Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Pengertian Input Device

Pengertian dan Jenis Input Device

Pengertian Input Device – Komputer, sebuah perangkat yang terdiri dari banyak komponen sebelum akhirnya menjadi berbasis sistem.

Komputer utamanya terdiri dari tiga perangkat, yakni:

  • Hardware
  • Software
  • Brainware

Sedangkat perangkat outputinput serta processing merupakan bagian lain.

Di artikel ini Sinaupedia akan menjelaskan mengenai penjelasan input device beserta jenis-jenisnya. Mengingat perangkat ini banyak sekali dipakai.

Pengertian Input Device

device yang dapat berfungsi sebagai perangkat input
pixabay.com

Input Device merupakan perangkat keras yang dipakai untuk menjalankan perintah dari pengguna ke sistem operasi. Bisa berupa bermacam-macam, entah itu teks, gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan processing.

Maksud processing seperti kamu menekan tombol mouse untuk membuka aplikasi. Setelah tombol di-klik komputer akan membuat respon. Inilah fungsi input device.

Pengertian input device lainnya; merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer melalui perintah yang dijalankan oleh user. Komputer nyaris tidak bisa digunakan tanpa input device

Oh ya, ada dua jenis perangkat yang memiliki fungsi input. Perbedaannya sangat mendasar, yaitu:

  • Input yang langsung berjalan tanpa harus melakukan suatu pengaturan terlebih dahulu.
  • Input yang hanya bisa berjalan setelah melalui proses suatu pengaturan.

Walau begitu, sebenarnya ada juga perangkat input yang ditengah-tengah. Yaitu input yang bisa berjalan dengan atau tanpa suatu pengaturan terlebih dahulu.

Macam-macam Perangkat Input

alat input komputer
pixabay.com

Banyak orang yang belum memahami antara output device dengan input device. Daripada dijelaskan, lebih baik langsung saja ke contoh-contohnya:

1. Keyboard

Input Device Keyboard PC
pixabay.com

Keyboard merupakan sebuah perangkat keras (hardware), fungsinya yakni sebagai alat untuk membuat input data berupa huruf, simbol maupun angka.

Sebenarnya definisi dari keyboard bisa berbeda-beda. Bergantung dari cara penekanannya. Karena selain untuk input tiga hal tersebut, pada keyboard juga terdapat banyak kombinasi tombol khusus.

Pada perkembangannya keyboard dulu hanya tersedia versi kabel. Namun untuk sekarang sudah tersedia versi wirelless alias tanpa kabel.

2. Mouse

Input Device Mouse
thegadgetpill.com

Mouse kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya tetikus. Mouse merupakan sebuah perangkat input yang digunakan dengan cara digenggam dan umumnya terdapat dua tombol dengan sebuah scrooll,

Mouse berfungsi untuk menggerakkan pointer serta memasukkan input data melalui semua tombolnya. Terutama klik kiri dan klik kanan.

3. Flahsdisk

Device Flashdisk
drivebird.com

USB flash drive atau lebih umum disebut flashdisk merupakan sebuah penyimpanan media atau data portabel.

Flashdisk dihubungkan melalui port USB yang terdapat pada komputer atau laptop. Jenis input yang ada pada flashdisk ini berbentuk penyimpanan. Ketika kamu memasukkan flashdisk ke port USB, akan muncul drive penyimpanan baru.

3. Barcode Reader

Scanner Barcode Perangkat
miscellaneoushi.com

Perangkat ini memang jarang ditemukan di rumahan, karena umumnya hanya dipakai untuk keperluan kasir seperti di toko, minimarket dan lain-lain.

Barcode reader adalah perangkat yang berfungsi untuk memindai (scan) barcode produk. Bertujuan untuk mengetahui identitas dari deretan garis tegak kode produk.

Ketika barcode reader dipakai untuk scanning, akan muncul sebuah data. Inilah inputnya.

4. Joystick

Input Device Joystick
pixabay.com

Bukan perangkat umum sih.. Tapi joystick ini masih termasuk input device.

To the point, fungsi utama joystick yakni untuk bermain game. Ketika kamu menyambungkan joystick ke komputer kemudian melakukan pengaturan lalu bermain, maka proses input akan berjalan.

5. Pen

Perangkat Stylus PEN
wired.com

Pen memiliki dua jenis, pertama light pen dan yang kedua stylus pen.

Secara garis besar, fungsi pen mirip dengan mouse. Yakni untuk membuat input yang dibutuhkan user ketika ingin membuka aplikasi, mengatur sistem dan lain-lain.

Yang membedakan adalah pen hanya bisa dipakai pada monitor dengan fitur touchscreen saja. Selebihnya fungsi pen tidak akan bisa aktif.

6. Printer Scanner

Printer Input Scanner
pixabay.com

Sebuah perangkat yang harganya bisa dibilang masih relatif mahal sampai saat ini.

Scanner berfungsi untuk memindai sebuah foto, tulisan atau gambar dari bentuk fisik ke digital. Cara kerjanya setelah dokumen yang diinginkan masuk ke proses pemindaian, scanner akan membentuk gambarannya kemudian diubah menjadi bentuk data di komputer.

Inputnya sendiri terjadi ketika proses scanning tersebut.

7. Modem

Perangkat Internet Modem
pixabay.com

Modem merupakan perangkat yang sangat populer hingga sekarang. Setidaknya minimal 1 juta orang Indonesia sudah pernah punya modem.

Fungsi modem yakni untuk menghubungkan komputer ke internet melalui provider. Jadi bisa dibilang sebagai perantara.

Input modem terjadi ketika konfigurasinya sudah diatur serta sudah terbaca di komputer sebagai perangkat. Entah itu sudah tersambung ke internet atau belum.

8. Digitizer

Input Pen Tab
www.tutorialgeek.net

Digitilizer mungkin memang nama yang kurang umum didiengar, karena di kalangan desainer grafis lebih dikenal sebagai graphics tablet.

Graphics Tablet merupakan sebuah perangkat yang didesain khusus untuk memungkinkan pengguna bisa menggambar di komputer. Istilahnya sebagai kertas.

Input pada digitilizer terjadi ketika perangkat sudah disambungkan ke komputer, kemudian user menggunakannya untuk menggambar.

9. DVD ROM

Input Device DVD
pixabay.com

CD ROM maupun DVD ROM punya fungsi yang sama, namun DVD ROM lebih populer digunakan.

Sekilas saja, DVD ROM merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mendeteksi data dari DVD yang dimasukkan di dalamnya.

Inputnya sendiri terjadi ketika data DVDnya terbaca.

10. Trackball

Trackball Mouse di Komputer
deskthority.net

Dulu perangkat ini banyak sekali dipakai pada awal-awal tahun 1980an. Dikarenakan teknologi laser saat itu masih belum populer.

Fungsi utama trackball sendiri yakni sebagai pointing device. Misalnya untuk menggerakkan pointer (cursor) pada layar komputer, membuka sebuah program, memilih objek, membuat drag and drop dan lain-lain.

Proses inputnya mungkin sudah bisa kamu pahami sendiri. Sama kok dengan mouse.

11. Microphone

Contoh Input Device Mic
pixabay.com

Perangkat yang saat ini banyak diminati orang-orang untuk berkomunikasi via komputer. Terutama untuk bermain game.

Microphone merupakan sebuah alat berjenis transduser, yakni untuk mengubah energi-energi akustik menjadi sebuah sinyal listrik.

Ada tiga jenis microphone pada umumnya:

  1. Microphone Omnidirectional – Adalah mikrofon dengan sensitivitas ke segala arah. Jadi asal mulut dekat mic otomatis sinyalnya akan merespon.
  2. Microphone Bidirectional – Merupakan microfone yang letak sensitivtasnya hanya terbentuk seperti sebuah angka 8. Kepekaan dari Microphone ini berbeda-beda, hanya saja sensitivitasnya cenderung ke arah depan dan sudut-sudut di area sekitarnya..
  3. Microphone Directional – Adalah microphone dengan sensitivitas ke segala arah. Termasuk juga sudut-sudut kecil lain di sekitarnya.

12. Touchpad

Input Device Touchpad Komputer
9to5mac.com

Sebuah perangkat mouse yang terletak secara built-in di laptop. Touchpad ini memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yakni untuk membuat input respon perintah ketika user menekan tombol pada mouse.

Letak touchpad terdapat pada bagian bawah keyboard laptop. Berbentuk seperti kotak kecil dengan dua tombol memanjang.

Input touchpad juga layaknya mouse. Contohnya yakni terjadi ketika komputer (atau laptop) sedang melakukan aktivitas, di sana input data akan berjalan.

13. Kinect

Perangkat Kinect XBOX Komputer
www.polygon.com

Perkembangan teknologi modern masa kini.

Perangkat kinect bekerja dengan cara mengambil gambar dari kamera internal yang terpasang di dalamnya. Kemudian, menggunakan kamera tersebut semua pergerakan yang terjadi akan terdeteksi.

Biasanya kinect ini dipakai untuk main game, di mana proses input terjadi ketika kamera sedang aktif.

14. Webcam

Jenis Perangkat Input Webcam
pixabay.com

Webcam adalah perangkat tambahan yang tersedia di komputer, serta perangkat bawaan yang terdapat pada laptop.

Webcam memiliki fungsi utama untuk mengambil gambar melalui perangkat komputer. Entah itu untuk foto maupun video.

Sama seperti Kinect, input Webcam terjadi ketika kamera sedang aktif.

15. Finger Scanner

Jenis Input Fingerprint Scanner
xda-developers.com

Finger Scanner, merupakan alat scanner namun khusus untuk sidik jari saja. Biasanya perangkat ini dipakai untuk kebutuhan khusus. Seperti keperluan absensi, pemeriksaan identitas dan lain-lain.

Input Finger Scanner aktif ketika alatnya sedang digunakan untuk memindai sidik jari.

Akhir Kata

Begitulah sedikit ulasan mengenai pengertian input device beserta jenis-jenisnya. Sekarang nggak perlu pusing lagi dengan istilah yang mungkin sering kamu dengar ini.

FYI saja, beberapa perangkat input seperti mouse atau keyboard sangatlah penting. Tanpanya, mengetik di Office, menjalankan program tertentu sampai mengatur sistem operasi tidak dapat dilakukan.

Pendapat kamu gimana?

Syafiq Penggemar komputer, ahlinya cetak mencetak ^^

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *