Ukuran Kecepatan Internet

Ukuran Kecepatan Akses Internet

Ukuran Kecepatan Akses Internet – Tidak pernah habis rasanya kalau membicarakan soal kecepatan internet. Mengingat kebutuhan orang yang berbeda-beda, ada yang untuk browsingstreaming sampai untuk mendownload.

Perkembangan kecepatan internet juga nyaris sesuai dengan jaman. Kalau dulu orang cenderung memakai internet hanya 2-3GB satu bulannya, sekarang bisa lebih jauh.

Bahkan hingga 20GB keatas satu bulannya.

Jenis Kecepatan Internet

Apa Saja Jenis Kecepatan Internet
pixabay.com

Sebelumnya perlu diketahui, ada dua jenis kecepatan internet, didasari dengan penggunaannya. Yaitu:

Dowstream merupakan istilah jenis kecepatan internet yang digunakan untuk kebutuhan umum. Misalnya browsingstreaming dan sejenisnya. Singkatnya, downstream ini merupakan internet yang dipakai untuk menyimpan data ke browser maupun komputer.

Upstream merupakan jenis kecepatan internet yang dipakai untuk menyebut aktivitas mengunggah data. Misalnya kamu mengupload foto di Facebook, Instagram, atau mungkin video Youtube. Saat proses upload, internet akan merespon dan memberikan kecepatan akses. Inilah yang dimaksud upstream.

Kecepatan upstream dan downstream sendiri bisa berbeda-beda tergantung dari provider yang dipakai. Umumnya kecepatan downstream lebih tinggi, namun dalam beberapa kondisi bisa saja berkebalikan, atau justru malah sama.

Jenis dan Ukuran Kecepatan Akses Internet

jenis kecepatan akses internet
pixabay.com

Kecepatan internet dipengaruhi dari banyak hal (nanti akan dijelaskan lengkapnya), dan salah satunya adalah jenis perangkat yang dipakai.

Misalnya, kamu memakai HP sebagai hotspot, menggunakan switch untuk internet LAN, maka tentu hasilnya akan berbeda.

Berikut jenis perangkat dan (maksimal) ukuran kecepatan internetnya.

LAN

Kecepatan LAN
pexels.com

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network (Jaringan Area Lokal). Maksudnya apa? Maksudnya adalah jaringan yang dibangun untuk menghubungkan dua atau banyak komputer dan memberikannya akses internet di suatu tempat atau lokasi.

LAN sudah lama ada sejak dulu, bahkan sampai saat ini masih sering dipakai. Alasannya karena koneksi dari kabel yang digunakan jarang sekali mengalami error, dan kecepatannya cenderung stabil

Kecepatan LAN sendiri berkisar 10-100Mbps. Tapi kembali lagi, tergantung dari konfigurasi kabel yang digunakan, karena beberapa bisa mencapai 1000Mbps.

Internet Dial Up

Penjelasan kecepatan internet modem dial up
pixabay.com

Sedikit mengenal tentang Dial Up. Dial Up merupakan jenis koneksi yang sudah lama ada, bahkan sebelum nama-nama website besar seperti Youtube, Instagram dan lain-lainnya populer seperti sekarang.

Dial Up memiliki cara kerja dengan membuat modem melakukan panggilan telepon ke provider yang berperan sebagai penyedia jasa internet. Proses ini disebut sebagai Dial Up.

Setelah prosesnya berhasil, komputer kemudian akan bisa mengakses internet, sebelum kemudian mengakhiri koneksi dengan pemutusan akses telepon.

Singkatnya, Dial Up bisa dibilang adalah sebuah software atau internet protokol yang berfungsi utnuk menghubungkan komputer ke ISP (Internet Service Provider).

Untuk rata-rata kecepatan Dial Up sekitar 56Kbps.

Internet ADSL

Modem ADSL adalah
lifewire.com

Sama halnya seperti Dial Up, ADSL juga bisa dikatakan sudah lama ada, karena koneksi ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1989 oleh perusahaan Bell Core, yang pada perkembangannya sempat dilakukan ujicoba di beberapa negara besar.

Di masanya, ADSL termasuk jenis koneksi yang memiliki kemampuan tingi. Karena pengiriman data transfer yang dilakukan kecepatannya bisa menyentuh angka downstream 1.5 Mbps sampai dengan 8Mbps.

Melalui ADSL juga provider bisa melakukan pengiriman layanan interaktif. dikarenakan komunikasi datanya yang sudah mendukung.

Internet EDGE

Apa itu Sinyal EDGE
unsplash.com

EDGE singkatan dari Enhanced Data rates for GSM Evolution, merupakan jenis jaringan hasil perkembangan dari 2G.

EDGE sudah dikembangkan sejak tahun 1978, dengan tujuan untuk membuat revolusi baru dari teknologi jaringan mobile. Jenis jaringan ini memungkinkan pengguna bisa mengirimkan data dengan kecepatan yang relatif cepat pada masanya, yakni berkisar 115kbps.

EDGE juga masih banyak diterapkan secara built-in di gadget-gadget  Walau memang tidak dalam kondisi default, tapi pengguna dapat mengaturnya secara manual.

Internet HSPA

Pengertian jaringan HSPA dan kecepatannya
unsplash.com

HSPA merupakan jenis jaringan lama yang sampai saat ini masih sering dipakai, dikarenakan kapabilitasnya yang tinggi, serta kekuatan sinyalnya yang stabil.

HSPA sendiri merupakan singkatan dari High Speed Packet Access. Awalnya dikenalkan pada tahun 2008 serta mulai tersebar di seluruh dunia pada tahun 2010. HSPA merupakan salah satu evolusi awal dari zaman internet cepat, karena secara teori speed yang didapat bisa mencapai 337 Mbps downstream dan 34 Mbps upstream.

Untuk di lapangannya admin Sinaupedia juga pernah merasakannya. Mendapatkan akses kecepatan internet hingga 35Mbps untuk downstream dan 10Mbps upstream.

Internet 4G

Berapa kecepatan sinyal 4G
pixabay.com

Jenis jaringan mobile yang lebih cepat lagi dari HSPA. Mungkin kamu sendiri sudah kenal, atau bahkan sudah familiar dengan 4G.

4G sebenarnya merupakan sebuah singkatan dari istilah bahasa Inggris, yakni fourth-generation-technology. Istilah ini mengacu pada jenis jaringan generasi keempat dari teknologi mobile. 4G merupakan pengembangan, evolusi dari teknologi sebelumnya (3G dan 2G).

4G memiliki jalur akses yang lebih besar, serta diklaim pancaran sinyal yang didapat lebih kuat meski dalam kondisi tempat lebih tertutup. Tidak heran kalau teknologi jaringan ini sudah banyak diterapkan di gadget, laptop, maupun modem.

Kalau berbicara soal kecepatan, secara teori 4G bisa mencapai kecepatan hingga diatas 100Mbps. Admin Sinaupedia pun pernah mendapatkan kecepatan yang mendekati, yakni 80Mbps untuk downstreamUpstream sekitar 25Mbps.

Internet WIFI

Kecepatan internet WIFI
pixabay.com

WIFI juga tidak kalah populernya dengan 4G, kalau memang sedang membicarakan penggunaan. Bedanya, jaringan 4G lebih diperuntukkan untuk kebutuhan dengan mobilitas, sedangkan WIFI lebih diperuntukkan untuk kebutuhan akses internet di tempat tertentu.

Apa itu WIFI? WIFI merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, yakni sebuah jaringan yang bisa memancarkan akses internet di suatu tempat dengan titik jangkauan luas, kemudian menjadi pusat untuk menghubungkan banyak perangkat-perangkat sekaligus.

WIFI sendiri sama seperti jenis jaringan lain, sebenarnya sudah lama ada. Namun baru mulai populer ketika kebutuhan internet di Indonesia semakin meninggi, mengingat WIFI punya kecepatan yang sangat stabil dan bagus.

Berapa kecepatannya? Paling sedikit (biasanya) sekitar 10Mbps, dan bisa mencapai ratusan Mbps.

Internet Kabel

Ukuran Kecepatan Internet Kabel Router
pixabay.com

Internet kabel ini sebenarnya hanya istilah atau penyebutan saja, karena masih banyak perdebatan tentang relevansinya.

Oke, lanjut..

Buat kamu yang belum tahu, internet kabel yang dimaksud adalah suatu layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan penyedia layanan internet (biasanya masih berkaitan dengan siaran TV).

Internet kabel ini memakai jenis kabel coaxial maupun fiber optic. Jadi konfigurasinya kurang lebih mirip dengan LAN, hanya saja ujungnya kebanyakan dihubungkan ke router terlebih dahulu.

Kecepatan yang bisa didapat dari internet kabel ini setidaknya bisa mencapai 10Mbps bahkan beberapa Gbps.

Perbedaan Kbps, Mbps, dan Gbps

Perbedaan Satuan Internet
pixabay.com

Kamu mungkin sudah membaca sekian kali sebutan Kbps, Mbps, dan Gbps. Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud?

Buat yang belum tahu, ketiga istilah tersebut mengacu pada kecepatan internet yang didapatkan ketika proses downstream maupun upstream sedang berjalan.

Contoh mudahnya, kamu bisa coba tes download, atau lebih simpel lagi bisa coba tes kecepatan internet, misalnya lewat speedtest.net.

Bedanya seperti berikut:

1000 Bps 1 Kbps
1000 Kbps 1 Mbps
1000 Mbps 1 Gbps

Semakin besar nilainya, akan semakin tinggi juga hasil kecepatannya. Satuannya sendiri kamu tinggal kalikan saja, untuk mengubah Kbps ke Mbps, Mbps ke Gbps, dan seterusnya.

Kamu nggak usah pusingin masalah perbedaan MBps dan Mbps. Sekarang kebanyakan provider sudah memakai standar Mbps saja kok.

Faktor-faktor Pengaruh Kecepatan Akses Internet

Faktor yang membuat kecepatan internet berpengaruh
unsplash.com

Apa saja sih faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran kecepatan akses internet? Selain provider tentunya, berikut beberapa yang dapat berpengaruh:

1. Spesifikasi Komputer yang Dipakai

Komputer memiliki spesifikasinya masing-masing, karena memang terdiri dari banyak komponen. Misalnya seperti Prosesor, Harddisk, RAM, Graphic Card dan lain-lain.

Semakin tinggi spesifikasi komputer, respon yang diberikan baik komponen maupun sistem akan semakin bagus juga. Ini otomatis akan berpengaruh terhadap akses kecepatan internet.

2. Jenis Modem yang Dipakai

Jenis modem seperti apa yang dipakai? Ini bisa berpengaruh terhadap kecepatan akses internet. Misalnya dari segi maksimal speed hingga kualitas keseluruhannya.

Standarnya sama seperti spesifikasi komputer. Semakin bagus modem, tentu akan membuat akses kecepatan internet yang didapat akan menjadi lebih bagus juga.

3. Jenis Jaringan yang Dipakai

Coba kamu baca ulang kembali, ada banyak jenis-jenis modem yang bisa ditemui saat ini. Dan di sana kamu pasti bisa menyimpulkan juga, bahwa setiapnya memiliki kecepatan yang berbeda-beda.

Misalnya 4G. Kecepatan maksimal 4G bisa mencapai ratusan Mbps. Yang artinya kamu bisa saja mendapatkan kecepatan sampai disana maupun dibawahnya.

4. Kekuatan Sinyal

Kestabilan dan kekuatan sinyal akan berpengaruh terhadap bagusnya kecepatan akses internet. Ini adalah pengalaman pribadi Admin Sinaupedia dan banyak orang pengguna komputer lama.

Pengaruhnya berapa persen sih? Jawabannya besar. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa mencapai 60 – 70 persen.

5. Besarnya Bandwith

Bandwith merupakan sebuah batasan yang ditetapkan provider untuk penggunanya. Misalnya maksimal kecepatan internet 50Mbps, maka segitu saja hasilnya, tidak akan bisa lebih.

Semakin tinggi bandwith tentu akan semakin bagus, dan ini akan berpengaruh, dengan catatan faktor-faktor lainnya juga mendukung.

6. Jumlah Pengguna yang Mengakses Suatu Server

Bukan hanya dari segi internal, hal yang mempengaruhi cepatnya akses internet bisa dari jumlah pengguna yang sedang mengakses suatu server dalam satu waktu bersamaan.

Misalnya Sinaupedia kamu kunjungi sendirian. Kamu akan mendapati kalau Sinaupedia bisa dibuka dengan cepat.

Tapi lain cerita kalau kamu buka Sinaupedia bersama dengan 1000 orang secara bersamaan. Otomatis situs akan mengalami lambat loadingdown, ping tinggi, bahkan tidak bisa dibuka.

Akhir Kata

Ukuran kecepatan akses internet ternyata ada banyak. Karena hampir setiap beberapa tahun sekali, selalu dirilis teknologi-teknologi baru yang menggantikan sebelumnya.

Secepat apa akses internet yang kamu dapat? Sebagai referensi, mungkin kamu bisa coba mempercepat akses internet yang pernah Sinaupedia berikan.

Jangan lupa share kalau bermanfaat

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *