Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer – Saat ini internet merupakan sesuatu yang sangat umum.

Perkembangannya pun sangat sigfinikan. Dilansir dari Kompas.com, menurut data yang diberikan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh hingga 10,12 persen.

Kalau ditotal secara keseluruhan, dari jumlah penduduk sebanyak 264 juta jiwa di Indonesia, ada sekitar 171,17 juta jiwa.. Yang berarti sekitar 64,8 persen sudah mengakses internet.

Besarnya perkembangan tersebut, seharusnya membuat orang-orang harus lebih melek teknologi. Terutama masalah jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer Adalah
Pexels.com

Singkatnya, jaringan komputer berfungsi untuk membuat penggunanya dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Peran jaringan disini juga salah satunya memungkinkan komputer untuk melakukan integrasi data, dari penerima ke pengirim dengan tujuan untuk memperoleh data.

Lebih jauh lagi, jaringan komputer adalah sebuah sistem, bisa terdiri dari dua, tiga atau lebih komputer, yang seluruhnya saling terhubung satu sama lainnya. Media yang digunakan bisa berupa transmisi atau komunikasi, dari aplikasi sampai menggunakan perangkat keras (Hardware) di komputer.

Jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai kelompok terminal komunikasi (komputer) yang saling terhubung. Bertujuan untuk membawa informasi yang dibawakan oleh pengirim (transmitter) kepada penerima (receiver).

Jaringan komputer berfungsi untuk membuat pengguna dapat berkomunikasi atau melakukan integrasi data.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Bagaimana pendapat para ahli soal jaringan komputer ini? Sinaupedia telah merangkumnya melalui beberapa sumber terpercaya.

Abdul Kadil (2003)

Jaringan Komputer layaknya simpul sebanyak dua buah atau lebih yang tujuannya melakukan pertukaran data.

Izaas El Said

Izaas El Said menyatakan, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdapat sebuah kelompok komputer yang saling terhubung satu sama lain. Komputer-komputer tersebut saling berbagi sumber daya yang dimilikinya.

Madcoms

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer (dan peralatan lainnya), yang seluruhnya terkoneksi dalam satu kesatuan.

Techi Wire House

Jaringan komputer adalah suatu kelompok komputer yang terdiri dari dua atau lebih, yang terhubung ke satu koneksi tertentu.

Zymon Machajewski

Dikatakan Machajewski, yang dimaksud dari jaringan komputer, adalah sekumpulan komputer yang selurunya terkoneksi dalam waktu bersamaan. Tujuannya yaitu untuk membagikan sumber daya (dalam hal ini data), bisa juga internet.

Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta)

Menurut Syafrizal, jaringan adalah sebuah himpunan interkoneksi antara 2 atau lebih komputer automous, menggunakan media kabel atau tanpa kabel (Wireless).

Budhi Irawan

Menurut Budhi Irawan, jaringan komputer adalah suatu sistem yang dibangun dari dua atau lebih komputer, beserta suatu perangkat jaringan yang seluruhnya bekerja dalam satu yang sama, untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Wikipedia

Menurut Wikipedia, yang dimaksud jaringan komputer, adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer bisa memiliki kemampuan untuk melakukan transfer data. Tujuannya untuk saling bertukar data dari pengirim ke penerima.

Ensiklopedia

Menurut Ensiklopedia secara umum, yang dimaksud jaringan adalah komputer yang terhubung ke suatu sumber daya secara bersamaan. Didesain untuk bisa membagikan sumber daya tersebut, mengakses suatu informasi atau membagikannya.

Kamus Besar dan Pakar (Secara Umum)

Pengertian jika dijelaskan secara umum, menurut para pakar adalah sekelompok komputer yang terhubung ke satu jaringan secara bersamaan, untuk akses, berbagi data, atau berkomunikasi.

Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan
Pexels.com

Selama ini kita hanya mengenal jaringan sebagai internet saja. Padahal, ada cukup banyak jenis-jenis jaringan yang mungkin kamu sendiri belum tahu. Berikut Sinaupedia akan menjelaskannya.

Jaringan Berdasarkan Jangkauan

Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan
Pixabay.com

Setiap jenis jaringan memiliki jangkauan tersendiri. Dan ini kita bagi pengertiannya menjadi 4:

Jaringan LAN (Local Area Network)

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network. LAN merupakan jenis jaringan yang cakupan wilayahnya kecil, misalnya komputer ke komputer dalam satu tempat, kampus, gedung, kantor, rumah, sekolah, warung, dan lain sejenisnya yang kira-kira kecil tempatnya.

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan pengembangan dari Metropolitan Area Network. MAN adalah gabungan dari beberapa atau banyak LAN, dengan maksimal jangkauan mencapai 10 hingga 50 kilometer.

Jaringan ini biasanya dipakai untuk membangun fasilitas internet / pertukaran data di kantor, kota, pabrik, atau instalasi yang jangkauannya masih memungkinkan.

Jaringan WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau biasa disingkat WAN, adalah jenis jaringan yang cakupannya sangat besar. Bisa antar wilayah, kota hingga satu negara dengan negara yang lainnya. Jenis jaringan ini memerlukan router atau saluran komunikasi publik khusus agar dapat berjalan.

Jaringan Internet

Bagaimana dengan internet? Internet adalah jangkauan jaringan yang paling besar, dimana seluruh dunia bisa terhubung. Kalau dibahas lebih jauh, internet sebenarnya memiliki jenis-jenis jaringan lain juga sebenarnya. Misalnya WIFI, data provider dan lain-lain.

Jaringan Komputer Berdasarkan Pola Operasi

Pola Operasi Pada Jaringan
Pixabay.com

Jaringan komputer saat bekerja memiliki pola operasi tersendiri. Karena selalu terdapat server, dan komputer sebelum akhirnya jadilah suatu jaringan yang seluruhnya saling terhubung. Berikut jenis pola operasinya:

Jaringan Peer to Peer

Peer to Peer, maksudnya dalam satu kumpulan, terdiri dari satu atau lebih komputer server dan client. Namun, umumnya biasanya terdiri dari beberapa komputer client, dan satu server.

Server ini berfungsi untuk menyediakan sumber data, dan client bisa memakai atau mengatur sumber daya data tersebut. Warung Internet yang biasa kita temui, kebanyakan memakai jaringan jenis ini.

Jaringan clientserver

Pengaturan jaringan clientserver ini, nanti baik itu server maupun clientnya akan memiliki kedudukan yang persis sama.

Jadi posisinya bisa berubah, misalnya client menjadi server, atau sebaliknya. Contoh dari jaringan clientserver ini seperti dua komputer yang terhubung satu sama lain.

Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

Media Transmisi Jaringan Komputer
Pexels.com

Media Transmisi adalah media yang dipakai komputer untuk menghantarkan sumber daya atau data. Entah itu dari server (Peer to peer) maupun yang lainnya. Saat ini hanya ada dua jenis media transmisi, yang pasti kamu juga sudah tahu apa itu:

1. Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired artinya kabel. Maksudnya adalah komputer yang terhubung satu sama lain menggunakan jaringan berjenis kabel, dengan fungsi sebagai media untuk menghantarkan data. Media ini memiliki peran penting dalam suatu jaringan, karena jika terjadi suatu masalah pada kabel tersebut, secara otomatis penghantaran data akan berhenti.

Jenis kabel yang dipakai jaringan ini ada beberapa. Yaitu jenis kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.

2. Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Wirelless artinya tanpa kabel. Adalah sebuah jenis transmisi data pada jaringan komputer yang memakai media gelombang radio, bluetooth, inframerah, microwave dan lain-lain. Media ini paling banyak dipakai, dan dalam kegunaannya bisa difungsikan pada jaringan jenis LAN, MAN, WAN dengan menggunakan media IP Address.

Bahkan untuk kebutuhan dengan mobilitas tinggi, jaringan nirkabel merupakan pilihan utama yang ada sat ini.

Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi Data

Jaringan Didasari Informasi Data
Pixabay.com

Distribusi data mencerminkan jenis bagaimana cara jaringan menghantarkan sumber daya data. Terdapat dua jenis, yakni Jaringan Terdistribusi dan Jaringan Terpusat.

1. Jaringan Terdistribusi

Jaringan ini punya beberapa pusat data (server), dimana jika terbentuk suatu kelompok dengan banyak komputer, maka jaringannya bisa dibuat fleksibel. Jaringan ini agak kurang umum, karena dalam beberapa situasi, jaringannya agak sulit diatur.

2. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat ini hanya menggunakan satu server, untuk menghubungkan beberapa atau banyak klien sekaligus dalam satu waktu. Server berfungsi untuk membuat sumber daya, atau sebagai perantara antara client satu dan client lainnya dengan memanfaatkan internet protokol.

Jenis jaringan terpusat ini memiliki istilah-istilah tertentu juga, misalnya dumb terminal (terminal bisu), adalah terminal yang tidak memiliki alat pemroses data.

Manfaat Jaringan Komputer

Tujuan Jaringan Komputer
Pexels.com

Berbicara soal manfaatnya, ada banyak sekali. Bahkan tidak bisa terhitung juga. Apalagi kalau mengingat jaman sekarang, dimana kebutuhan internet sudah sangat tinggi, kegunaan jaringan juga bisa menjadi bermacam-macam.

  • Memungkinkan pengguna bisa mengirimkan media-media seperti teks, gambar, audio, video dan lain-lain secara real-time.
  • Proses pengiriman data bisa dilakukan secara cepat dan efisien. Begitu juga dengan keamanannya.
  • File yang kita miliki bisa dibagikan dan diakses melalui suatu jenis jaringan (misalnya; internet). Sebaliknya, orang lain juga bisa membagikan datanya kepada kita.
  • Jaringan memungkinkan seseorang bisa melakukan komunikasi jarak jauh, meskipun jarak jauh atau beda negara sekalipun. Seperti video call yang terdapat pada aplikasi-aplikasi chatting.
  • Mendapatkan suatu informasi atau berita bisa dilakukan dengan mudah, menggunakan internet misalnya.
  • Melakukan sharing suatu perangkat. Dengan dihubungkannya suatu perangkat ke jaringan, maka perangkat tersebut bisa digunakan secara bersama-sama. Misalnya seperti sharing printer yang banyak ditemukan di kantor-kantor atau instansi-instasi.

Jenis-jenis Topologi

Jenis Topologi Jaringan Komputer
Pixabay.com

Jenis topologi ini menentukan bagaimana proses transmisi sumber daya atau data bekerja. Topologi dibuat untuk pembuatan jaringan lokal (LAN), yang singkatnya menjadi desain dasar kerja jaringan. Ada beberapa jenis topologi, yang seluruhnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yaitu:

Topologi Ring

Topologi Ring
fossbytes.com

Topologi ring merupakan salah satu jenis topologi kuno, namun cukup efektif untuk menghandle pembuatan jaringan lokal dari komputer yang jumlahnya sedikit. Toplogi ring akan memungkinkan sebuah paket data atau informasi dapat diakses oleh komputer client dalam sebuah siklus ring tertentu.

Jadi, suatu informasi baru bisa diakses oleh client nomor 4, setelah diakses oleh client nomor 1, 2, dan juga 3 terlebih dahulu.

Jenis topologi ini sudah cukup lama ada (terbilang kuno). Namun, hingga saat ini masih efektif, terutama untuk membantu proses pembuatan jaringan lokal (LAN) yang jumlahnya tidak banyak.

Topologi ring memungkinkan sumber daya atau data, dapat diakses oleh komputer client dalam sebuah siklus ring tertentu. Suatu informasi akan baru bisa diakses, misalnya oleh client nomor 5, setelah diakse oleh client nomor 1,2,3,4 terlebih dahulu.

Kelebihan

  1. Hemat biaya, karena kabel yang digunakan hanya sedikit
  2. Data mengalir dalam satu arah, sehingga kemungkinan terjadi error saat proses pengiriman berkurang
  3. Cara membuatnya tidak sulit

Kekurangan

  1. Sensitif terhadap suatu error
  2. Jika salah satu kabel bermasalah, maka keseluruhan jaringan tidak akan berfungsi

Topologi Bus

Topologi Bus
hitechmv.com

Topologi ini memiliki sistem yang sederhana untuk membangun sebuah jaringan. Topologi ini hanya memakai kabel dan konektor, dan terminator untuk membuat sebuah jaringan bekerja. Biasanya dipakai dalam jaringan lokal.

Kelebihan

  1. Kabel yang digunakan sedikit
  2. Penyambungan kabel sangat sederhana
  3. Tidak akan berpengaruh terhadap keseluruhan jaringan, jika salah satu komputer bermasalah
  4. Sangat mudah untuk dikembangkan

Kekurangan

  1. Jika ada suatu masalah, sulit mengetahuinya
  2. Desain jaringan sering membuat error pada file terjadi
  3. Jika terdapat kabel putus pada salah satu client, kemungkinan besar akan rusak keseluruhannya

Topologi Star

Pengertian Topologi Star
techtud.com

Jenis topologi yang umumnya banyak dipakai pada suatu jaringan lokal. Topologi ini memungkinkan satu server bisa menghubungkan dua atau lebih komputer client secara bersamaan. Cara kerjanya yakni harus ada bantuan perangkat tambahan, seperti switch dan hub.

Kelebihan

  1. Memiliki fleksibilitas yang tinggi
  2. Bisa melakukan penambahan maupun perubahan pada client dengan mudah, dan tidak akan mengganggu kerja jaringan
  3. Kontrol jaringan terpusat, sehingga mudah dalam segi pengelolaan
  4. Jika terjadi masalah, mudah untuk mendeteksinya
  5. Jika salah satu client bermasalah, maka tidak ada pengaruhnya (asal bukan yang pusat

Kekurangan

  1. Perlu penanganan yang relatif lebih sulit jika muncul suatu error
  2. Jika komputer pusat rusak, maka bisa menyebar juga ke yang lain

Topologi Tree

Topologi Tree Adalah
studytonight.com

Tree artinya pohon. Topologi Tree memungkinkan beberapa jaringan lokal kecil, pada suatu tempat (biasanya gedung), digabungkan menjadi satu jaringan utama. Jenis jaringan ini menggunakan hirarki yang berbeda, dan untuk di gedung, biasanya dipakai di gedung yang bertingkat.

Kelebihan

  1. Manage lebih mudah, karena sifatnya yang terpusat
  2. Pengembangan jaringan relatif lebih mudah
  3. Banyak perusahaan yang sudah mengembangkan hardware dan software, untuk mendukung pembuatan jaringan tipe topologi ini

Kekurangan

  1. Jika salah satu node bermasalah, maka yang lainnya juga kemungkinan bisa bermasalah
  2. Mungkin terjadi error saat transfer data
  3. Konfigurasi yang lebih sulit

Topologi Mesh

Apa itu Topologi Mesh
orosk.com

Jenis topologi sederhana yang memungkinkan dua atau lebih komputer melakukan transmisi data satu sama lain. Untuk jaringan LAN yang besar, topologi ini kurang coock digunakan, dengan alasan akan membuat sulit pengawasan.

Topologi mesh merupakan jenis topologi jaringan local yang memungkinkan setiap komputer bisa melakukan feedback satu sama lain. TIdak cocok digunakan.

Kelebihan

  1. Penampungan client bisa lebih banyak

Kekurangan

  1. Kabel yang dipakai cukup banyak
  2. Kemungkinan sering terjadi gangguan jaringan

Kesimpulan

Apa saja kesimpulan dari artikel ini? Untuk kamu yang sudah membacanya tapi masih belum memahaminya, silakan catat disini:

1. Pengertian Jaringan Pada Komputer

Jaringan komputer adalah suatu kelompok komputer yang saling terhubung satu sama lain, menggunakan media transmisi atau komunikasi.

2. Jenis Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer dibagi menjadi beberapa bagian. Yakni berdasarkan jangkauan, media transmisi, cara distribusi serta pola operasi yang diterapkan. Contoh berdasarkan jangkauan, seperti LAN, MAN, WAN.. Media transmisi wired (dengan kabel) atau wireless (tanpa kabel), pola operasi peer-to-peer, dan distribusi jaringan terpusat / client-to-server.

3. Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat jaringan ada banyak. Misalnya bisa membagikan data-data antara satu pengguna ke pengguna lain, hingga untuk keperluan komunikasi jarak jauh, bahkan antar negara.

4. Topologi Jaringan

Maksudnya adalah cara bagi sumber daya untuk bekerja pada jaringan. Topologi dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya, topologi bush, topologi star, topologi tree, topologi mesh, dan lain-lain. Semuanya memiliki cara kerja yang berbeda-beda.

Akhir Kata

Pengertian jaringan komputer, manfaat, topologi, jenis, semua yang kamu ingin ketahui sudah tersedia di sini. Artikel ini telah dibuat selengkap mungkin, dengan begitu semoga kamu bisa terbantu untuk yang ingin belajar.

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai kesan untuk artikel ini. Bisa beri juga saran untuk ditambahkan.

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *