Sejarah Perkembangan Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi

Sejarah perkembangan teknologi sebelum masuk ke era modern yang canggih seperti sekarang sangatlah panjang.

Sejak masa Perang Dunia II hingga kini kian pesat ditemukan penemuan-penemuan baru yang secara langsung maupun tidak merubah kehidupan umat manusia.

Well, sejarah ini merupakan sesuatu yang menarik untuk diketahui. Di sini Sinaupedia akan menjelaskannya untuk kamu yang belum tahu.

Sejarah Perkembangan Teknologi Dari Waktu ke Waktu

Sejarah teknologi
pixabay.com

Teknologi pada tahun 1800an sampai abad 20 dan seterusnya dikenal juga dengan istilah revolusi industri.

Pada saat itu ketergantungan manusia terhadap mesin semakin meningkat, hingga ditemukannya alat-alat khusus untuk produksi massal.

Tapi jauh sebelum itu, ada masa-masa saat era kuno yang berpengaruh terhadap perkembangan

1. Era Pra-mekanis

Teknologi Mekanik Kuno
pixabay.com

Sejarah awal ketika manusia hanya memakai bahasa dengan alat komunikasi serta dinding. Perkembangan teknologi di era pra-mekanis ini berlangsung sekitar tahun 3000SM hingga tahun 1450M.

Salah satu yang terkenal adalah Bangsa Sumeria di Mesopotamia yang mengembangkan tulisan dengan catatan sederhana di lempengan tanah liat.

Melalui penemuan tersebutlah kita bisa mengenal apa yang dinamakan naskah pada tulisan dan benda-benda lain sejenisnya.

2. Era Mekanis

Perkembangan Teknologi Pada Zaman Mekanik
pixabay.com

Era mekanis merupakan era yang menarik untuk diketahui. Pada masa tersebut bisa mulai bisa mengetahui kaitan antara teknologi-teknologi yang biasa kita pakai masa kini, dengan teknologi di era lampau.

Pada era mekanis sebuah ledakan ilmu pengetahuan untuk pertama kalinya terjadi. Salah satunya ditandai dengan penemuan mesin cetak oleh Johann Gutenberg serta perkembangan buku.

Tentu saja masih banyak teknologi-teknologi lain yang ditemukan di era ini. Seperti Pascaline, sejenis komputer mekanis khusus yang berfungsi sebagai kalkulator.

3. Era Elektromekanis

Perkembangan Teknologi Generasi Ketiga
pixabay.com

Era elektromekanis dimulai dengan ditemukannya listrik oleh Michael Paraday, yang kemudian teorinya dikembangkan lagi oleh para ilmuwan lainnya untuk membuat penemuan-penemuan lain.

Salah satu alat elektromekanis pada era itu yang masih kita kenal hingga saat ini adalah teknologi transmisi melalui kabel, radio maupun satelit, yang bisa berjalan tanpa gangguan.

Era elektromekanis bisa dibilang cukup panjang perkembangannya. Dimulai dari tahun 1840an hingga 1940 (sekitar 1 abad). Selain teknologi transmisi, contoh teknologi revolusioner lainnya adalah baterai voltra (akhir abad 18), telegraf di awal 1800an, kode Morse pada tahun 1835 oleh Samuel Morse, dan telepon pada tahun 1876 oleh Alexander Graham Bell.

Di akhir era elektromekanis, Universitas Harvard membuat juga sebuah komputer digital otomatis dengan skala yang besar. Dibuat pertama di Amerika Serikat dengan nama Mark 1. Komputer tersebut memiliki lebar 2 kaki, panjang 50 kaki, tinggi 8 kaki dengan berat total mencapai 5 ton.

PS: Konsep-konsep awal sistem teknologi modern juga mulai muncul saat ini. Seperti teknologi satelit contohnya.

4. Era Elektronik

Era Elektronik Generasi Modern
pixabay.com

Era yang sedang kita jalani saat ini. Dimulai dari tahun 1940an.

Dimulai dari penemuan besar-besaran, dua paling terkenal yaitu komputer yang memiliki kecepatan tinggi dari sebuah tabung hampa bernama ENIAC, dan ditemukannya komputer jenis komersial pertama bernama UNIVAC.

ENIAC merupakan singkatan dari Electronic Numerical Integrator Computer yang dibuat untuk tujuan mengatasi banyaknya masalah terkait komputer. ENIAC awalnya dirancang untuk kebutuhan militer Amerika Serikat.

Mesin ini dari segi dimensi maupun berat lebih besar jika dibandingkan Mark 1.

Dan UNIVAC adalah singkatan dari Universal Automatic Computer. Merupakan komputer pertama yang ditujukan untuk publik, utamanya untuk kepentingan komersial.

Perkembangan Komputer Era Elektronik

Perkembangan Teknologi Komputer Era Elektronik
pexels.com

Era elektronik dibagi menjadi beberapa generasi. Karena saking banyaknya penemuan yang ada saat itu.

Namun yang paling mencolok adalah penemuan komputer, yang menjadi basis keseluruhan teknologi yang ada saat ini.

1. Generasi Pertama

Jenis Komputer UNIVAC
www.npr.org

Komputer generasi pertama dikembangkan pada akhir tahun 1940an (ENIAC). Pembuatannya dirancang menggunakan tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar.

Program pada ENIAC dirancang pada tahun 1942, dikerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di University of Pennsylvania hingga tahun 1946.

Program ENIAC tersebut membutuhkan ruang penempatan hingga 500m2 dengan penggunaan:

  • 18.000 tabung ruang hampa udara
  • 75.000 relay dan saklarnya
  • 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor

Pengoperasian komputer ini membutuhkan daya sebanyak 140 kilowatt, dikarenakan mesinnya yang memiliki bobot lebih dari 30 ton.

2. Generasi Kedua

Generasi kedua komputer
indotekmultimedia.com

Pengembangan komputer generasi kedua terdapat pada transistor. Sebuah alat kecil namun canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer walau ukurannya sangat kecil.

Penemuan ini dengan pesat mempengaruhi komputer. Pada tahun 1959 sampai 1960an, para ilmuan saat itu mulai mengembangkan komputer generasi kedua.

Walau belum sepenuhnya ditujukan untuk kebutuhan komersil, sudah ada instansi, perusahaan, universitas dan pemerintah negara yang memanfaatkan komputer generasi kedua ini. Karena selain lebih cepat kinerjanya, ukurannya juga lebih dibanding komputer generasi pertama.

3. Generasi Ketiga

PC Generasi Ketiga
eazzyone.com

Penggunaan transistor yang terdapat pada komputer generasi kedua mulai ditinggalkan, dikarenakan sangat cepat membuat suhu menjadi panas.

Seorang ilmuwan bernama Jack Billy pada masa itu membuat sebuah penelitian pada tahun 1958, dan akhirnya berhasil menemukan sebuah IC (Integrated Circuit Chip), yakni sebuah benda yang dapat menampung serta mengkoordinasikan banyak komponen menjadi satu.

IC ini sampai sekarang teknologinya masih dipakai lho.

4. Generasi Keempat

Komputer Pentium
www.imgbase.info

Komputer generasi keempat dan generasi sebelumnya kurang lebih tidak begitu jauh perbedaannya. Hanya saja, IC yang terdapat pada komputer generasi 4 lebih kompleks dan memiliki integrasi yang lebih baik.

Pada komputer generasi komputer, chip IC dikembangkan oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Hasilnya mereka sukses membuat satu chip tunggal yang dapat menampung ribuan komponen.

Di generasi ini muncul juga istilah baru, yakni “Personal Computer” atau komputer milik perorangan (pribadi). Dan muncul juga jenis virus komputer generasi awal.

5. Generasi Kelima

Teknologi PC Generasi Baru
pexels.com

Komputer generasi tahun 1980an sampai sekarang.

Dimulai dari pengembangan komponen beserta peningkatan kinerjanya yang menyesuaikan zaman, entah dari segi kecepatan maupun arsitektur komponen, hingga penambahan fungsi sistem operasi pada komputer yang sebelumnya sederhana.

Hasilnya? Banyak hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin jadi mungkin dilakukan. Mengetik, membuka video, dan lain-lain.

Jenis perangkatnya / input device pun bertambah. Tidak lagi berbentuk besar, komputer bisa dibawa kemana-mana. Misalnya seperti laptop, maupun gadget smartphone yang pada dasarnya memiliki cara kerja yang kurang lebih mirip seperti komputer.

Sampai saat ini komputer generasi lima masih terus dikembangkan. Bukan tidak mungkin kedepannya kita akan mendapati gadget dengan teknologi hologram. Canggih!

PS: Di zaman sekarang muncul juga generasi AI. Yakni sebuah program memiliki kemampuan replikasi kecerdasan manusia. Wow banget ya?

Akhir Kata

Dengan adanya teknologi saat ini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan singkat. Kamu sekarang sudah mengetahui apa saja perkembangan teknologi, mulai dari masa-masa yang agak kuno sampai komputer canggih seperti sekarang.

Artikel ini sebenarnya lebih ditujukan untuk memberikan mengenai teknologi informasi. Jadi cenderungnya membahas soal komputer. Semoga kamu bisa memahami apa yang disampaikan ya.

Semoga bermanfaat. Jangan lupa kirimkan pendapat maupun pertanyaan kamu (jika ada) melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Template Login Mikrotik

Syafiq
3 min read

Pengertian Google Chrome

Syafiq
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *