan dokumen yang sudah diketik.
  • Spell Check: Typo merupakan masalah umum kebanyakan pengguna komputer saat ini. Typo atau typographical error adalah kesalahan mengetik teks tertentu. Dari segi tata bahasa hingga grammar. Dengan fitur spell check ini Word dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan tersebut. Keren kan?
  • Fitur Setting Halaman: Yaitu pembuatan penomoran, pengaturan paragraf, indent dan lain-lain.
  • Tambahan aplikasi: Ada beberapa fitur tambahan yang dirilis secara terpisah oleh Microsoft. Namun fitur tersebut bisa ditambahkan dengan menginstall add-on. Contohnya seperti PDF-Reader, Grammarly dan lain-lain.

Format File yang Dipakai Dokumen Microsoft Word

Sebenarnya untuk ekstensi dokumen yang dapat dibuat Word bisa bervariasi. Baik itu karena versi aplikasinya maupun kebutuhan usernya. Namun secara standar ada dua:

  • Microsoft Word 2007 dan versi di bawahnya menghasilkan file .doc
  • Microsoft Word 2010 dan di atasnya menghasilkan file .docx

Maksud format atau ekstensi, merupakan kata tambahan yang ada pada bagian belakang nama file, dan dipisahkan dengan tanda titik. Contohnya dokumen.docx adalah dokumen yang dibuat dari Microsoft Word 2010 dan versi-versi seterusnya.

Manfaat Word

Manfaat Office Word
howto.co.ke

Apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan di Microsoft Word? Dalam kehidupan sehari-hari, terutama didunia pekerjaan, ada sebagian yang bisa dijabarkan:

  • Membuat dokumen tertentu, dan dapat dicetak. Contohnya laporan kerja, surat, makalah dan lain-lain.
  • Membuat suatu buku dengan berbagai gaya format.
  • Membuat sebuah dokumen yang terlihat lebih profesional dengan karakteristik tulisan yang beragam. Warna, font dan lain-lain.
  • Membuat surat lebih cepat, bisa mengatur layout suratnya juga.
  • Terdapat fitur references yang dapat membantu seseorang membuat dokumen dengan penulisan gaya ilmiah.
  • Terdapat berbagai template yang bisa dipilih untuk membantu mempercepat pembuatan dokumen.
  • Membantu mengedit dokumen yang sudah dibuat sebelumnya. Dapat dibuka kapan saja jika diperlukan.
  • Jika terkoneksi dengan internet dan Microsoft SkyDrive, kita bisa menyimpan dokumen secara online tanpa takut hilang.

Ada lagi yang lain?

Cara Menggunakan Word

Cara Menggunakan Microsoft Word
pixabay.com

Bagaimana cara menggunakan Microsoft Word? Kalau sudah membaca pembahasan sebelumnya, sebenarnya kita dapat menyimpulkan bahwa Word memiliki banyak sekali fitur. Mengingat versi awal rilisnya sudah ada sejak 30 tahun lalu.

Jadi kalau ada yang bertanya mengenai “bagaimana cara menggunakan Word?,” Itu salah.

Yang benar adalah ia harus mempelajari terlebih dahulu Wordnya. Dari tampilan dasar yang ada, kemudian barulah fitur-fitur yang ada. Dengan begitu pembuatan dokumen bisa dilakukan.

Di internet juga banyak referensi belajar Microsoft Word yang bisa dipakai. Misalnya di Wikihow, atau situs-situs lainnya. Bisa coba searching.

Akhir Kata

Begitulah pembahasan mengenai pengertian Microsoft Word. Dari data yang diambil dari suatu situs terpercaya, jumlah pengguna Microsoft Word telah mencapai angka 120 juta, dan 120 miliar untuk versi retailnya. Namun dari banyaknya pengguna-pengguna tersebut, tidak semua tahu mengenai pengertian Microsoft Word ini.

Menurut kamu sendiri bagaimana? Selain pengertiannya, di sini kita juga bisa mengetahui sejarahnya. Di sisi lainnya kita dapat memahami beberapa perkembangan teknologi sebelum sampai sekarang.

Menarik kan?

Template Jadwal Pelajaran

Syafiq
3 min read

Kalender 2020

Syafiq
5 min read

Template Sertifikat

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *