Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Pengertian Google Chrome

Pengertian Chrome

Pengertian Google ChromeWeb browser sekarang ini berperan penting untuk mempermudah kita mendapatkan informasi. Dengan memilih web browser yang terbaik maka bisa membantu kita mengakses situs dengan cepat, dan memiliki fitur-fitur yang kita butuhkan.

Google Chrome pastinya sudah sering kali kita temui pada perangkat PC maupun Handphone. Google Chrome adalah web browser dengan pengguna tertinggi. Agar kita lebih memahami tentang web browser tersebut, mari kita bahas Pengertian Google Chrome.

Pengertian Google Chrome

Apa itu Google Chrome
olhardigital.com.br

Google Chrome adalah sebuah web browser yang berguna untuk menjelajah dunia maya. Karena pembuat dan pengembang Google Chrome adalah perusahaan Google, maka dipastikan mempunyai kualitas yang sangat baik.

Web browser yang dikembangkan Google ini bersifat open source dan mempunyai nama proyek Chromium. Dengan menggunakan rendering webkit, maka Google Chrome mempunyai kecepatan di atas rata-rata dan tetap ringan.

Google Chrome dapat mengakses sebuah situs dengan sangat cepat baik diperangkat PC maupun Smartphone. Selain itu, banyak sistem operasi yang dapat digunakan Google Chrome seperti, Windows, MacOS, Linux, iOS, Android dan Chrome OS.

Sejarah Google Chrome

Sejarah Google Chrome dan Versinya
mundoconectado.com.br

Sebagai pendiri web browser Google Chrome, perusahaan Google terbilang sukses mengembangkan produknya. Awal rilisnya Google Chrome hanya mendapatkan posisi ketiga namun saat ini menjadi web browser terbaik.

Google merilis web browser Google Chrome pada 2 September 2008. Karena masih tahap Beta, saat itu Google Chrome hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows. Meskipun hanya di windows, Google Chrome sudah memiliki fitur-fitur menarik didalamnya.

Setelah mencapai versi yang stabil, lalu pada 11 Desember 2008, Google Chrome kembali dirilis pada semua sistem operasi. Dan pada awal bulan 2012, Google Chrome diperkirakan berhasil meraih presentasi 25-28% dari seluruh pengguna browser.

Meskipun hanya diposisi ketiga setelah Mozilla Firefox dan Internet Explorer, Google Chrome terus dikembangkan dengan baik. Akhirnya pada saat ini Google Chrome memiliki pengguna terbanyak dibanding web browser lainnya.

Pengembangan dan Versi-Versi Google Chrome

Sebagai web browser yang terus berkembang sampai saat ini, Google Chrome telah mengalami perubahan versi. Berikut ini adalah pengembangan dan versi-versi Google Chrome :

  • Versi 0.2 sampai 1.0 yang dirilis pada tahun 2008. Tahun tersebut merupakan tahun awal dirilisnya Google Chrome dimana awalnya hanya bisa digunakan pada sistem operasi windows. Namun pada tahun itu juga ia mendapatkan versi stabil. Versi stabilnya dapat digunakan pada beberapa sistem operasi. Selama tahun 2008 Google Chrome mendapat pembaharuan berupa peningkatan kinerja dan web proxy, kehandalan plugin, pemblokiran popup dan lain-lain.
  • Versi 2.0 sampai 8.0 didapatkan pada tahun 2009 dan 2010. Tahun tersebut Google Chrome mendapatkan perkembangan berupa mode layar penuh, tag yang mendukung audio dan video, adanya ekstensi dan lain-lain.
  • Versi 9.0 sampai 23.0 didapatkan pada tahun 2011 dan 2012. Pembaharuan Google Chrome ditahun tersebut ialah mensupport HTML 5, pengendalian situs manajer, pengejaan kalimat yang lebih baik dan lain-lain.
  • Versi 24.0 sampai 39.0 didapatkan pada tahun 2013 dan 2014. Pada perkembangan versi tersebut Google Chrome lebih condong ke sistem operasi Android. Seperti pembaharuan Omnibox, Fullscreen Video dengan subtitles, optimasi baterai dll.
  • Versi 40.0 sampai 55.0 tahun 2015 dan 2016. Pada pembaharuan versi tersebut Google Chrome mendapatkan beberapa perkembangan menarik. Seperti adanya folder untuk semua bookmark, mengubah scrollbar, download page dan incognito.
  • Versi 56.0 sampai 71.0 pada tahun 2017 dan 2018. Google Chrome mendapatkan beberapa pembaharuan dan perubahan. Seperti Dekstop Progressive, pembaharuan interface, ekstensi baru berupa UI (user interface).
  • Versi 72.0 sampai 80.0 (saat ini) pada tahun 2019. Pembaharuan Google Chrome pada tahun tersebut ialah adanya dark mode, pengenalan Content picker API, Bahasa baru pada konfigurasi halaman dll.

Kelebihan Google Chrome

Kelebihan Google Chrome
unlockboot.com

Saat ini Google Chrome mempunyai popularitas tertinggi dibanding web browser lainnya. Web browser yang langsung diciptakan oleh Google sendiri ini mempunyai beberapa kelebihan dibanding para pesaingnya. Berikut ini kelebihan Google Chrome:

Mempunyai nilai pengguna tertinggi: Kecepatan dan desain antarmuka yang user-friendly menjadikan web browser ini banyak diminati. Selain itu Fitur bawaan dari Google Chrome cukup banyak dan sangat mendukung kita dalam mencari, mengelola dan menyimpan informasi.

Fitur bawaan menarik: Setiap web browser pasti mempunyai fitur-fitur yang berbeda didalamnya. Contohnya pada Google Chrome mempunyai fitur menarik seperti adanya Task Manager, Omnibox, Mode Incognito dll.

Bisa ditambahkan fitur baru: Ekstensi adalah fitur-fitur yang dapat kita install pada web browser Google Chrome. Dengan menambahkan ekstensi, maka Google Chrome akan mendapatkan sebuah fitur baru yang sangat membantu kita.

Terhubung langsung dengan Google Search Engine: Dengan menggunakan search engine Google, kita dapat memuat banyak informasi didalamnya. Search engine dari Google ini adalah yang paling sering digunakan dibanding yang lainnya seperti Bing dan Yandex.

Lebih hemat ram dan kecilnya ukuran memori: Karena Google Chrome mempunyai ukuran memori yang kecil menjadikan dapat digunakan pada perangkat dengan speksifikasi rendah sekalipun. Selain itu, Google Chrome dapat melakukan proses awal lebih cepat dibanding yang lainnya.

Fitur-Fitur Pada Google Chrome

Fitur-fitur Google Chrome
windowscentral.com

Fitur-fitur pada web browser sangat berpengaruh kepada pengguna yang memakainya. Setiap web browser juga mempunyai fitur-fitur berbeda agar mempunyai ciri khas didalamnya. Berikut ini adalah Fitur-fitur pada Google Chrome.

  • Menyimpan riwayat situs yang telah kita kunjungi
  • Menyimpan riwayat data yang telah kita download
  • Dapat mengelola Bookmark untuk menyimpan situs yang kita sukai dengan baik
  • Mempunyai mode Incognito atau penelusuran situs tanpa meninggalkan jejak
  • Adanya Bandwidth Saving yang dapat menghemat data
  • Adanya Task Manager untuk mengelola program, seperti memeriksa memori dan menghentikan pemasangan installasi didalamnya.
  • Adanya Omnibox atau pencarian memori
  • Terjemahan pada Google Chrome mendukung lebih dari 50 bahasa
  • Multi Profil jika kita mempunyai beberapa akun Google
  • Adanya pin tab untuk menandai beberapa tab yang ingin kita utamakan dan akan bergeser ke paling kiri
  • Berfungsi penuh untuk jaringan, baik itu internet dan intranet

[Tambahan] Ekstensi penting untuk Kamu yang Pengguna Google Chrome

Dengan menambahkan ekstensi pada Google Chrome berarti kita mendapatkan fitur baru didalamnya. Biasanya ekstensi banyak diinstall penggunanya untuk menambah kenyamanan dan produktivitas. Berikut ini adalah ekstensi penting untuk Google Chrome:

LastPass: Dengan menggunakan ekstensi Lastpass, kita dapat menyimpan semua Password kita. Saat kita ingin masuk ke situs yang kita inginkan, maka username dan password secara otomatis akan terisi sendiri. LastPass dapat diinstall secara gratis.

Similarweb: Dengan menggunakan Similarweb kita dapat mengetahui seberapa populer dari website kompetitor kita. Selain itu kita mendapatkan statistik pengetahuan dan estimasinya dalam bentuk traffic.

Momentum: Dengan menggunakan ekstensi Momentum, kita dapat merancang dashboard pribadi kita. Fungsinya ini sangat berguna untuk mendapatkan dan meningkatkan fokus, inspirasi dan produktivitas kita.

Akhir Kata

Setelah kita memahami pengertian, kelebihan dan fitur yang ada pada Google Chrome, tentunya hal ini akan menambah pengetahuan kita. Kesimpulannya, Google Chrome adalah web browser terbaik saat ini dibanding para pesaingnya.

Selain itu, Google Chrome merupakan web browser yang langsung dikembangan oleh perusahaan internet terbesar Google. Hal ini tentunya menjamin kualitas dan cepatnya perkembangan pada web browser tersebut.

Keuntungan memakai Google Chrome ialah mempunyai kecepatan akses diatas rata-rata dan memiliki banyak fitur menarik didalamnya. Bahkan kita masih bisa menambahkan beberapa ekstensi untuk meningkatkan fungsi dari web browser tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan sejarah Google Chrome. Dengan demikian kita dapat lebih memahami arti dari web browser tersebut. Semoga informasi ini berguna dan menjadi manfaat untuk kita semua.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *