Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Ukuran Kertas CV

Ukuran Kertas CV

Ukuran kertas CV – Kalau membicarakan soal masalah pekerjaan, maka CV merupakan hal yang wajib disiapkan terlebih dahulu.

Karena selain pendidikan, CV juga secara langsung maupun tidak, akan mewakilkan riwayat hidup seseorang.

Bahkan bukan hanya riwayat, kreativitas seseorang juga bisa loh, terlihat melalui desain CV yang ia buat. Menarik sekali bukan?

Apa Itu CV?

Ukuran CV Resmi
Pixabay.com

Khusus untuk yang belum tahu apa itu CV.

CV merupakan singkatan dari Curriculum Vitae, yaitu sebuah dokumen yang didalamnya berisi informasi-informasi terkait riwayat hidup seseorang, terutama yang berhubungan dengan pendidikan dan karirnya.

CV sering dijadikan patokan oleh pihak HRD perusahaan, ketika sedang mewawancara seseorang, untuk menilai orang tersebut layak atau tidak.

Ukuran Kertas CV Sesuai Dengan Standar Resmi

Ukuran CV Untuk Lamaran Pekerjaan
Pexels.com

Seperti yang sempat disebut sebelumnya, CV bisa dijadikan patokan nilai kreativitas seseorang.

Sehingga secara langsung maupun tidak, CV yang menarik akan membuat kemungkinan diterima kerja menjadi meningkat.

Yang perlu dicatat, ini bukan hanya soal desain.

Pengaturan serta ukuran kertas CV yang dipakai harus sesuai, kenapa? Supaya hasilnya bagus, dari segi estetika dalamnya. Tidak heran, kalau ada standarnya sendiri.

Ukuran standar resmi yang ditetapkan untuk CV kebanyakan adalah ukuran legal, atau setara dengan A4. Kalau dihitung dalam satuan ISO (Standar Internasional) maka bisa dibagi menjadi mm, cm dan inchi. Berikut tabelnya:

Ukuran KertasSatuan mmSatuan cmSatuan inci
Legal216 x 356 mm21.6 x 35.6 cm8.5 x 14 inch

Ukuran Kertas CV Di Photoshop

Aplikasi Photoshop Ukuran CV
Pixabay.com

Membuat CV terkadang bisa berbentuk dokumen, bisa juga berbentuk gambar. Namun untuk hasil desain yang menarik, memakai bentuk gambar lebih disarankan, apalagi dengan banyaknya aplikasi-aplikasi edit foto yang ada sekarang ini.

Salah satunya adalah Photoshop.

Membuat CV dengan Photoshop memiliki beragam opsi yang bisa dilakukan, untuk membuat CV yang dibuat terlihat menjadi menarik. Lebih jauh lagi, ukuran kertas pada CV bahkan bisa kita ubah loh.

Namun di Photoshop, lebih disarankan untuk mengaturnya dalam bentuk pixels. Bisa pakai dari tabel berikut :

Legal – 300 PPI2480 Pixels3708 Pixels
Legal – 400 PPI3307 Pixels4877 Pixels
Legal – 600 PPI4961 Pixels7216 Pixels
Legal – 1200 PPI9921 Pixels16031 Pixels

Jenis Kertas Yang Cocok Untuk Kertas CV

Ukuran Kertas CV Yang Cocok
Pexels.com

Kertas apapun bisa dipakai untuk membuat CV. Namun untuk hasil yang maksimal, ada beberapa jenis kertas yang direkomendasikan. Berikut bisa dicatat:

Kertas CV HVS

Kertas yang paling umum ditemukan saat ini mungkin adalah HVS. Apalagi untuk ukuran legal, banyak dijual dimana-mana.

Tapi banyak yang belum tahu, kalau kertas HVS memiliki gramatur, ketebalan yang berbeda-beda. Diantaranya 58, 60, 70, 80 hingga 100 gr. Kertas HVS umumnya dipakai untuk mencetak form, arsip, buku, dokumen-dokumen hingga kop surat dan kertas skripsi.

Tapi untuk gramatur CV, disarankan untuk mengambil yang 70 hingga 100.

Kertas CV Fancy

Mungkin kertas ini masih terdengar kurang umum. Tapi biasanya kertas Fancy banyak dipakai untuk keperluan pembuatan undangan, kertas sertifikat, hingga cover buku dengan ukuran kertas B5.

Kertas Fancy juga memiliki beberapa jenis, seperti concord, dahlia, tully, hammer, dan lain-lain. Kertas Fancy bisa dipertimbangkan untuk membuat CV dikarenakan seratnya yang khas.

Kertas CV Briefcard

Sama seperti kertas Fancy, Briefcard mungkin masih terdengar kurang umum. Tapi di Indonesia, Briefcard lebih dikenal dengan nama kertas manila.

Jenis kertas Briefcard memiliki karakteristik yang agak tebal, dengan cukup banyak variasi warna. Seperti merah, kuning, biru dan lain-lain. Sehingga umum dipakai untuk membuat kartu undangan, stok, form, hingga buku gambar.

Untuk CV juga demikian. Karena kertas Briefcard ini support banyak warna dan bisa memaksimalkannya.

Kertas CV NCR

Kertas ini mengandung karbonis, dan biasanya terdiri dari 2 ply. Karakteristik paling menarik dari kertas ini, adalah ketika kita menulis diatasnya, maka secara otomatis hasilnya akan tembus ke bawah.

Kertas NCR banyak dipakai untuk keperluan arsip perusahaan. form, nota hingga tentunya CV.

Ukuran Kertas CV; Rekomendasi Lainnya

Contoh Jenis Kertas CV Serta Ukuran
Pixabay.com

Ukuran kertas yang direkomendasikan adalah Legal, dengan alasan karena ukurannya sesuai. Walau begitu, masih ada juga beberapa rekomendasi lain yang bisa dipertimbangkan, diantaranya:

Ukuran Kertas CV Kuarto

Biasanya karya-karya tulis seperti skripsi menggunakan jenis ukuran kertas ini. Kertas kuarto sebenarnya hanya nama lain dari kertas A4, yakni dengan ukuran 21 x 29,7 cm. Jenis kertas ini sangat umum dipakai untuk membuat CV selain kertas Legal.

Ukuran Kertas CV Folio

Kertas folio kalau dalam standar internasional (ISO) lebih banyak disebut sebagai F4. Ukurannya 21,5 cm x 33,0 cm atau lebih besar 5 mm dan 33,3 mm dari kertas kuarto. Ukuran kertas ini berbeda dengan legal, jadi bisa dipertimbangkan dalam pembuatan CV.

Ukuran Kertas CV Letter

Banyak orang mengira kalau ukuran kertas letter ini sama dengan A4. Padahal tidak, kertas letter memiliki ukuran 21,6 CM X 27,9 CM atau sedikit lebih kecil dibandingkan kertas A4. Di Indonesia sebenarnya ukuran letter kurang banyak dipakai, karena orang-orang lebih sering langsung memakai ukuran A4.

Rekomendasi Situs Untuk Membuat CV

Daftar Situs Untuk Buat CV
Pixabay.com

Ingin membuat CV? Ada beberapa rekomendasi situs menarik yang bisa dipakai. Banyak orang yang telah membuat CV dari situs ini dan berhasil memaksimalkannya.

Apalagi basisnya juga online, yang notabene kebanyakan tidak perlu skill sama sekali, Cukup klik klik saja CV bisa langsung dibuat.

Berikut rekomendasinya:

Canva

Canva adalah sebuah situs editing online yang memungkinkan pengguna melakukan desain grafis, bahkan untuk sekelas pemula sekalipun.

Ini karena Canva sudah didesain sedemikian rupa bias dipakai siapa saja. Interfacenya bisa dikatakan simpel, namun dengan fitur-fitur yang sangat lengkap.

Terdapat ribuan desain CV yang siap digunakan untuk membuat CV. Bukan itu saja, pengguna juga bisa mengubah desainnya menjadi sesuai dengan keinginan dengan Canva.

ResumUp

Sebuah situs dengan pilihan template CV yang sangat banyak. Memungkinkan para users bisa membuat CV desain menarik dalam waktu yang singkat.

Untuk cara memakainya, cukup masukkan data diri serta hal-hal lain yang ingin diisi, maka dengan template yang ada CV bisa langsung disimpan ke Komputer.

ResumUp sendiri dibagi menjadi dua jenis. Yakni free dan pro. Kalau tertarik ingin membuat dan memaksimalkan desain CV di ResumUp, direkomendasikan untuk langsung pakai yang versi pro.

Visual CV

Cukup masukkan data diri dan CV bisa langsung diproses untuk dibuat.

Ya, sesederhana itu saja.

Visual CV menyajikan fitur dimana seseorang bisa membuat CV yang menarik hanya dalam hitungan menit. Bahkan tidak sampai disana, tersedia juga fitur untuk mengambil data dari sosial media, hanya dalam satu kali klik saja.

Resume.io

Resume.io memiliki gaya situs yang minimalis, namun didukung dengan fitur-fitur ekslusif.

Diantaranya fitur tracking, yang memungkinkan pembuat CV bisa mengetahui siapa saja orang yang telah melihat CV-nya. Contohnya ada seseorang yang membutuhkan tenaga kerja, bukan tidak mungkin ia bisa melihat CV tersebut dan langsung melakukan perekrutan.

Di Resume.io desain pembuatan CV sudah dibuat semudah mungkin. Bagian-bagian yang sudah ada hanya tinggal dilengkapi saja.

Kinzaa

Salah satu fitur yang ada pada Kinzaa, yakni terdapat bagian pengaturan personal, dimana pengguna bisa memasukkan karakteristik dirinya sendiri. Kemudian ada juga fitur skills, yang memungkinkan seseorang bisa menuliskan kemampuannya masing-masing secara lengkap di sana.

Kinzaa memang menekankan ke fitur pembuatan CV yang menarik dari segi infografis. Sehingga para perekrut bisa menilai bahwa seseorang yang membuat CV di Kinzaa memiliki kreativitas yang tinggi.

Tips Membuat CV Menarik

Ukuran CV Menarik
Pexels.com

Bagi yang baru membuat CV, terutama para Fresh Graduate, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar CV tersebut bisa menarik untuk dilihat. Berikut ini saran-saran yang bisa dilakukan:

1. Lakukan Job Research

Pertama silakan lakukan riset sederhana, tentang misi dan visi apa saja yang dilakukan perusahaan yang ingin dimasuki. Tujuannya untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut cocok, dengan karakteristik kita atau tidak. Ketahui juga bagaimana etos-etos kerja perusahaan tersebut.

Banyak cara riset yang bisa dilakukan. Paling sederhana dengan browsing langsung di Internet, hingga menanyakan ke teman atau karyawan yang pernah / sedang bekerja di sana.

2. Pahami Isi CV Secara Umum

Setelah memahami perusahaan, coba pahami seperti apa CV yang ingin dibuat. Tidak perlu terlalu detail, cukup bayangkan dan catat terlebih dahulu secara umum.

Misalnya pada bagian penyusunan, pastikan strukturnya bagus dan tidak membingungkan pembaca. Karena inilah yang akan dilihat oleh HRD pertama kali, untuk mengetahui seseorang berkualitas atau tidak.

3. Buat CV Sesuai Kebutuhan

Tidak perlu terlalu detail, dan jangan juga terlalu pendek.

Buatlah CV  sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini, yang dimaksud adalah CV yang didalamnya berisi informasi-informasi padat serta jelas.

Jangan menambahkan hal-hal yang tidak perlu. Ini merupakan kesalahan umum yang banyak dilakukan orang-orang saat ini.

4. Gunakan Metode Pembuatan CV Sesuai Keinginan

Metode pembuatan CV itu ada banyak. Hasilnya juga berbeda-beda tergantung dari kreativitas orangnya.

Yang paling simpel, bisa coba rekomendasi-rekomendasi untuk membuat CV seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Pemilihan juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

5. Cek Ulang CV Pastikan Sudah Benar

Setelah CV dibuat, pastikan data-data yang ditampilkan sudah benar semua.

Kesalahan CV ini bisa saja terjadi, dan bisa menjadi kesalahan fatal jika tidak diperbaiki. Apalagi jika perusahaan yang ingin dimasuki termasuk ketat, mungkin CV bisa langsung ditolak.

6. Analisa Kembali CV

Setelah CV sudah di cek ulang dan hasilnya sudah bagus, maka jangan dulu memakai CV tersebut, melainkan lakukan analisa ulang.

Caranya yakni dengan melihat apa saja yang kira-kira perlu ditambahkan, dan apa saja yang kira-kira perlu dikurangi. Tujuannya agar CV bisa tampil secara maksimal. Entah dari segi data maupun dari desainnya.

Ingat, analisanya juga harus teliti. Kalau perlu, lakukan berulang-ulang sampai kira-kira hasilnya sudah maksimal.

Akhir Kata

Demikian, begitulah artikel pembahasan tentang ukuran kertas CV. Sinaupedia membahas ini secara detail, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan para pelamar kerja, terutama bagi mereka yang baru ingin bergabung dengan perusahaan.

Jenis kertas serta ukuran kertas yang direkomendasikan disini adalah umum, dan sesuai standar perusahaan-perusahaan. Namun ingat, bisa juga hasilnya berbeda untuk perusahaan tertentu, terutama yang swasta.

Kalau ada pertanyaan yang ingin diajukan, terutama soal ukuran kertas CV dan sejenisnya, bisa kirimkan melalui form komentar yang telah tersedia di bagian bawah situs ini.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Template Jadwal Pelajaran

Syafiq
3 min read

Kalender 2020

Syafiq
5 min read

Template Sertifikat

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *