Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Ukuran Kertas Plano

Ukuran Kertas Plano

Ukuran Kertas Plano – Saat berbicara soal kertas, yang paling banyak diketahui mungkin hanyalah jenis HVS dengan ukuran kertas B5, A4, F4 dan sejenisnya.

Padahal bukan itu saja.

Masih banyak lagi jenis-jenis kertas lain yang tersedia di pasaran, dimana seluruhnya memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Misalnya untuk percetakan.

Diantara banyaknya jenis kertas tersebut, ada satu yang perlu diketahui, yakni kertas plano.

Apa Itu Kertas Plano? Apa Kegunaannya?

Apa Itu Kertas Plano Dan Apa Kegunaannya
Pixabay.com

Untuk yang masih asing dengan kata “plano”.

Di bidang percetakan maupun Printing Digital, ukuran plano adalah ukuran kertas yang masih original (belum dipotong). Jadi jauh berbeda dengan kertas-kertas yang biasanya kita beli di toko atau pasar-pasar, itu sudah selesai dipotong, dan memang sudah disesuaikan ukurannya dengan standar cetak.

Kertas jadi ukurannya kecil, dan lebih ditujukan ke penggunaan umum.

Ukuran kertas CV, ukuran kertas skripsi dan lain-lain sejenisnya, semuanya berasal dari kertas yang sudah dipotong.

Sedangkan kertas plano besar ukurannya. Karena itulah jenis kertas ini lebih ditujukan untuk kebutuhan bidang percetakan serta Printing Digital. Untuk apa? Untuk menekan biaya produksi dengan harga yang didapat lebih murah.

Ingat ya, ukuran kertas plano, bukan kertas piano

Ukuran Kertas Plano

Kertas Plano Jenis Ukurannya
Pixabay.com

Berapa ukuran kertas plano? Ada beberapa. Berikut ini Sinaupedia akan memberikan daftarnya, sesuai dengan standar resmi internasional. Jadi dijamin akurat:

Kertas Plano 61 x 86cm

Jenis kertas plano ini menggunakan gramatur (ketebalan) 150 sampai 160 gsm. Jenis kertas yang biasa memakai ukuran ini adalah Brief Card (BC).

Kertas Plano 65 x 100 cm

Kertas sejenis HVS, Art Paper, NCR dan lain-lain sejenisnya untuk memproduksi majalah, leatflat, brosur banyak menggunakan kertas plano ukuran 65 x 100 cm. Bahkan sudah jadi standar tersendiri di beberapa tempat.

Kertas Plano 65 X 91 cm

Untuk ukuran ini banyaknya dipakai HVS dan Art Paper. Dikarenakan ukurannya yang memang tidak jauh beda dengan sebelumnya.

Kertas Plano 79 x 109 cm

Di pasaran, kita hampir bisa menemui semua jenis kertas dengan ukuran plano ini. Gramaturnya mulai dari 60gr sampai dengan 400gr. Untuk jenis kertas yang dimaksud seperti Art Paper, Fancy, HVS dan lain-lain.

Kertas Plano 90 x 120 cm

Ukuran kertas plano terbesar yang hanya tersedia di beberapa jenis kertas saja. Seperti Kising (kertas kopi dengan warna coklat), Samsong, Craft dan lain-lain. Biasanya dipakai untuk kebutuhan produksi cover buku, nota hingga untuk bungkus.

Jenis-jenis Kertas Plano dan Ukurannya

Daftar Jenis Jenis Kertas Plano
Pixabay.com

Kertas plano sebenarnya mewakilkan hampir seluruh jenis kertas yang ada. Karena ‘plano’ yang dimaksud di sini adalah ukurannya. Berikut daftarnya, untuk kertas, karton, dan board.

HVS

Kertas yang paling banyak ditemui di pasaran. HVS adalah singkatan dari bahasa Belanda, yaitu “Houtvrij schrijfpapier“, artinya kertas tulis bebas serat kayu. HVS menggunakan kertas plano ukuran 79 x 109 cm, 65 x 100 cm, 65 x 90 cm dan 61 x 86 cm.

Art Paper

Art Paper adalah jenis kertas dengan karakteristik berkilau, dan terdapat juga finishing doff, glossy hingga UV. Art Paper kebanyakan dipakai sebagai bahan dasar untuk mencetak poster, sampul dengan gramatur 100 sampai 150 gram. Di ukuran piano, Art Paper berasal dari 79 x 109 cm, 65 x 100 cm, 65 x 90 cm.

Bookpaper

Kertas ini banyaknya dipakai untuk keperluan buku, novel dan sejenisnya. Karakteristiknya berwarna krem serta lebih ringan dari kertas HVS. Kertas ini memakai ukuran 65 x 100.

Doorslag

Kertas ini bisa dikatakan sangat tipis, bahkan tampak terlihat transparan. Doorslag juga memiliki beberapa warna, dengan variasi yang bisa dipilih. Misalnya putih, merah, kuning, biru dan lain-lain. Ukuran dari kertas plano yang dipakai adalah 44 x 69 cm.

Kertas Gambar

Kertas yang umumnya dipakai untuk menggambar / produksi buku gambar. Kertas ini menggunakan ukuran plano 61 x 86 cm.

Kertas Kraft

Kertas ini diproduksi dari proses kimia, yang biasa disebut proses kraft. Kertas ini memiliki karakteristik utama elastis, tidak mudah sobek, dan biasanya berwarna coklat. Ukuran yang biasa dipakai dari ukuran plano adalah 65 x 100 cm.

Samson Kraft

Tidak jauh beda dengan kertas kraft sebelumnya, Samson Kraft merupakan hasil daur ulang kertas modern, dengan karakteristik permukaan kertas yang kasar, serta berwarna coklat.

Kertas ini terkesan klasik, dan biasanya dipakai untuk produksi tas, amplop folio, dan sejenisnya, dengan gramatur 70 hingga 80 gr. Ukuran plano dari kertas Samson Craft ini adalah 90 x 120 cm dan 79 x 109 cm.

Karton BC

BC adalah singkatan dari Brief Case. Kalau di Indonesia sendiri mungkin karton manila lebih umum diketahui. Karton BC memiliki karakteristik serat kayu halus. Biasanya dipakai untuk produksi-produksi kartu nama, kerajinan tangan, sertifikat, dan lain-lain sebagainya.  Karton BC menggunakan ukuran plano 61 x 86 cm.

Art Karton

Art karton merupakan jenis tebal dengan gramatur yang sedang. Karton ini bisa dikatakan sangat populer, terutama kalau berbicara di bidang percetakan. Kenapa? Karena karton ini memiliki karakteristik yang berkilau atau biasa disebut Glossy. Sehingga hasil cetak bisa menjadi maksimal.

Ukuran plano dari Art Karton ini ada beberapa. Yaitu 79 x 109 cm, 65 x 100 cm dan 65 x 90 cm.

Karton Bufallo

Karton ini memiliki karakteristik serat kayu yang terlihat, dan biasanya terdapat juga pilihan-pilihan warna. Karton ini bisa dipakai untuk kebutuhan pembuatan kerajinan, mading, alas dan lain-lain.

Linen Karton

Banyak yang salah mengira, karton linen dan karton buffalo itu sama, padahal sebenarnya berbeda. Terutama dari bahan dasarnya.

Kertas linen berasal dari campuran, serat dari kulit kayu rami yang sudah berbentuk kain. Ukuran dari seratnya rata-rata 25 sampai 150 mm dengan diameter 12 – 16 mm.

Karakteristiknya, kertas linen memiliki tekstur mirip serat kain, dengan tekstur tebal dan bergaris. Biasanya kertas ini digunakan untuk kebutuhan cetak foto.

Nah, tapi khusus untuk kartonnya, untuk ukuran plano memakai 79 x 109 cm.

Duplex Karton

Kertas ini biasanya dipakai sebagai bahan dasar pembungkus untuk produksi produk. Terbuat dari bahan daur ulang, karton duplex memiliki karakteristik tebal serta tahan air dan cuaca. Tersedia juga beberapa pilihan gramatur, mulai dari 250 gr, 270 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr, 450 gr, sampai 500 gr.

Untuk ukuran plano, Duplex ini menggunakan ukuran 79 x 109 cm.

Board Lokal Dan Board Import

Board ini sebenarnya masih termasuk ke jenis karton. Biasanya berwarna coklat atau kuning, dengan karakteristik kertas yang cukup tebal. Tersedia dari lokal dan import, keduanya punya standar ukuran plano yang berbeda, yaitu untuk board lokal, memakai ukuran 63,5 x 79 cm dan 64 x 74 cm. Sedangkan board import 70 x 100 cm dan 75 x 100 cm.

Selain itu, board juga tersedia dalam beberapa kemasan (pak), dengan gramatur yang berbeda-beda:

  • Board 18 – Gramatur = 4,3 mm, satu paknya 18 plano
  • Board 20 – Gramatur = 3,8 mm, satu paknya 20 plano
  • Board 30 – Gramatur = 2,5 mm, satu paknya 30 plano
  • Board 40 – Gramatur = 2,0 mm, satu paknya 40 plano
  • Board 50 – Gramatur = 0,7 mm, satu paknya 50 plano
  • Board 60 – Gramatur = 0,4 mm, satu paknya 60 plano

Standar Ukuran Kertas Dipasaran

Standar Ukuran Kertas Di Pasaran
Unsplash.com

Untuk ukuran yang biasa dipakai secara umum (di pasaran), memiliki standar yang berbeda. Yakni menggunakan format ISO. Ada kertas seri A, kertas seri B dan seterusnya.

Walau begitu, yang paling banyak dipakai bisa dibilang seri A:

  • A0 = 841 x 1189 mm
  • A1 = 594 x 841 mm
  • A2 = 420 x 594 mm
  • A3 = 297 x 420 mm
  • A4 = 210 x 297 mm
  • A4s= 215 x 297 mm
  • A5 = 148 x 210 mm
  • A6 = 105 x 148 mm
  • A7 = 74 x 105 mm
  • A8 = 52 x 74 mm
  • A9 = 37 x 52 mm
  • A10 = 26 x 37 mm

Sebagai referensi lebih jelasnya, mungkin bisa coba baca penjelasan ukuran kertas. Disana tersedia keseluruhannya.

Akhir Kata

Ukuran kertas plano, walau kurang umum, tapi untuk yang sedang ingin memproduksi suatu barang berbahan dasar kertas, maupun yang tertarik atau memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan printing / percetakan, maka sudah sepatutnya diketahui.

Mengingat dengan mengetahui ukuran dan jenis kertas plano, nanti kita bisa mendapatkan manfaat-manfaat. Contohnya seperti masalah penghematan biaya produksi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Template Jadwal Pelajaran

Syafiq
3 min read

Kalender 2020

Syafiq
5 min read

Template Sertifikat

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *