Komponen Kulkas

Jenis Komponen Kulkas

Kulkas kini menjadi peralatan elektronik rumah tangga yang penting untuk dimiliki. Komponen kulkas membuat makanan seperti daging, sayur dan buah menjadi tetap segar.

Hal ini bisa terjadi karena kulkas menggunakan sistem refrigerasi atau proses pendinginan pada mesin didalamnya. Sehingga makanan yang disimpan pun akan menjadi lebih awet.

Nah, sudah tahu belum sih apa saja komponen kulkas yang dapat membuat sistem refrigerasi tersebut? Kenapa pendinginannya bisa berfungsi demikian?

Kita bahas komponen-komponen kulkas.

1. Minyak Pelumas Mesin

Pelumas Minyak kulkas
www.suniso-refrigerationoils.com

Minyak pelumas berfungsi untuk memudahkan pergerakan pada mesin didalamnya (Misalnya kompresor). Pelumas ini berupa oli khusus yang hanya digunakan untuk kulkas saja.

2. Overload

Overload Kulkas
phoenixhillna.org

Overload berfungsi untuk memutus aliran arus listrik secara otomatis jika mendeteksi adanya suhu panas tinggi.

Untuk letaknya, overload menempel pada kompresor (dibantu dengan sensor) dan berguna untuk mencegah terjadinya korsleting listrik saat komponen tersebut mengalami overheating.

Jadi, overload merupakan komponen penting yang mendukung kinerja dari kompresor dan melindungi komponen kelistrikan lainnya dari kerusakan.

3. Timer Otomatis

timer otomatis kulkas
agamtutorial.blogspot.com

Komponen ini berfungsi untuk mengatur arus listrik didalam rangkaian kulkas. Dengan catatan komponen ini biasanya hanya terdapat pada kulkas dua pintu saja.

Kulkas model baru juga tidak mempunyai timer sebagai komponennya, namun menggunakan modul PCB sebagai alat untuk mengontrol arus listrik.

Untuk letaknya, timer otomatis berada dibagian luar atas kulkas biasanya dekat dengan kompresor.

4. Heater Kaca

heater kaca kulkas
servicepelitateknik.blogspot.com

Heater kaca berfungsi untuk mencairkan biang es yang menimbun pada freezer, sehingga gumpalannya tidak semakin tebal dan menutup seluruh bagiannya.

Komponen ini hanya ada pada kulkas dua pintu saja. oleh sebab itu, kulkas satu pintu sering mengalami biang es yang menggumpal pada freezernya.

5. Kompresor

kompresor kulkas
andriemultiteknik.com

Pada kulkas, kompresor berfungsi sebagai unit tenaga atau komponen yang memompa bahan pendingin keseluruh bagiannya.

Kompresor bekerja dengan memompa gas refrigerant dibawah panas dan tekanan yang tinggi pada setiap sisinya.

Selain itu, untuk gas tekanan rendah maka kompresor akan menghisapnya pada sisi intake (sisi tekanan rendah).

Sebagai komponen kulkas, Kompresor juga mempunyai beberapa manfaat yaitu sebagai penghisap, penekanan dan pemompaan.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat kompresor:

  • Sebagai Penghisap: Kompresor dapat membuat cairan refrigerant dari evaporator dan dikondensasi dalam temperatur yang rendah saat tekananannya dinaikan.
  • Sebagai Penekanan: Kompresor mampu membuat gas refrigerant menjadi dapat ditekan, sehingga saat temperatur dan tekanannya menjadi tinggi akan bisa disalurkan pada kondensor. Selanjutnya tekanan tersebut dapat dikabutkan pada temperatur yang tinggi.
  • Sebagai Pemompaan: Kompresor dapat diproses atau dioperasikan secara berkelanjutan dengan mensirkulasikan refrigerant berdasarkan kompresi dan hisapannya.

Ringkasnya, kompresor menjadi bagian atau komponen paling penting pada sebuah kulkas untuk dapat membuat seluruh bagiannya menjadi dingin.

Baca Juga: Rumah Hemat Energi Menarik

6. Filter

filter kulkas
andriemultiteknik.com

Agar dapat berfungsi optimal, umumnya filter terdiri dari dessicant (bahan pengering), body filter, side glass dan pipa. Filter berguna sebagai tabung penyimpanan dari refrigerant cair.

Selain itu, Filter berisikan fiber dan bahan pengering yang berfungsi untuk menyaring benda asing serta uap air dari sirkulasi refrigerant.

Filter pada kulkas juga berfungsi untuk memisahkan gelembung gas dengan cairan refrigerant didalamnya.

Cara kerjanya, filter menerima cairan refrigerant dengan tekanan tinggi dari kondensor, sehingga nantinya dapat disalurkan ke katup ekspansi.

Untuk prosesnya, setelah uap air dan benda asing tersaring maka cairan refrigerant dialirkan melalui outlet pipe yang berada pada bagian bawah komponen tersebut.

7. Kondensor

kondensor komponen kulkas
andriemultiteknik.com

Kondensor berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk merubah gas refrigerant tekanan tinggi menjadi cairan dengan menghilangkan panas ke temperatur atmosfir.

Umumnya kondensor terdiri dari fan dan coil yang dapat berguna untuk mendinginkan refrigerant saat udara tertiup didalamnya.

Kondensor bekerja dengan melepaskan sejumlah kalor yang mulanya terdapat pada refrigerant ke udara bebas dengan bantuan fan motor atau kipas.

Agar proses pelepasan kalor menjadi lebih cepat, pipa kondensor mempunyai desain berliku pada setiap pararelnya.

Selain itu kondensor mempunyai sirip yang berguna untuk menjaga udara kotor atau debu masuk kedalam komponen tersebut.

Namun, jika dibiarkan dalam kondisi kotor maka dapat menyebabkan kulkas menjadi kurang dingin, jadi disarankan sesekali untuk membersihkannya.

Untuk penempatannya, kondensor biasanya berada didepan radiator agar komponen ini dapat tetap dingin pada suhu yang tinggi.

8. Fuse

Pada umumnya, fuse terdiri dari dua jenis yaitu tipe panas dan dingin. Fuse memiliki fungsi untuk mengatur temperatur yang dibutuhkan kulkas.

Namun, komponen ini biasanya sering mengalami kerusakan. Jika kondisi fuse rusak, maka kulkas tidak bisa mengatur suhu untuk mendinginkan makanan didalamnya.

Untuk letaknya, biasanya fuse menempel dengan evaporator dan thermostat, oleh sebab itu komponen ini sering disebut juga dengan thermo-fuse.

Alasannya, karena fungsi dari thermostat sangat berkaitan erat dengan kerja dari fuse.

9. Thermostat

Thermostat Kulkas
maxtechnoblog.wordpress.com

Thermostat atau biasa disebut temperature control berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan pada kipas evaporator, sehingga aliran udaranya tetap lancar.

Biasanya, thermostat berfungsi secara otomatis sesuai suhu yang telah diatur namun kita juga dapat mengaturnya sesuai keinginan.

Pada beberapa kasus, biasanya sering terjadi suhu yang dihasilkan pendingin tidak tepat bahkan bisa berada dibawah -2° C sehingga menciptakan pembekuan.

Disaat itulah thermostat berfungsi untuk memperbaiki suhunya.

10. Evaporator

evaporator kulkas
maxtechnoblog.wordpress.com

Evaporator berfungsi untuk dapat menyerap panas dari barang-barang yang dimasukkan kedalam kulkas, sehingga udara dingin didalamnya terjaga.

Karena udara dingin harus terjaga untuk dapat membuat kondensor mengubah cairan pendinginnya ke dalam bentuk gas.

Umumnya, evaporator terbuat dari bahan tembaga atau aluminium agar terhindar dari karat yang terdiri dari elemen putih, pipa yang luas dan blower.

Badan dari evaporator bagian bawah berfungsi sebagai pipa untuk keluarnya air yang disebabkan udara lembab terkumpul disekitarnya

11. Fan Motor

Fan motor berfungsi untuk menghembuskan angin pada bagian dalam kulkas. Pada umumnya, fan motor terbagi menjadi dua jenis diantaranya:

  • Fan Motor Evaporator

Fan jenis ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke seluruh bagian rak.

  • Fan Motor Kondensor

Fan jenis ini berfungsi untuk mendinginkan kompresor, yang biasanya mempunyai kemungkinan terjadinya overheating.

Fan ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang berukuran kecil dan berfungsi juga untuk menghisap atau mendorong udara melalui kondensor.

12. Freon

freon kulkas
www.arjunaelektronik.com

Freon merupakan gas yang berfungsi sebagai pendingin dan menjaga suhu didalam ruangannya serendah mungkin.

Freon merupakan komponen yang cukup penting, karena jika kulkas bocor atau habis maka dapat menyebabkan suhu didalamnya menjadi tidak dingin.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

kulkas
pixabay.com

Pada umumnya, penyebab kulkas tidak dingin dapat terjadi dari beberapa kemungkinan, salah satunya kerusakan pada komponen didalamnya.

Untuk memperbaikinya, kita harus mengetahui dahulu apa penyebabnya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa penyebab kulkas tidak dingin:

1. Freon Habis atau Bocor

Untuk mengetahui penyebab ini, kita dapat memastikannya dengan cara memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill.

Seharusnya bagian ini akan panas saat dipegang karena freon akan dilepaskan pada area tersebut.

Ringkasnya, jika bagian ini panas maka freon masih menyerap panas dan tidak ada masalah. Namun, jika tidak terasa dingin atau hangat maka kita harus mengisi freon nya kembali.

2. Kipas Kulkas Mati

Jika kipas pada kulkas mati, maka akan dapat menyebabkan ruangan didalamnya menjadi lambat atau kurang dingin.

Biasanya kipas pada kulkas akan memiliki bunyi yang menandakan komponen tersebut normal atau masih berfungsi.

Namun, jika tidak bunyi maka dapat dipastikan komponen tersebut telah rusak dan harus diganti.

3. Kompresor Kulkas Tidak Berfungsi

Kompresor merupakan komponen yang paling penting pada kulkas. Penyebab kompresor rusak diantaranya :

  • Relay otomatis tidak berfungsi
  • Kompresor rusak
  • Kapasitor start pada kompresor rusak

Untuk mengetahuinya, jika kompresor dalam kondisi normal maka komponen tersebut akan terasa bergetar saat kita merabanya.

Kita dapat mengatur ke suhu sedang, kemudian tunggi hingga terjadinya siklus hidup dan mati kompresor secara otomatis.

Jika memang tidak terasa bergetar, dapat dipastikan kompresor tersebut sudah rusak.

4. Lubang Angin Tertutup Gumpalan Bunga Es

Kita harus memeriksa kondisi bunga es di sekitar ruang freezer. Jika terdapat banyak gumpalan bunga es, sebaiknya untuk mencairkannya supaya tidak menghalangi lubang angin.

Untuk dapat mencairkannya, kita harus mematikan kulkas selama beberapa jam dan biarkan pintunya terbuka.

Supaya pencairan bunga es lebih cepat, kita bisa menggunakan kipas angin yang diletakkan didepan ruang freezer.

Disarankan untuk meletakkan kain pel kering disekitar kulkas, karena biasanya air dari bunga es tersebut akan mencair kelantai.

Setelah bunga es berhasil dicairkan, kita dapat menghidupkan kembali kulkas tersebut.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa komponen kulkas yang membuat peralatan elektronik tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai komponen kulkas dan penyebabnya yang membuat tidak dingin. Selain itu kita juga telah membahas mengenai penyebab kulkas tidak dingin.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Pengertian Optocoupler

Afriansyah
3 min read

Pengertian MOSFET

Afriansyah
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *