Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi

Beda Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi

Sistem Operasi dan Aplikasi adalah sebuah software yang penting didalam komputer untuk membantu pekerjaan kita. Meskipun keduanya sama-sama software, namun mempunyai arti yang berbeda. oleh karena itu mari kita bahas perbedaan sistem operasi dan aplikasi.

Software adalah sebuah data yang diformat seperti program, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis komputer. Software mempunyai banyak macamnya, salah satunya adalah sistem operasi dan aplikasi.

Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi

Beda Sistem dan Aplikasi
pixabay.com

Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan perbedaan antara sistem operasi dan aplikasi. Padahal, kalau mempelajari beberapa poin berikut, kita dapat menyimpulkan perbedaannya dengan mudah:

  • Sistem Operasi adalah sebuah software inti yang harus ada pada sebuah komputer dan menjadi wadah dari Aplikasi. Sedangkan Aplikasi adalah software pembantu atau pendukung pengguna untuk memudahkan pekerjaanya.
  • Sistem Operasi berfokus pada semua tugas seperti pada memanajemen hardware, aplikasi yang sedang berjalan, melindungi komputer dan lain-lain. Sedangkan aplikasi berfokus pada tugas yang sesuai dengan bidangnya.
  • Semua komputer dapat terinstall sistem operasi apa saja (kecuali Mac OS). Sedangkan aplikasi hanya bisa terinstall jika syarat spesifikasi dan sistem operasinya sesuai.

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem OS
pixabay.com

Sistem Operasi (operating system) adalah sebuah software yang berfungsi sebagai nyawa dari komputer itu sendiri. Tanpa adanya Sistem Operasi pada komputer maka kita tidak akan bisa menjalankan program, hardware dan lain-lain.

Sistem Operasi ini juga berperan sebagai pengontrol yang selalu memperhatikan program yang sedang berjalan pada komputer. Selain itu, Sistem Operasi mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup semua perhitungan memori, pemrosesan data dan sebagainya.

Manfaat Sistem Operasi

Menjadi lebih mudah digunakan: Adanya Sistem Operasi akan membuat komputer kita memiliki user interface yang baik. Pada dasarnya komputer hanya berupa tampilan BIOS yang mencari device dan sistem operasi yang sudah terpasang didalamnya.

Pada tampilan BIOS tentunya tidak memiliki interface yang baik dan susah dipahami. Dengan adanya Sistem Operasi, kita dapat lebih mudah mengakses program dengan mudah. Tentunya hal ini membuat kita lebih nyaman saat menggunakan komputer.

Mengontrol sumber daya memori: Dengan adanya Sistem Operasi tentunya membuat sumberdaya memori pada komputer kita digunakan secara efisien.

Menjalankan program: Sistem operasi memungkinkan sebuah aplikasi dapat berjalan dan nantinya akan ditampilkan ke pengguna.

Mengawasi dan melindungi komputer saat aplikasi dijalankan: Adanya sistem operasi memungkinkan orang yang hanya mempunyai hak akses tertentu untuk menjalankan sebuah aplikasi. Selain itu sistem operasi juga selalu mengawasi kita dalam mengakses aplikasi didalamnya.

Jika kita membuka atau mencoba menjalankan file yang tidak aman, maka akan terbaca oleh sistem operasi dan melarangnya. Tentunya ini membuat kita merasa terlindungi dengan bantuan dari sistem operasi tersebut.

Syarat penginstallan aplikasi: Sistem Operasi menjadi salah satu syarat agar aplikasi yang kita mau terinstall.

Misalnya jika ingin mendownload aplikasi Microsoft Office, disana mempunyai keterangan speksifikasi dan sistem operasi apa yang bisa menjalankannya.
Tanpa adanya sistem operasi maka aplikasi tidak mempunyai wadah atau sebuah alat untuk membaca program didalamnya.

Terhubung ke Internet: Internet merupakan salah satu fungsi yang akan didapat dalam sistem operasi. Terhubung ke internet juga salah satu manfaat dari sistem operasi. Bukan hanya internet, bahkan intranet juga (Cek perbedaan internet dan intranet).

Contoh-Contoh Sistem Operasi

Contoh Sistem Operasi
pixabay.com

Sistem operasi ini pada komputer kita. Untuk membuat kita lebih paham lagi, kali ini kita akan memberikan Contoh-contoh Sistem Operasi:

Sistem Operasi Windows

Windows adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan Microsoft Corporation. Dari awal rilisnya sampai sekarang, Windows mempunyai banyak versi. Seperti Windows Dekstop Environment, Windows 9x, Windows NT (Windows XP, Windows 10 dan lain-lain)

Sistem Operasi Linux

Linux diciptakan oleh Linus Torvalds karena hobinya akan komputer. Linux juga bersifat open source sehingga banyak komunitasnya dan juga mempunyai banyak versi. Seperti Red Hat, Debian, Mandrake, SuSE, Xandros, Gentoo, Ubuntu, Fedor dan lain-lain.

Sistem Operasi Mac OS

Mac OS adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan khusus untuk komputer Macintosh. Mac OS mempunyai versi yang cukup banyak seperti Catalina, Mojave, High Sierra, Sierra, El Capitan dan lain-lain.

Pengertian Aplikasi

Apa itu Aplikasi
pixabay.com

Aplikasi adalah sebuah software yang dibuat untuk membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Adanya aplikasi tentunya membuat waktu kita tidak terbuang sia-sia dan dapat meningkatkan efektifitas serta efisien dalam bekerja.

Banyak sekali aplikasi untuk membantu pekerjaan kita sesuai dengan jenis tugasnya. Biasanya setiap aplikasi hanya mencakup satu tugas, seperti dikhususkan untuk pekerjaan programming, multimedia, membuat dokumen dan lain-lain.

Manfaat Aplikasi

Sebagai media pembelajaran: Majunya perkembangan teknologi sekarang ini membuat banyak sekali aplikasi yang mendorong semangat belajar anak. Dengan menggunakan Aplikasi memungkinkan anak-anak mendapatkan media pembelajaran modern dan tidak monoton.

Perhitungan data yang lebih cepat: Dengan adanya aplikasi membuat banyak sekali para pembisnis, akuntansi dan perusahaan memakainya untuk mendukung kinerjanya. Seperti dalam menghitung keuangan, keuntungan, penggajian akan menjadi praktis jika menggunakan aplikasi.

Aman untuk menyimpan data: Pada zaman sekarang ini para perusahaan maupun kita menyimpan data-datanya pada sebuah aplikasi. Selain mempermudah dalam mencari data tersebut, ternyata aman juga untuk menyimpannya.

Seperti pada cloud storage yang menjamin keamanan penyimpanan data yang kita simpan. Biasanya data yang kita upload pada penyimpanan tersebut akan di enkripsi terlebih dahulu agar tidak bisa dibajak atau dicuri.

Sangat Fleksibel: Dengan menggunakan aplikasi, kita dapat mengejarkan sebuah proyek dimana saja tanpa harus ke lokasi tersebut. Data-data pada proyek juga dapat dibagikan dengan mudah tanpa harus bertemu satu sama lain.

Meningkatkan Produktivitas: Adanya Aplikasi tentunya membuat pekerjaan kita selesai dengan cepat dan tepat. Kita dapat mengambil pekerjaan lainnya atau belajar hal baru untuk meningkatkan kemampuan diri. Tentunya hal ini membuat produktivitas kita meningkat.

Dapat mengontrol keuangan: Dengan menggunakan aplikasi untuk membuat laporan keuangan, tentunya kita akan melihat pengeluaran dan pemasukan dengan sangat rinci. Ini menjadikan kita tahu strategi kedepannya untuk mengontrol keuangan kita menjadi lebih baik lagi.

Contoh-Contoh Aplikasi

Contoh Aplikasi Sistem
pixabay.com

Khusus untuk aplikasi ada banyak sekali jenisnya, yang kalau dibahas satu-satu tentu akan sangat panjang. Namun ada beberapa contoh yang paling banyak dipakai dan bisa dijadikan referensi, misalnya dari Adobe dan Microsoft.

Aplikasi dari Adobe berfokus pada bidang multimedia seperti pembuatan animasi, grafis dan video. Produk dari Adobe sangat beragam seperti Photoshop (mengedit foto), Flash Player (membuat animasi), Premiere Pro (mengedit video) dan lain-lain.

Sedangkan aplikasi dari Microsoft:

Aplikasi ini berfokus pada bidang perkantoran dan pembelajaran seperti pembuatan presentasi, dokumen dan lain-lain. Produk Microsoft Office meliputi MS. Word (pembuatan dokumen), MS. Excel (laporan keuangan), MS. PowerPoint (Slide Presentasi). Selain itu ada juga aplikasi browser seperti Internet Explorer.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan tentang pengertian, fungsi, contoh serta perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi. Dengan demikian kita dapat lebih memahami perbedaan keduanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Pengertian Mozilla Firefox

Syafiq
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *